Search

Daun Sirih, dan Segudang Manfaatnya Bagi Kesehatan Para Wanita

Topcoinbm.com - Daun Sirih, dan Segudang Manfaatnya Bagi Kesehatan Para Wanita - Daun Sirih jika dibahas tentang khasiatnya untuk kesehatan seakan tidak akan ada habisnya. Tanaman herbal satu ini memang menyimpang sejuta kandungan senyawa yang sangat baik digunakan untuk kesehatan kita.
Daun Sirih dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Wanita
Jika pada artikrel sebelumnya admin sudah membahas, tentang Daun Sirih, Ciri, Kandungan, dan Segudang Manfaat Yang Terkandung didalamnya, maka pada artikel kali ini admin akan bahas kembali terkait manfaat daun sirih yang lainnya.

Daun sirih sangat bermanfaat untuk kesehatan wanita, sebagaimana kita ketahui bersama jika kita membahas tentang daun sirih tentunya sudah pasti akan membahas juga tentang kesehatan wanita juga.

Manfaat Daun Sirih Bagi Organ Intim Wanita

Sesuai dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) masalah kesehatan pada reproduksi wanita 33% dari total penyakit yang menyerang wanita. Menurut angka ini berarti sangat tinggi.

Daun sirih mempunyai peran penting dalam menjaga kesehatan wanita, adapun manfaat daun sirih tersebut bagi wanita adalah antara lain sebagai berikut:

1. Menghilangkan Aroma Kurang Sedap Pada Area Intim 

Kandungan yang terdapat pada daun sirih seperti Antioksidan, eugenol, dan chavicol memiliki kegunaan membunuh mikroba penyebab peradangan yang dapat menimbulkan bau tidak sedap. Cara penggunaanya, bisa dengan merebus daun sirih, kemudian meminum air rebusan tersebut. 


2. Menghilangkan Rasa Gatal di Area Intim 

Rasa gatal juga dirasakan pada area intim perempuan. Rasa gatal yang diderita ini dapat diredakan dengan menggunakan air rebusan daun sirih untuk membersihkan area intim atau bisa juga di minum secara langsung. 

Menurut Dr. Dyah Novita pada laman klikdokter.com kalau penggunaan daun sirih tidak boleh diterapkan secara terus-menerus meskipun daun tersebut memiliki kandungan antiseptik. Itu karena, sirih bisa menyebabkan perubahan pH pada area reproduksi perempuan. 


3. Mengurangi Keputihan 

Masalah kesehatan wanita lainnya yang sering kali dirasakan para perempuan yakni keputihan. Daun sirih dipercaya bisa menyembuhkan gangguan kesehatan ini. Mengatasi masalah tentang keputihan ini bisa dilakukan dengan mencampur air rebusan daun sirih dan bahan alami lainnya seperti kunyit atau rempah lain yang direkomendasikan. 


4. Mengurangi Nyeri Haid 

Rasa nyeri pada saat datang bulan adalah salah satu keluhan yang lazim dirasakan oleh kaum wanita. Untuk kadar rasa sakit tersebut berbeda-beda, namun jika rasa nyeri atau sakit saat haid semakin parah tentunya akan sangat menganggu.

Sebagai tindakan yang tepat untuk meredekan rasa nyeri saat haid yaitu dengan menggunakan daun sirih, Penggunaannya sangat mudah dengan menambahkan kunyit dapat mengurangi rasa nyeri haid tersebut.

Selain kunyit, dapat penambahan mahkota dewa dan umbu dewa bersama rebusan sirih juga bisa menjadi obat pereda nyeri haid. Maka secara perlahan nyeri yang dirasakan saat haid akan berkurang bahkan tanpa adanya rasa nyeri.

Dalam menggunakan daun sirih sebagai herbal alami harus dilakukan secara wajar, jangan dilakukan secara terus menerus. Jika gangguan kesehatan tidak kunjung hilang maka lebih baik untuk memeriksakan langsung ke dokter. 


Manfaat Daun Sirih Untuk Kecantikan Wajah

Selain berguna untuk bagian intim perempuan daun sirih mempunyai manfaat lain. Manfaat Daun Sirih Hijau yang lain yaitu untuk wajah, senyawa aktif pada bisa juga untuk menjaga kesehatan wajah. 

Beberapa masalah pada kulit wajah bisa diatasi dengan menggunakan bahan alami ini. Dilansir dari sehatq.com, terdapat berapa manfaat daun sirih untuk wajah. Simak penjelasan berikut ini.


1. Mengatasi Masalah Jerawat 

Masalah lain yang serius bagi kaum perempuan adalah tumbuhnya jerawat pada wajah. Jika wajah teradapat satu atau dua saja jerawat maka wanita tersebut akan merasa gelisah. Masalah jerawat memang menjadi masalah yang sangat sering dikeluhkan.

Penyebab jerawat tentu sangat beragam mulai dari produksi minyak berlebih hingga adanya infeksi bakteri. Cara untuk mengatasi jerawat yang membandel bisa dengan menggunakan rebusan daun sirih karena mengandung tanin, flavonoid, dan saponin yang sifatnya antibakteri. 


2. Mengobati Luka Ringan Pada Area Wajah 

Luka gores biasanya sering terjadi di area wajah, penyebabnya tentu sangat beragam mulai dari tidak sengaja tergaruk atau penyebab lainnya. Luka gores yang tidak segera diobati bisa saja menyebabkan infeksi karena bakteri dengan mudah masuk ke lapisan kulit melalui luka. 

Untuk menyembuhkan luka tersebut, bisa dengan menggunakan sirih hijau. Hal ini dikarenakan sirih mengandung flavonoid, alkaloid, saponin, polifenol, dan minyak atsiri yang memiliki sifat anti bakteri. 


3. Mengobati Alergi 

Alergi gatal-gatal bisa juga dirasakan hingga ke area muka. Tentu saja kondisi ini sangat menggangu siapa saja yang merasakan. Untuk mengatasi alergi ini, Anda bisa menggunakan campuran daun sirih dengan kunyit, kemudian menjadikannya masker. Senyawa aktif di dalam sirih dan kunyit juga dipercaya bisa meredakan alegi gatal pada wajah. 


Manfaat Daun Sirih Untuk Lambung 

Manfaat daun sirih selanjutnya yakni untuk mengatasi permasalahan pada lambung. Dikutip dari hellosehat.com, daun sirih ternyata bisa meningkatkan produksi lendir yang berfungsi menjaga kesehatan organ pencernaan. Lendir juga bisa mencegah luka pada usus dan lambung. 

Selain itu, sirih juga memiliki kemampuan untuk mengurangi gejala GERD serta berperan dalam menetralkan pH tinggi pada lambung. Dengan demikian, mengonsumsi sirih bisa mengurangi gejala maag, mengatasi asam lambung yang naik, serta meredakan rasa kembung di perut.  

Daun herbal satu ini juga bisa mengurangi gejala penyakit asam lambung, serta berguna untuk mengatasi masalah kesehatan pada saluran pencernaan seperti sembelit dan diare. 


Manfaat Daun Sirih Untuk Mata 

Daun sirih sering digunakan untuk mengobati sakit mata. Namun apakah hal tersebut benar? Berikut beberapa manfaat daun sirih untuk mata yang perlu diketahui. 


1. Mengatasi peradangan Konjungtiva Mata 

Berdasarkan penelitian dari American Journal of Clinical and Experimental Immunology, daun sirih bisa digunakan pada pasien konjungtivitas atau peradangan pada konjungtiva mata. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa sifat anti bakteri yang dimiliki sirih bisa membunuh bakteri penyebab gangguan tersebut. 


2. Membersihkan Mata 

Berdasarkan informaasi jurnal Fitofarmaka 2015, daun sirih biasa digunakan untuk obat tradisional  termasuk untuk membersihkan mata. Pemanfaatan rebusan atau ekstrak daun sirih juga dirasa lebih aman karena memiliki senyawa alami. 

Adapun senyawa alami yang ada di dalam daun sirih seperti minyak atsiri yang tersusun atas fenol, kardinen, kariofilen, terpem, terpinen, metal eter, menthin, dan seskuiterpen. 


3. Mengatasi Mata Gatal dan Merah 

Dikutip dari litbang.pertanian.go.id, daun sirih juga bisa digunakan untuk mengatasi mata gatal dan merah. Caranya dengan merebus enam lembar daun sirih kemudian dinginkan untuk selanjutnya bisa digunakan langsung untuk mencuci mata. Jika mata merah dan gatal tidak kunjung hilang, segeralah berobat ke dokter mata. 

Itulah beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan. Meskipun banyak manfaatnya, namun dalam menggunakan bahan alami yang satu ini harus tetap bijak. Pastikan tidak menggunakannya secara berlebihan, dan jika gejala penyakit tidak kunjung menghilang segeralah datang ke dokter agar bisa mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian Daun Sirih, dan Segudang Manfaatnya Bagi Kesehatan Para Wanita, Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sebagai penambah wawasan bagi kita semuanya.

Ingat, Tidak ada penyakit yang tidak dapat disembuhkan, kecuali malas berobat. Dan jangan lupa selain berusaha maka iringi dalam usaha tersebut dengan memanjatkan do'a, karena yang memberi kesebuhan hanyalah yang kuasa
Tetap ikuti Blog Topcoinbm.com yang membahas seputar Asuransi, Investasi, Kesehatan juga seputar bisnis, keuangan. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada saudara kamu agar bermanfaat untuk semuanya.

Terimakasih, Salam sehat dan Sukses Selalu ....Topcoinbm

0 Comments