Search

Contoh Perusahaan Asuransi Penyedia Unit Link, Manfaat serta Kerugiannya

 Topcoinbm.com - Contoh Perusahaan Asuransi Penyedia Unit Link, Manfaat serta Kerugiannya - Jika pada postingan sebelumnya admin Topcoinbm membagikan tentang pengertian Asuransi Unit link, maka saat ini admin akan berbagi kembali dengan sebuah pembahasan yang tak kalah unik dan menarik seputar Asuransi. Apabila kamu saat ini masih bingung untuk menentukan manakah perusahaan yang menyediakan Asuransi Unit Link? maka di artikel inilah jawabannya.
Asuransi Unit Link
Ada beberapa perusahaan di Indonesia yang menyediakan Asuransi Unit Link yang tentunya menjadi harapan bagi para pekerja yang membutuhkan produk-produk dari Asuransi. Berikut akan admin ulas Contoh Perusahaan Asuransi yang menyediakan produk unit link, contoh perhitungan unit link, manfaat serta kerugian asuransi unit link.

Contoh Perusahaan Asuransi yang Menyediakan Produk Unit Link

Berikut ini admin akan sampaikan beberapa contoh asuransi unit link yang ditawarkan oleh beberapa perusahaan asuransi terpercaya yang ada di Indonesia. Setidaknya ada lima perusahaan Asuransi yang menyediakan Unit link untuk kamu pertimbangkan.

1. Prudential

Produk asuransi unit link Prudential dirilis oleh PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia). Perusahaan ini bagian dari grup Prudential yang bergerak di bidang jasa keuangan terkemuka di Inggris. 

2. Allianz

Allianz merupakan produk dari Allianz Group, perusahaan asuransi dan manajer aset terkemuka di dunia. Jenis-jenis asuransi unit link Allianz yang ditawarkan antara lain asuransi jiwa hingga kesehatan.

3. Sequis Life

Sequislife merupakan perusahaan asuransi yang berfokus melayani nasabah individu dan perusahaan. Produk Sequislife yang terkenal  mencakup asuransi jiwa dan kesehatan.

4. BNI Life

BNI Life merupakan produk asuransi di bawah PT BNI Life Insurance. Produk-produk asuransi BNI Life antara lain asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, investasi, pensiun dan syariah.

5. CAR Life

Asuransi CAR Life memiliki 13 produk perlindungan dari CAR yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan, seperti:
  1. Beasiswa Ananda
  2. Whole Life
  3. Protecta Raya
  4. CARina
  5. CAR Legacy
  6. Family Prevensia CARe
  7. Whole Life Eksekutif
  8. Dana CHARity 20
  9. Unit Link
  10. Eksekutif Dollar
  11. Eksekutif Rupiah
  12. Asuransi Prevensia Pro Ultimate
  13. Asuransi Prevensia Care Ultimate
Selain produk di atas, masih ada 8 produk perlindungan dari CAR, antara lain:
  1. Perlindungan Kecelakaan
  2. Perlindungan Penyakit Kritis
  3. Central Asia Perlindungan Kesehatan
  4. Central Asia Perlindungan Jiwa
  5. Central Asia Perlindungan Penyakit
  6. Berkhat Santo Yusuf
  7. Central Asia Prevensia Care
  8. Life Protection 2.0

Contoh Perhitungan Asuransi Unit Link Setelah 10 Tahun

Salah satu hal yang sangat menarik dari produk perlindungan yang bersifat unit link ini adalah masa pembayaran asuransi jiwa yang singkat, umumnya periode bayar hanya 10 tahun, setelahnya tidak perlu dibayar lagi. Inilah anggapan umum yang menyebabkan unit link punya banyak peminat. Benarkah sesederhana itu?

Para nasabah hanya perlu membayar premi selama 10 tahun, namun manfaat masih akan terus berjalan hingga tertanggung berusia 99 tahun.

Cek di proposal atau polis asuransi. Lihat tambahan keterangan yang menyatakan bahwa biaya asuransi ini meningkat seiring bertambahnya usia. Artinya, nilai investasi atau dana tunai yang sudah masuk ke polis kita akan menjadi uang untuk membayar manfaat proteksi. Jadi, ketika pembayaran premi kamu hentikan, biaya asuransi terus berjalan dengan memotong nilai tunai yang kamu investasikan itu.

Konsekuensinya, nilai tunai yang kamu miliki juga akan tergerus. Ekstrimnya, nilai investasi kamu dalam asuransi unit link bisa jadi nol ketika potongan biaya asuransi lebih besar daripada nilai investasi yang tersedia. 

Bayangkan, di awal kamu mengira bahwa premi cukup dibayar 10 tahun, sehingga mulai tahun ke 11, kamu bebas bayar lalu berpikir bahwa porsi gaji yang sebelumnya untuk bayar premi bisa dialokasikan ke pengeluaran lain, kamu salah besar. Kesimpulan dari contoh kasus asuransi ini adalah tidak bayar premi tidak berarti gratis. Biaya asuransi tetap dibayar dengan uang kamu sendiri.

Manfaat dan Kelebihan Asuransi Unit Link

Ada beberapa manfaat sekaligus kelebihan asuransi unit link yang diminati masyarakat, antara lain sebagai berikut:

1. Memiliki Manfaat Ganda

Asuransi jiwa unit link memiliki dua manfaat sekaligus, yaitu perlindungan dan investasi dalam satu polis. Hal ini cukup memudahkan kita sebagai nasabah yang lebih suka tidak perlu pusing mengurus dana investasi dan dana perlindungan secara terpisah.

2. Masa Pertanggungan Panjang

Produk unit link menawarkan masa pertanggungan yang cukup panjang, hingga tertanggung berusia 99 tahun dan informasi ini tercantum di dalam ilustrasi manfaat asuransi dan polis.

3. Memudahkan Proses Investasi

Jenis produk perlindungan bersifat unit link dapat digunakan sebagai investasi jangka panjang, sehingga dapat membantu kamu dalam memenuhi tujuan keuangan, misalnya dana pendidikan dan dana pensiun.

4. Dana Lebih Fleksibel

Unit link adalah asuransi yang fleksibel dan memudahkan kamu dalam menambah dana ataupun menarik dana. Dengan fleksibilitas tersebut, kamu punya peluang untuk menambah, menarik dana, ataupun mengalihkan dana dengan mudah.

5. Memiliki Fasilitas Cuti Premi

produk perlindungan yang bersifat unit link ini menawarkan fitur cuti premi yang bisa dimanfaatkan oleh nasabah unit link ketika belum bisa bayar karena kondisi finansial yang tiba-tiba jatuh.

Kekurangan atau Kerugian Asuransi Unit Link

Segala sesuatu diciptakan dibalik manfaat atau adanya banyak kelebihan, produk asuransi unit link ini juga tetap memiliki kekurangan yang dirasa akan merugikan. Apa saja itu?

1. Premi Cenderung Lebih Tinggi

Jika asuransi jiwa tradisional pembayaran premi hanya berkisar Rp500.000 per bulan, sedangkan jenis produk perlindungan menawarkan premi hingga Rp 1 juta-Rp1,5 juta per bulan.

2. Tidak Ada Jaminan Keuntungan

Tanpa adanya jaminan terhadap return atau imbal hasil unit link. Hal itu bisa terjadi karena nilai unit link bisa merosot yang merupakan konsekuensi dari kinerja investasi yang turun dan memang begitu cara kerja unit link.

3. Manfaat Investasi Cenderung Kecil

Di saat awal tahun atau tahun pertama kamu hnaya akan memperoleh nilai dana atau nilai imbal hasil investasi yang kecil, ini dikarenakan di tahun pertama, premi yang kita setor akan digunakan untuk membayar biaya akuisisi yang besar. 

Pada tahun kelima Porsi investasi akan mulai diambil dari premi yang kamu setor pada awal-awal tahun. Oleh karena itu, imbal hasil yang kamu nikmati dari unit link tidak akan lebih banyak bila dibandingkan dengan investasi reksadana atau saham.

4. Nilai Perlindungan Lebih Kecil

Nilai perlindungan yang diberikan oleh produk perlindungan yang bersifat unit link ini jauh lebih kecil, berbanding terbalik dengan besaran premi yang harus kamu bayarkan. Sedangkan  asuransi jiwa murni menawarkan premi lebih ringan serta manfaat sesuai dengan premi yang dibayarkan.

5. Biaya Asuransi Terus Meningkat

Biaya premi asuransi unit link terus meningkat pada setiap tahunnya. Hal ini tercantum pada pemberitahuan di bawah proposal asuransi yang ditawarkan padamu. Kamu harus terus membayar jika ingin mendapatkan manfaat dalam jangka panjang dengan kualitas manfaat yang sesuai dengan yang ditawarkan. 

Apabila tidak, dalam suatu kejadian, bisa saja malah kamu justru harus membayar kekurangan yang jumlahnya lebih besar daripada jumlah yang sudah kamu investasikan.

Beberapa Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Produk Perlindungan Unit Link

Oleh sebab itu, sehubungan dengan adanya penjelasan mengenai kekurangan asuransi unit link di atas yang admin sampaikan, kamu harus memperhatikan beberapa hal penting berikut ini sebelum membeli asuransi unit link hingga kamu merasa rugi atau bermasalah.

1. Rencana dan Tujuan Keuangan

Sebelum kamu akan membeli asuransi unit link perhatikan terlebih dahulu rencana dan tujuan keuangan kamu. Pasalnya, bukan tidak mungkin hasil investasi dari unit link akan memburuk di kemudian hari. Tentunya tidak mau kan......

2. Kapasitas Keuangan Saat Ini

Ukurlah sendiri kapasitas atau kemampuan keuangan keluarga supaya kamu tidak merasa keberatan dalam menjalani gaya hidup selama ini sekaligus untuk membayar premi produk perlindungan yang bersifat unit link ini.

3. Teliti Aturan dan Kebijakan Asuransi Unit Link Pilihan

Pahami dan teliti segala aturan dan kebijakan unit link pilihan kamu sejak dini. Tanyakan ke agen asuransi mengenai hal-hal krusial seperti premi dan yang lainnya dengan jelas. Jangan sampai terlupakan untuk meminta ilustrasi tertulis dalam setiap penjelasannya.

4. Pahami Cara Kerja Dana Investasi

Selain teliti terkait peraturan kamu juga perlu memahami kinerja dana asuransi investasi, apakah ditempatkan pada instrumen reksa dana, pasar uang, obligasi, atau campuran. Mintalah agen asuransi untuk menjelaskan prospektus atau apapun yang menjelaskan performa manajer investasi kamu.

5. Perhitungkan Jangka Waktu

Hitung jangka waktu sebelum membeli asuransi. Berinvestasi ke asuransi unit link merupakan kegiatan mengalokasikan uang dalam jangka panjang. Pastikan kamu sudah menghitungnya dengan matang serta melihat segala risikonya.

Jika kamu sudah memahami mengenai asuransi unit link. Pastikan kamu memilih produk asuransi berdasarkan kebutuhan dan kemampuan finansial agar tidak menyesal kelak di kemudian hari. 


Demikian informasi seputar Contoh Perusahaan Asuransi Penyedia Unit Link, Manfaat serta Kerugiannya, Semoga dapat dipahami dengan mudah dan dapat segera menentukan pilihan asuransi unit link yang tepat untuk kamu. Terimakasih. 

0 Comments