Search

Pengertian Asuransi Unit Link, Beserta Jenis - Jenisnya

 Topcoinbm.com - Pengertian Asuransi Unit Link, Beserta Jenis - Jenisnya - Jika kamu saat ini sedang berminat untuk membeli asuransi unit link. Baiknya jangan terburu-buru untuk membeli unit link apabila kamu belum mengetahui secara detail benar apa itu yang dimaksud jenis produk proteksi atau perlindungan yang sifatnya unit link. 
Asuransi Unit Link, Sumber: Pixabay
Pelajari lebih dulu seluk beluk unit link secara detail sehingga kamu benar-benar memahaminya. Selain daripada itu, ketahui juga perbedaan fasilitas yang ditawarkan oleh masing-masing perusahaan asuransi, tentunya asuransi yang akan kamu beli. Sebagaimana kita ketahui asuransi unit link AXA Mandiri, Allianz, Prudential, dan juga yang lain sebagainya.

Ukur kemampuan finansial serta kebutuhan kamu untuk menemukan produk asuransi unit link yang  terbaik dan dirasa nyaman. Sebab, apabila kamu tidak mengetahui secara tepat, kamu bisa saja akan merasa ‘tertipu’ atau rugi dengan asuransi jenis ini. Lalu, seperti apakah seluk beluk produk proteksi ataupun perlindungan yang bersifat unit link ini? Simak artikel Topcoinbm kali ini.

Pengertian Asuransi Unit Link

Asuransi Jiwa Unit Link adalah adanya kontrak asuransi yang memberikan manfaat perlindungan dengan premi rendah sekaligus investasi. Jenis asuransi ini memberikan manfaat perlindungan asuransi kematian dan investasi secara bersamaan.

Pengertian yang lain dengan Asuransi unit link adalah merupakan produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi yang dapat memberikan dua manfaat sekaligus dalam satu polis, yaitu manfaat perlindungan dan manfaat investasi yang memiliki risiko sesuai dengan dana investasi yang dipilih.

Pada Asuransi jiwa Unit Link ini sebagai salah satu jenis produk asuransi yang memberikan pertanggungan risiko pada personal tertanggung yang jenis asuransinya dikombinasikan antara dua produk keuangan, yaitu asuransi dan produk investasi.

Untuk pembiayaan produk perlindungan yang bersifat Unit Link ini didapat dari kumpulan investasi yang dilakukan oleh para pemegang polis.

Peraturan Terbaru Asuransi Unit Link dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Tahun 2021

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh admin Topcoinbm.com dari Kontan.co.id, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mencatat pendapatan premi dari produk jenis ini mencapai angka hingga Rp100 triliun dari total premi secara umum senilai Rp200 triliun sepanjang tahun 2018 hingga 2019. 

Namun, dengan adanya kasus pemegang polis yang kurang memahami risiko investasi pada instrumen pasar modal, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun akhirnya merilis peraturan terbaru yang mengatur produk asuransi jenis unit link di tahun 2021.

Melalui ketentuan terbaru tersebut, nasabah produk perlindungan yang bersifat unit link ini wajib memiliki nomor identitas investor pasar modal atau dikenal dengan Single Investor Indentification (SID). Penggunaaan SID ini yang akan menguntungkan nasabah untuk menyadarkan pemegang polis bahwa unsur investasi produk ini, risikonya ditanggung oleh pemegang polis.

Dalam peraturan terbaru ini, salah satu poinnya akan mengatur pembatasan investasi pada grup terafiliasi atau satu pihak agar risiko tidak terpusat pada satu tempat. Hal ini juga sudah didukung oleh Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) sehubungan dengan kinerja premi asuransi yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI) atau unit link ini.

Perbedaan Asuransi Tradisional dan Unit Link

Apakah perbedaan antara asuransi tradisional dan unit link itu? Yang pasti ada dua segi perbedaan diantara keduanya. Mari kita simak penjelasan singkat perbedaan antara asuransi unit link dengan asuransi tradisional.

1. Dari Segi Premi

Pada asuransi tradisional, premi berguna hanya sebagai alokasi untuk proteksi saja. Sedangkan pada produk perlindungan yang bersifat unit link ini, terdapat sebagian premi yang dialokasikan untuk proteksi serta investasi.

2. Dari Segi Manfaat

Dari segi manfaatannya perbedaan antara asuransi murni dan unit link, yaitu terletak pada asuransi murni atau disebut juga dengan asuransi tradisional tanpa menawarkan manfaat yang lain selain memberikan penanggungan biaya proteksi kepada para pemegang polis. Perihal ini sangat berbeda dengan jenis produk perlindungan bersifat unit link yang hanya menawarkan manfaat tidak hanya berupa proteksi melainkan juga investasi.

Jenis-jenis Asuransi Unit Link

Perlu kamu ketahui juga jenis-jenis Asuransi Unit Link agar tidak salah memiloih dan membeli asuransi. Produk perlindungan yang bersifat unit link ini mempunyai beberapa bentuk, berikut jenis-jenis unit link yang perlu kamu ketahui sebelum membeli.

1. Asuransi Unit Link Berdasarkan Pembayaran Premi

Asuransi unit link termasuk dalam kategori pembayaran premi dibedakan lagi menjadi dua jenis asuransi, antara lain:

A. Unit Link Premi Dengan Tunggal

Pengertian dari jenis produk perlindungan unit link premi tunggal ini adalah sebuah asuransi yang menekankan kewajiban kepada nasabah untuk membayar premi tunggal secara sekaligus diawal. Premi tunggal ini sepertinya yang sangat sesuai dengan kamu yang sudah mapan secara finansial. Sebab dilihat dari cara bayar preminya dilakukan satu kali selama masa perlindungan polis asuransi.

B. Unit Link Premi Berkala

Maksud dari jenis produk perlindungan premi berkala adalah asuransi yang bersifat menekankan nasabah membayar premi secara berkala atau bertahap, tidak sekaligus lunas, namun, dibayarkan setiap bulan, 3 bulan atau setiap tahun. 

Walaupun terdengar menyenangkan, ada satu hal yang mungkin membuat unit link menjadi kurang menarik yaitu karena sebagai nasabah tidak mendapatkan untuk  menarik dana dalam kurun waktu yang kurang dari enam tahun, sebab perusahaan asuransi biasanya baru memasukkan dana nasabah sebagai investasi di tahun keempat atau kelima.

Oleh karena itu, agen investasi unit link sudah pasti akan melarang peserta asuransi untuk mengambil dana sebelum tahun keenam demi keamanan transaksional. Terlepas dari semua itu, jenis produk perlindungan bersifat unit link ini tetap layak untuk dipertimbangkan. Alasannya ada pada uraian selanjutnya.

2. Asuransi Unit Link Berdasarkan Penempatan Dana

Jenis Asuransi Unit Link berikutnya yaitu berdasarkan penempatan dana. Unit link yang seperti ini mempunyai empat jenis, antara lain:

A. Unit Link Pasar Uang

Sebagian besar orang berpendapat bahwa unit link pasar uang merupakan salah satu jenis produk perlindungan dalam kategori yang terbaik karena menempatkan seluruh porsi dana investasinya di instrumen pasar uang, seperti deposito berjangka dan surat utang yang berjangka kurang dari satu tahun. 

Untuk resiko unit link pasar uang sendiri bisa dibilang rendah. Peminat dari unit link pasar uang mayoritas adalah orang-orang yang tidak berani mengambil resiko besar didalam hal berinvestasi.

B. Unit Link Pendapatan Tetap

Jenis produk unit link perlindungan pendapatan tetap ini merupakan asuransi yang menempatkan 80% dana investasi pada instrumen surat utang atau obligasi, dan sisanya pada instrumen pasar uang. Unit link pendapatan tetap dinilai sebagai investasi dengan nilai imbal hasil tinggi namun mempunyai resiko  yang tinggi pula. Peminat unit link pendapatan tetap biasanya sekumpulan orang yang berharap dapat mendapatkan imbal balik hasil yang relatif stabil.

C. Unit Link Campuran

Jenis produk perlindungan campuran adalah suatu asuransi yang menempatkan dana investasi di berbagai instrumen saham, obligasi, juga pasar uang. Peminat unit link campuran biasanya adalah orang-orang yang memiliki dan ingin mendapatkan pendapatan tambahan secara cukup stabil dalam investasi jangka panjang.

D. Unit Link Saham

Jenis asuransi Unit link yang terakhir adalah unit link saham. Maksudnya adalah produk asuransi yang membuat nasabah menempatkan lebih kurang 80 % dari portofolio investasi yang dikelola ke dalam instrumen saham.  Unit link saham menawarkan imbal hasil yang besar tapi dengan risiko yang juga besar. Peminat unit link saham biasanya adalah orang-orang yang berani mengambil risiko investasi tinggi.

3. Asuransi Unit Link Berdasarkan Tujuan Investasi

Jenis Asuransi Unit Link yang terakhir adalah berdasarkan tujuan investasi, penawaran asuransi dibedakan dalam berbagai macam paket produk. Penawaran itu bisa saja berupa unit link dana pendidikan anak, atau unit link pensiunan. Walaupun demikian, kamu harus lebih berhati-hati pada penawaran seperti ini, karena ada banyak jenis penipuan yang bermodus asuransi unit link jenis ini.


Demikian Pengertian Asuransi Unit Link, Beserta Jenis - Jenisnya, untuk contoh pruduk dari Asuransi Unit Link akan admin uraikan pada artikel selanjutnya. Semoga dengan membaca artikel ini kamu lebih memahami apa sebenarnya yang dimaksud dengan Asuransi Unit Link. 

Tentunya dengan sebuah harapan tidak akan dengan mudah untuk ditipu ataupun dipermainkan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab yang mengatasnamakan asuransi. Terimakasih.

0 Comments