Search

13 Jenis Asuransi Di Indonesia Beserta Contoh Premi Yang Wajib Kamu Ketahui

Topcoinbm.com13 Jenis Asuransi Di Indonesia Beserta Contoh Premi Yang Wajib Kamu KetahuiSaat ini Asuransi sudah mulai digemari oleh hampir seluruh penduduk Indonesia. Jenis asuransi pun semakin banyak jumlahnya. Mulai dari asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi properti, asuransi kendaraan bahkan ada asuransi dana pensiun.
13 Jenis Asuransi, Sumber Pixabay
Yang menjadi pertanyaan, mengapa jenis asuransi sangat banyak ragamnya? Karena dari masing-masing asuransi tersebut akan memberikan jaminan ganti rugi jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.
 
Mulai dari proteksi keamanan, jaminan kehilangan, jaminan biaya kesehatan saat dilanda sakit, juga jaminan di hari tua bagi yang membeli asuransi dana pensiun.
 
Jika sesuai dengan pengamatan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pengertian asuransi adalah sebuah perjanjian yang dibuat antara dua pihak yaitu perusahaan asuransi dan tertanggung.
 
Perjanjian diantara keduanya tersebut nantinya menjadi sebuah dasar bagi penerima premi oleh pengelola perusahaan asuransi sebagai bentuk imbalan untuk mengganti kerugian yang dialami bagi tertanggung.
 
Pada intinya jika kamu membeli salah satu produk asuransi memiliki arti bahwa kamu telah membagi  risiko yang mungkin terjadi sewaktu-waktu kepada perusahaan asuransi. 
 
Namun apa sajakah jenis-jenis asuransi yang ada di Indonesia saat ini? Jika kamu belum mengetahui jenis-jenis asuransi yang ada di Indonesia tentunya kamu bingung mau membeli asuransi yang mana, untuk dimiliki. 
Yuk kita simak bersama 13 Jenis Asuransi Di Indonesia Beserta Contoh Premi Yang Wajib Kamu Ketahui, Berikut ini daftar 13 jenis-jenis dan contoh asuransi yang sudah admin rangkum dan tentunya ada di Indonesia.

13 Jenis Asuransi Di Indonesia Beserta Contoh Premi Yang Wajib Kamu Ketahui

1. Asuransi jiwa

Produk asuransi yang memberikan uang pertanggungan (UP) kepada ahli waris apabila nasabah/tertanggung meninggal dunia.adalag pengertian dari asuransi jiwa.

Asuransi Jiwa pada dasarnya diberikan saat mengalami risiko meninggal dunia, selain dari meninggal dunia ada beberapa produk asuransi jiwa juga memberikan pertanggungan apabila terjadi risiko cacat tetap total. 

Namun seperti biasa yang terjadi pertanggungan tersebut termasuk dalam rider (manfaat tambahan), yang mana terdapat penambahan premi untuk itu.

Jenis-Jenis Asuransi Jiwa

Di negara Indonesia ini, asuransi jiwa terbagi lagi menjadi empat jenis, yaitu:
  1. Asuransi jiwa berjangka atau term life
  2. Asuransi jiwa seumur hidup (whole life)
  3. Asuransi jiwa dwiguna (endowment insurance)
  4. Asuransi jiwa unit link

11 Contoh Beberapa Asuransi Jiwa

  1. Simas Jiwa SIJI Guard 4
  2. Ciputra Life Citra Jaminan Pasti 50
  3. Pacific Life JELITA
  4. Manulife Essential Assurance
  5. Allianz SmartLink New Flexi Account
  6. Prudential PRUsafe Guard
  7. Takaful Al-Khairat Individu
  8. Asuransi Protecto Warisan Kresna
  9. Heksa Rencana Aman
  10. Sequis Life Financial Smart Life
  11. BCA Life Proteksi Jiwa Optima

Premi asuransi jiwa

Penghitungan pada premi asuransi jiwa yang ada di Indonesia tergantung pada jumlah besaran uang pertanggungan, usia, dan riwayat kesehatan tertanggung. Untk jumlah besaran uang pertanggungan ini tentunya berbeda-beda pada setiap nasabah.

Sebelum kamu mulai membeli atau memiliki asuransi jiwa, sebaiknya kamu bisa mempertimbangkan terlebih dahulu, berapa jumlah perhitungan uang pertanggungannya yang akan dibayarkan setiapbulannya atau setiap satu tahunnya. 

2. Asuransi kesehatan

Pengertian dari Asuransi kesehatan yaitu sebuah jenis asuransi yang memberikan pertanggungan atau penggantian biaya perawatan medis yang diakibatkan oleh sakit ataupun kecelakaan.

Untuk manfaat utama dari asuransi kesehatan ini terdiri dari dua macam yaitu, rawat inap dan rawat jalan. Lalu, terdapat juga manfaat tambahan lainnya seperti manfaat perawatan untuk proses melahirkan, perawatan mata, juga perawatan gigi.

Jenis asuransi kesehatan ini terbagi lagi menjadi beberapa bagian, yaitu:
  • Asuransi kesehatan individu
  • Asuransi kesehatan keluarga
  • Asuransi kesehatan anak
  • 12 Contoh Asuransi Kesehatan

    1. AXA Mandiri Smartcare Executive
    2. Lippo HealthPlus Family
    3. Cigna Proteksi Sehat
    4. Simas Sehat Gold
    5. BRI Life Simply HealthCare
    6. CHUBB Hospital Cashback Protection
    7. Allianz SmartHealth Maxi Violet
    8. Manulife MiUltimate HealthCare
    9. BNI Life Optima Cash Plan
    10. PRUPrime HealthCare
    11. AIA Premier Hospital & Surgical
    12. Takafulink Salam Community

    Premi asuransi kesehatan

    Dalam urusan premi asuransi kesehatan ini bergantung pada limit, riwayat kesehatan, jenis kelamin, manfaat yang kamu pilih, dan juga jumlah orang yang ditanggung.

    3. Asuransi kecelakaan

    Jenis asuransi yang ketiga yang termasuk banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia yaitu Asuransi kecelakaan. Asuransi kecelakaan itu sendiri adalah sebuah produk asuransi yang memberikan pertanggungan risiko kecelakaan (akibat dari luar). 

    Jika dipandang sepintas produk ini hampir mirip dengan asuransi jiwa karena dilihat dari manfaat yang diberikan yaitu berupa uang pertanggungan apabila tertanggung meninggal dunia atau cacat tetap total.

    Jenis-Jenis Asuransi Kecelakaan 

    Sama halnya dengan dua asuransi sebelumnya, asuransi kecelakaan juga terbagi menjadi beberapa jenis yang terdiri dari:
    1. Asuransi kecelakaan diri
    2. Asuransi kecelakaan kerja
    3. Asuransi kecelakaan lalu lintas
    4. Asuransi kecelakaan pesawat

    10 Contoh Asuransi Kecelakaan

    1. Asuransi Personal Accident Supreme
    2. Takaful Asuransi Kecelakaan Diri dan Hospital
    3. BRI Life Acci Care
    4. ACA AsuransiKu
    5. Allianz Personal Care
    6. BCA Life b-SAVE Accident Protection
    7. Cigna Proteksi Diri Ekstra
    8. AIA Group Personal Accident
    9. Adira Proteku Basic
    10. Simas Jiwa SIJI Secure 1

    Premi Asuransi Kecelakaan

    Pada Premi asuransi kecelakaan dihitung berdasarkan besaran uang pertanggungan. Pada contoh beberapa pengelola asuransi, besaran premi asuransi kecelakaan mulai dari Rp100.000,00 selama satu tahun, bahkan ada juga yang Rp50.000,00 dalam satu tahunnya.

    4. Asuransi Pendidikan

    Jenis asuransi selanjutnya yangtidak kalah penting yaitu, Asuransi pendidikan. Pengertian asuransi pendidikan sendiri adalah sebuah produk asuransi yang memberikan jaminan dana pendidikan bagi anak jika orangtua mengalami risiko meninggal dunia ataupun cacat tetap total.

    Pada prinsipnya asuransi ini hampir sama dengan asuransi jiwa namun dana pertanggungan biasanya diberikan secara bertahap, yaitu sesuai dengan jenjang pendidikan anak.

    Asuransi pendidikan yang ada di Indonesia terbagi atas metode endowment (dwiguna) yaitu nilai tunai diambil dari akumulasi tabungan dan asuransi unit link yaitu nilai tunai diambil dari investasi. 

    6 Contoh Asuransi Pendidikan

    1. AXA Mandiri – Mandiri Sejahtera Cerdas
    2. Manulife Education Protector
    3. Prudential PRULink Edu Protection
    4. Asuransi Pendidikan Allianz
    5. BNI Life Solusi Pintar
    6. BRI Life BRINGIN Danasiswa Syariah

    Premi Asuransi Pendidikan

    Jumlah besaran premi yang harus dibayarkan pada jenis asuransi pendidikan ini dihitung berdasarkan nominal uang pertanggungan dan biaya pendidikan yang ingin ditanggung oleh asuransi. 

    Salah satu faktor yang lain dalam penentuan jumlag besaran premi yaitu tentang usia anak. Jadi, intinya semakin cepat membeli asuransi pendidikan, maka semakin ringan preminya.

    5. Asuransi Mobil

    Asuransi mobil adalah produk asuransi kendaraan yang saat ini memang banyak digandrungi para penggunanya, karena tingkat lakalantas saat ini semakin meningkat. Produk asuransi ini akan memberikan ganti rugi apabila terjadi kerusakan/kehilangan pada mobil karena kecelakaan, baik menabrak atau ditabrak. 

    Selain dari yang telah disebutkan di atas, asuransi mobil juga akan memberi pertanggungan atas risiko kerusakan yang di akibatkan oleh bencana alam seperti banjir maupun huru-hara. Dengan catatan, terdapat penambahan premi.

    3 Jenis Asuransi Mobil

    Pada garis besarnya, asuransi mobil ini terbagi menjadi tiga jenis yang paling banyak dipilih, yaitu:
    1. Asuransi mobil all risk (comprehensive)
    2. Asuransi total loss only (TLO)
    3. Asuransi gabungan (all risk dan TLO)

    7 Contoh Asuransi Mobil

    1. Asuransi Sinarmas
    2. Asuransi Adira Syariah
    3. Asuransi Adira Autocillin
    4. Asuransi Tugu Pratama
    5. Asuransi ACA
    6. Asuransi MAG
    7. Asuransi Mega Insurance

    Premi Asuransi Mobil

    Jumlah besaran premi pada asuransi mobil ini akan disesuaikan dengan jenis asuransi yang pilih, baik itu TLO maupun all risk. Pada salah satu perusahaan asuransi mobil ini, premi asuransi mobil dimulai dari Rp33.000,00 pada setiap bulan.

    Pada proses pembayarannya premi, kamu dapat melakukan secara berkala. Selama kamu masih terikat menjadi nasabah dari perusahaan asuransi mobil  tersebut.

    5. Asuransi Motor

    Dengan maraknya curanmor pencurian kendaraan bermotor, kamu harusnya memiliki Asuransi motor  ini. Karena asuransi motor pada garis besarnya adalah sebuah produk asuransi yang memberikan ganti rugi apabila terjadi kerusakan atau kehilangan motor.

    Namun, ada sedikit perbedaan jika dibandingkan dengan asuransi mobil, pada umumnya nasabah biasanya mengambil produk asuransi kehilangan saja (TLO). Meski demikian, tetap saja ada produk asuransi all risk motor walaupun cukup dapat dikatakan jarang untuk dipilih.

    6 Contoh Asuransi Motor

    1. Adira MotoPro
    2. Sinarmas Simas Motor
    3. Asuransi Kendaraan Bermotor ACA
    4. Astra Buana Garda Motor
    5. Allianz Confidence Plus
    6. Jasindo Oto Plus

    Premi Asuransi Motor

    Jika dipandang keseleruhannya, asuransi motor dapat dikatakan sama dengan asuransi mobil, yaitu perhitungan berdasarkan jenis pertanggungan, wilayah, dan harga motor. Jadi, dapat dipastikan pula apabila semakin tinggi harga motor kamu maka otomatis semakin mahal premi yang harus dibayarkan.

    7. Asuransi Dwiguna

    Sebagaimana dengan pembahasan diatas sebelumnya asuransi dwiguna atau endowment ini merupakan sebuah produk asuransi yang dipadukan dengan akumulasi tabungan. 

    Premi yang kamu bayarkan akan dialokasikan ke proteksi dan tabungan. Kamu tidak hanya mendapatkan uang pertanggungan apabila terjadi risiko akan tetapi juga bisa mendapatkan nilai tunai di akhir masa polis.

    Untuk besaran jumlah nilai tunainya sendiri sudah bersifat pasti, berbeda dengan asuransi unit link. Asuransi dwiguna sering kali ditemukan pada produk asuransi pendidikan.

    6 Contoh Asuransi Dwiguna

    1. Prudential USave PRUStar
    2. Astra Life AVA iPLAN Protection
    3. Manulife MiFuture Income Protector
    4. Kresna Life Protecto Investa Kresna
    5. AIA Proteksi Edukasi Maksima
    6. Equity Life Pro Education Plus

    Premi Asuransi Dwiguna

    Untuk besaran Premi pada asuransi dwiguna ini dihitung berdasarkan jumlah uang pertanggungan dan nilai tunai tabungan yang kamu inginkan dan usia masuk tertanggung. 

    Tentunya semakin besar nilai pertanggungannya dan semakin tua usia kamu maka semakin besar premi yang harus kamu bayarkan. Pada salah satu perusahaan jumlah besaran premi asuransi dwiguna dimulai dari Rp100.000,00 setiap bulannya bulan.

    8. Asuransi Unit Link

    Asuransi unit link adalah kebalikan dari asuransi diguna, karena asuransi unit link ini merupakan sebuah produk asuransi yang dipadukan dengan investasi. 

    Premi yang sudah kamu bayarkan akan dialokasikan ke proteksi dan investasi. Pada akhirnya, kamu tidak hanya mendapatkan jaminan uang pertanggungan apabila terjadi risiko namun juga akan mendapatkan nilai tunai pada masa akhir polis. 

    Adapun niilai tunai tersebut bersifat fluktuatif, bergantung pada grafik investasi kamu saat penarikan dana. 

    Sedangkan jenis asuransi ini bisa kamu temukan pada produk asuransi pendidikan anak terbaik, asuransi jiwa, dan asuransi kesehatan.

    8 Contoh Asuransi Unit Link

    1. Allianz SmartLink New Flexi Account
    2. PRULink Assurance Account
    3. BRILife Link Proteksi
    4. BNI Life Sakinah Multipro Link
    5. Generali iPLAN
    6. Manulife Prime Assurance
    7. AIA Infinite Link Assurance
    8. Avrist Investment Link Syariah

    Premi Asuransi Unit Link

    Untuk besaran premi asuransi unit link ini tergantung pada usia tertanggung, jumlah uang pertanggungan, dan proporsi nilai tunai investasi yang diinginkan di akhir masa polis. Jumlah premi asuransi unit link ada yang dimulai dari Rp300.000 setiap bulan.

    9. Asuransi Properti

    Asuransi ini snagat cocok sekali bagi kamu yang memiliki rumah atau properti dilokasi yang kurang aman. Karena Asuransi properti adalah salah jenis asuransi yang akan memberikan ganti rugi apabila terjadi insiden tertentu pada properti/rumah beserta aset di dalamnya. 

    Cakupan yang akan ditanggung pada asuransi ini antara lain adalah adanya insiden seperti pencurian, kebakaran, ataupun bencana alam. Jenis asuransi properti menggunakan dasar Polis Asuransi Property All Risk. 

    Sehingga, risiko yang akan dijamin tidak hanya kerugian pada saat kebakaran saja namun juga insiden yang telah disebutkan sebelumnya. Sangat cocok sekali bagi kamu yang tinggal di daerah yang lumayan rawan.

    Jenis-Jenis Asuransi Properti

    Asuransi properti sendiri dibedakan menjadi dua kategori, yaitu:
    1. Asuransi rumah
    2. Asuransi bisnis

    10 Contoh Asuransi Properti

    1. ACA Rumah Idaman
    2. ACA Asuransi Semua Risiko Properti/Industri
    3. Adira Tempat Usaha
    4. Allianz Rumahku Plus
    5. Sinar Mas Simas Ruko
    6. Sinar Mas Simas Rumah Hemat++
    7. BCA Property All Risk (PAR)
    8. Brins Asri
    9. Avrist Property All Risk
    10. AIG Property All Risk

    Premi Asuransi Properti

    Berkaitan dengan jumlah premi yang harus dibayarkan pada asuransi ini berbeda dengan jenis asuransi yang lain. Sebab untuk premi asuransi properti sudah diatur oleh OJK dengan faktor-faktor penentu premi, mulai dari suku premi, intensitas properti dihuni, lokasi dan keadaan lingkungan, nilai properti, sejarah banjir, kualitas bangunan, jenis atau barang yang diasuransikan, dan nilai pertanggungan.

    10. Asuransi Kebakaran

    Dapat dibilang hampir mirip dengan asuransi properti all risk, karena jenis asuransi ini sama-sama menanggung kerugian pada aset properti tetapi hanya akibat risiko kebakaran saja. 

    Risiko kebakaran yang dimaksud di sini bisa akibat kebakaran, sambaran petir, ledakan gas, atau bahkan kejatuhan pesawat terbang.

    Jenis-Jenis Asuransi Kebakaran

    Asuransi kebakaran juga terbagi lagi ke dalam beberapa jenis yang terdiri atas:
    1. Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI)
    2. Polis perhitungan kembali (adjustable policy)
    3. Polis mengambang (floating policy)
    4. Polis penilaian
    5. Polis tanpa nilai
    6. Polis pemulihan nilai (reinstatement policy)

    5 Contoh Asuransi Kebakaran

    1. ACA Asuransi Kebakaran
    2. Asuransi Kebakaran Jasindo
    3. Asuransi Kebakaran CHUBB
    4. Asuransi Kebakaran Sinar Mas
    5. Asuransi Kebakaran BRI Insurance

    Premi Asuransi Kebakaran

    Untuk masalah premi pada asuransi kebakaran ini akan dihitung berdasarkan jenis bangunan, bahan bangunan, kelas konstruksi berdasarkan jumlah lantai yang telah ditetapkan oleh OJK.

    11. Asuransi Perjalanan

    Asuransi satu ini sangat cocok bagi kamu yang sering melakukan perjalanan, baik itu perjalanan bisnis maupun perjalanan travelling. Jika terjadi sesuatu saat kamu melakukan perjalanan tersebut maka risiko akan ditanggung oleh pengelola asuransi.

    Risiko yang akan ditanggung dalam asuransi perjalanan ini bisa berupa kecelakaan, sakit ataupun kehilangan barang bawaan. 

    Jenis-Jenis Asuransi Perjalanan

    Asuransi perjalanan terbagi menjadi dua jenis berdasarkan tujuan kamu, yaitu:
    1. Asuransi perjalanan domestik (dalam negeri)
    2. Mancanegara (luar negeri), khusus Asia, umrah, dan termasuk asuransi perjalanan khusus untuk visa Schengen

    10 Contoh Asuransi Perjalanan

    1. Asuransi Perjalanan Adira
    2. Asuransi Perjalanan Sompo
    3. Asuransi Perjalanan Sinar Mas
    4. Asuransi Perjalanan Allianz
    5. Asuransi Perjalanan Zurich
    6. Asuransi Perjalanan ACA
    7. Asuransi Perjalanan MAG
    8. Asuransi Perjalanan CHUBB
    9. Asuransi Perjalanan AXA Mandiri
    10. Asuransi Perjalanan AIG

    Premi Asuransi Perjalanan

    Untuk jumlah besaran premi tergantung pada tujuan perjalanan kamu. Sudah dapat dipastikan bahwa premi yang harus dibayarkan pada asuransi perjalanan luar negeri akan lebih mahal dibandingkan domestik. 

    Kemudian faktor risiko yang ditanggung antara lain mencakup, jumlah hari perjalanan, dan fasilitas juga menentukan besaran premi.

    12. Asuransi bisnis

    Asuransi bisnis akan memberikan pertanggungan terhadap aset bisnis kamu, mulai dari peralatan kerja hingga asuransi karyawan. Sesuai dengan namanya, asuransi ini ditujukan bagi pebisnis, baik UMKM maupun korporasi.
    Manfaat asuransi bisnis bisa berupa pertanggungan biaya kesehatan karyawan, penggantian pesangon apabila terjadi PHK, dan termasuk melindungi aset barang-barang perusahaan.

    4 Contoh Asuransi Bbisnis

    1. AIA Voluntary Solution
    2. BCA Life Health Protection
    3. Allianz Smarthealth Classic Premier
    4. Avrist Group Health Care Silver

    Premi Asuransi Bisnis/Karyawan

    Premi asuransi bisnis ditentukan oleh pertanggungan yang diinginkan, demografi karyawan, dan jumlah karyawan/aset yang ingin diasuransikan.

    13. Asuransi Kredit

    Asuransi kredit adalah sebuah jenis asuransi yang dapat melunasi utang/sisa kredit tertanggung apabila mengalami risiko meninggal dunia, cacat tetap total, atau bahkan juga menjadi korban PHK. 

    Biasanya asuransi ini ditawarkan saat kamu mengambil cicilan KPR, kredit mobil, kartu kredit, atau bahkan KTA.

    Jenis-jenis asuransi kredit

    Secara umum, jenis asuransi kredit ini terbagi dua, yaitu:
    1. Asuransi kredit
    2. Asuransi kredit PHK

    4 Contoh Asuransi Kredit

    1. Asuransi Kredit Sinarmas
    2. Asuransi Jiwa Kredit CHUBB
    3. Asuransi Kredit Serbaguna Askrindo
    4. Asuransi Jiwa Kredit (AJK) Equity

    Premi Asuransi Kredit

    Premi asuransi kredit biasanya disesuaikan dengan jumlah uang pertanggungan asuransi (dalam hal ini jumlah utang) yang kamu miliki. Jika kamu memiliki asuransi ini maka hutang kamu akan segera terselesaikan. 

    Baca Juga: 15 Manfaat Asuransi Jiwa (life insurance) Yang Harus Anda Ketahui

    Demikian incformasi seputar 13 Jenis Asuransi Di Indonesia Beserta Contoh Premi Yang Wajib Kamu Ketahui. Semoga dengan adanya artikel ini akan menambah wawasan kamu dibidang jenis-jenis asuransi.

    Hingga pada akhirnya kamu tidak akan bingung lagi, untuk memilih dan membeli salah satu produk asuransi. Satnya untuk menetukan pilihan asuransi mana yang akan kamu pilih.

    Tetap ikuti Blog Topcoinbm.com yang membahas seputar Asuransi dan Investasi juga seputar bisnis, keuangan. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada saudara kamu agar bermanfaat untuk semuanya.

    Terimakasih, Salam sehat dan Sukses Selalu ....Topcoinbm

    0 Comments