Search

Pengertian Saham, Jenis, Manfaat Serta Risiko Bermain Saham

 Topcoinbm.com - Pengertian Saham, Jenis, Manfaat Serta Risiko Bermain Saham - Dalam sehari-hari tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan sebuah kalimat saham, namun apakah sebenarnya pengertian, definisi, jenis saham ? ...... Pada artikel ini admin akan membahas dan mengulas seputar pengertian, definisi, jenis-jenis saham dan hal-hal yang berkaitan dengan saham, agar kita tidak salah langkah dalam penanaman saham.
Pengertian Saham

Definisi Saham Menurut Para Ahli

Sapto Raharjo

Menurut Sapto Raharjo pengertian saham adalah sebuah surat berharga yang berisi bukti kepemilikan ataupun penyertaan dari seorang atau instansi perusahaan.

Swadidji Widoatmodjo

Tidak jauh beda dengan pendapat yang pertama Swadidji Widoatmodjo menjelaskan bahwa pengertian saham adalah surat berharga yang diterbitkan oleh pemilik perusahaan perseroan terbatas atau emiten.

Nofie Iman

Jika menurut Nofie Iman pengertian saham adalah surat berharga yang didalamnya mampu memberikan peluang keuntungan yang tinggi namun memiliki risiko yang juga tinggi.

Tjiptono Darmadji dan Hendy M. Fakhrudin

Dua ahli ekonomi Tjiptono Darmadji dan Hendy M. Fakhrudin menjelaskan bahwa pengertian saham adalah sebuah surat bukti atau tanda bukti kepemilikan individu atau instansi pada suatu perusahaan perseroan terbatas. Saham tersebut memiliki bentuk lembaran surat berharga yang berisi bahwa pemilik dari surat berharga tersebut adalah pemilik perusahaan yang mengeluarkan surat berharga.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Jika kita melihat pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Saham mempunyai arti sebagai "Surat bukti kepemilikan atau bagian modal suatu perseroan terbatas yang dapat diperjualbelikan, baik di dalam maupun di luar pasar modal yang merupakan klaim atas penghasilan dan aktiva perusahaan; memberikan hak atas dividen sesuai dengan bagian modal disetor seperti yang ditentukan dalam anggaran dasar perusahaan (stock)."
Jika kita melihat pengertian saham dari para ahli dapat kita simpulkan bahwa saham adalah surat penting, surat berharga sebagai bukti kepemilikan, baik milik seseorang ataupun perusahaan

Pengertian Saham, Jenis, Manfaat Serta Risiko Bermain Saham

Pengertian Saham Secara Umum

Pengertian Saham secara umum adalah sebuah surat yang menjadi bukti seseorang memiliki bagian modal suatu perusahaan. Seseorang yang memiliki saham memiliki hak atas sebagian aset perusahan. 

Sebagai contoh, jika perusahaan menerbitkan 1000 lembar saham dan seseorang memiliki 200 lembar saham di perusahaan tersebut, maka orang tersebut sebenarnya memiliki 20% kepemilikan aset di perusahaan tersebut. Pemegang saham mayoritas akan memiliki hak kendali atas suatu perusahaan.

Pemilik saham juga memiliki hak untuk mendapatkan dividen sesuai dengan jumlah saham yang dimilikinya. Perolehan dividen ini biasanya tergantung keuntungan dari perusahaan tersebut dan telah diatur sesuai dengan anggaran dasar perusahaan.

Penerbitan saham merupakan salah satu cara perusahaan untuk mendapatkan dana segar atau modal untuk pengembangan bisnis secara jangka panjang. Saham sendiri dapat diperjualbelikan melalui Bursa Efek dengan harga yang berubah-ubah sesuai kondisi perusahaan dan juga kondisi ekonomi.

Jenis Saham

A. Jenis yang berdasarkan kepada kemampuan

Jika dilihat dari segi kemampuannya jenis saham terbagi menjadi dua macam, yakni saham biasa (common stocks) dan Saham Preferen (Preferred Stocks). Untuk lebih jelasnya mari kita lanjut pengertian masing-masing dari saham ini

1. Saham Biasa 

Pengertian dari Saham Biasa (common stocks) adalah salah satu saham yang dapat diklaim berdasarkan dari keuntungan dan kerugian yang ada pada suatu perusahaan. Apabila prosedur likuidasi dilakukan, maka para pemegang saham biasa akan memiliki prioritas terakhir dalam hal pembagian dividen dari penjualan aset suatu perusahaan.

Pada saham biasa, maka para pemegang saham memiliki kewajiban yang sifatnya terbatas. Artinya, saat perusahaan yang dikelola tersebut dinyatakan bangkrut, maka nilai kerugian yang ditanggung oleh para pemegang saham adalah sebesar nilai modal yang sudah disetorkannya.

Berikut ini adalah ciri-ciri dari saham biasa:
  • Setiap pemegang saham mempunyai hak suara yang sama dalam hal memilih dewan komisaris.
  • Setiap hak pemegang saham akan diprioritaskan saat perusahaan akan mengeluarkan saham baru.
  • Setiap pemegang saham memiliki tanggung jawab yang sifatnya terbatas, yakin sebesar nilai saham yang sudah disetorkannya.

2. Saham Preferen (Preferred Stock)

Pengertian saham preferen (preferred stock) suatu saham yang mana nilai pembagian labanya tergolong tetap, dan saat perusahaan menderita kerugian, maka para pemegang saham preferen tersebut akan diberikan prioritas utama dalam hal pembagian hasil penjualan aset perusahaan.

Saham preferen ini mungkin akan terlihat sama dengan obligasi, yang mana adanya klaim terhadap laba serta aktiva sebelumnya, dividen yang tetap selama saham masih berlaku, mempunyai hak tebus, dan juga bisa ditukarkan dengan saham yang biasa.

Berikut ini adalah ciri-ciri dari saham preferen:
  • Memiliki beberapa tingkatan yang bisa diterbitkan dengan bentuk karakteristik yang juga berbeda.
  • Adanya tagihan atas suatu pendapatan dan aktiva, serta memiliki prioritas yang tinggi dalam hal pembagian nilai dividen.
  • Saham preferen juga bisa ditukarkan dengan saham biasanya dengan adanya kesepakatan yang terjalin antara perusahaan dengan pemilik saham.

B. Jenis Saham Berdasarkan Kinerjanya

Saham jika dilihat dari kinerja atau peforma perusahaan menurut pengetahuan admin terbagi menjadi 7 bagian. Berikut 7 jenis saham beserta pengertiannya :

1. Blue Chip Stocks

Pengertian saham blue chip atau blue chip stocks adalah suatu perusahaan besar yang sudah dipercaya di kalangan para pebisnis lain. Saham ini cenderung memiliki harga perlembar yang lebih tinggi namun nilainya lebih stabil

2. Income Stocks

Pengertian saham pendapatan atau Income stocks adalah jenis saham yang mampu memberikan dividen yang besar, namun tetap diiringi dengan risiko yang besar juga. Sehingga, diperlukan strategi yang ampuh dalam mengelola jenis saham ini.

3. Growth Stocks

Pengertian saham berkembang atau growth stocks adalah saham yang mempunyai tingkat perkembangan yang lebih cepat daripada jenis sahal lain yang sama di bidangnya. Dalam kurun waktu satu hari, jenis saham ini bisa meningkat atau menurun beberapa kali.

4. Speculative Stocks

Pengertian saham spekulatif atau speculative stocks adalah jenis saham yang biasa atau sering diperjualbelikan di bursa efek karena didalamnya terkandung potensi dividen yang besar di masa depan.

5. Cyclical Stocks

Pengertian saham cyclical atau cyclical stocks adalah jenis saham yang sangat rentan terkena tren ekonomi. Saham ini bersifat fluktuatif, dan fluktuasi di dalamnya tergolong sangat cepat.

6. Emerging Growth Stock

Jenis saham ini adalah jenis saham yang berasal dari perusahaan kecil, namun lebih tahan banting, karena cenderung tidak terpengaruh dengan kondisi ekonomi yang naik turun, terlebih lagi dengan adanya resesi.

7. Defensive Stocks

Defensive stocks adalah jenis saham yang tidak terpengaruh dengan adanya kondisi resesi. Umumnya, saham ini berasal dari perusahaan yang bergerak pada industri harian manusia yang daya belinya cenderung stabil di setiap harinya.

C. Manfaat dan Keuntungan Saham

Salah satu manfaat utama saham adalah saham bisa dimanfaatkan sebagai salah satu instrumen investasi jangka panjang atau jangka pendek.

Bagi para investor yang memanfaatkan sahamnya sebagai investasi jangka pendek biasanya mengharapkan adanya capital gain dari selisih harga jual dan harga belinya.

Hal tersebut tentu berbeda dengan mereka yang menggunakan saham sebagai instrumen investasi jangka panjang, karena mereka akan lebih rutin membeli ataupun menabung uangnya untuk membeli saham.

Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat dua keuntungan yang bisa didapatkan oleh investor yang melakukan investasi saham, yakni:

Capital Gain, adalah profit yang didapatkan dari adanya selisih harga jual saham yang lebih tinggi daripada harga belinya. Setiap investor saham nantinya akan memperoleh keuntungan sesuai dengan besaran nilai saham yang sudah disetorkannya.

Dividen, adalah nilai keuntungan yang didapatkan dari hasil pembagian dividen tunai dari suatu emiten. Dividen adalah pendapatan tambahan yang bisa diraih oleh investor jika mereka membeli saham dari emiten yang memiliki performa pendapatan yang bagus.

D. Risiko Investasi Saham

Investasi saham memang memiliki keuntungan yang besar, namun risiko di dalamnya pun juga cukup besar. Berikut ini adalah beberapa risiko yang harus siap Anda hadapi jika melakukan investasi saham:

1. Risiko Likuidasi

Risiko ini bisa saja terjadi ketika emiten tersebut bangkrut atau likuidasi para pemilik saham mempunyai hak klaim terakhir atas aktiva perusahaan sesudah kewajiban dari emiten tersebut terbayar. Bahkan para pemilik saham pun beresiko tidak memperoleh apapun saat aktiva tidak tersisa setelah pihak emiten membayar kewajibannya.

2. Tidak Ada Pembagian Dividen

Risiko ini bisa saja terjadi saat pihak emiten lebih memiliki keuntungan yang didapat perusahaan digunakan untuk menambah modal operasi, atau melakukan ekspansi bisnis, sehingga emiten tersebut tidak membagikan keuntungannya berupa dividen kepada pemilik saham.

3. Investor Kehilangan Modal

Risiko ini juga bisa saja terjadi saat harga beli saham ternyata lebih besar daripada harga jualnya, sehingga para pemilik saham akan kehilangan nilai modalnya.

4. Saham Delisting dari Bursa

Terdapat beberapa alasan yang membuat suatu saham dihapus dari catatan bursa, hingga saham tersebut sudah tidak lagi bisa diperjual belikan. Hal tersebut tentunya akan membuat emiten dan juga para pemilik saham menderita kerugian besar.

Cara Kerja Saham Dalam Memberikan Keuntungan

Sedernanya, pemilik modal sama dengan pemilik perusahaan. Jadi, ketika perusahaan itu untung, makan keuntungan tersebut juga akan bisa dirasakan oleh pemilik perusahaan.

Profit yang didapatkan dari perusahaan saat performanya ternyata bagus nantinya akan disisakan untuk pemegang saham. Lantas bagaimana cara pembagiannya?

Capital gain

Capital gain adalah keuntungan yang diperoleh dari perkembangan nilai aset dan modal. Contoh sederhananya, katakanlah saham itu adalah sertifikat tanah dan tanah itu sendiri adalah perusahaan. Sewaktu-waktu, harga tanah tersebut ternyata meningkat dan Anda menjual tanah tersebut.

Nah, selisih harga beli dan harga jual dari tanah tersebutlah yang kita sebut dengan capital gain.

Dividen
Dividen adalah laba yang didapatkan dari performa emiten. Mari kita kembali pada contoh kasus di atas. Katakanlah tanah tersebut Anda jadikan sebagai lokasi parkir, maka pemasukan dari sewa parkir tersebut sebagiannya akan masuk ke kantong saku Anda, dan sebagian lainnya bisa Anda bagikan pada keluarga Anda.

Baca juga: Apa itu Sekuritas? Ini Pengertian, Jenis, dan Cara Memilih Sekuritas yang Baik

Penutup
Demikianlah penjelasan tentang pengertian saham. Berdasarkan penjelasan diatas, maka bisa kita simpulkan bahwa pengertian saham adalah suatu bukti adanya penyertaan dari seseorang atau institusi perusahaan.

Jika Anda memiliki saham di emiten tertentu, itu artinya Anda sedang berinvestasi pada suatu perusahaan, sehingga fluktuasi dari harga tersebut akan memengaruhi untung ruginya Anda.

Jika Anda sudah memahami pengertian saham di atas, maka Anda harus mempelajari lebih lengkap lagi tentang jenis-jenis perusahaan yang ada di lantai bursa saham. Anda bisa mulai menilai saham yang sedang bearish atau bullish serta mempelajari background dari perusahaan tersebut sebelum membeli sahamnya.

Selain melakukan investasi saham, Anda juga sangat bisa untuk melakukan investasi dalam jangka panjang dengan memanfaatkan aplikasi akuntansi dari Accurate Online.

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi ini, Anda juga bisa mengelola stok barang, aset perusahaan, membuat laporan laba rugi, sampai dengan mengelola utang-piutang perusahaan secara instan. Accurate Online juga mampu memudahkan Anda dalam memantau keuangan Anda kapanpun dan dimanapun secara cepat dan mudah.

Baca Juga:

Tetap ikuti Blog Topcoinbm.com yang membahas seputar Asuransi dan Investasi juga seputar bisnis, keuangan dan lain sebagainya. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada saudara anda agar bermanfaat untuk semuanya.

Terimakasih, Salam sehat dan Sukses Selalu ....Topcoinbm 


0 Comments