Search

Pengertian dan Sejarah Obat Tradisional yang Perlu Kita Ketahui

Topcoinbm.com - Pengertian dan Sejarah Obat Tradisional yang Perlu Kita Ketahui - Kesehatan adalah salah satu kebutuhan pokok bagi setiap manusia, untuk itu sudah selayaknya bagi kita untuk tetap menjaga kesehatan kita setiap harinya. Dengan sehat jiwa raga maka kita akan dapat menikmati apa arti dari kehidupan ini.
Pengertian dan Sejarah Obat Tradisional
Bisa kita bayangkan jika kita dalam keadaan tidak sehat, apapun aktifitas kita tidak akan terasa nyaman. Makan tidak akan terasa enak, tidur tidak terasa nyenyak, seluruh aktifitas tentunya akan menjadi terhambat.

Oleh sebab itu syukuri nikmat sehat yang telah Allah berikan kepada kita dengan cara menjaga kesehatan kita sehari-hari dan gunakan waktu sehat kita dengan aktifitas yang positif dan dapat memberikan kemanfaatan kepadaorang lain.

Nah, pada artikel kali ini admin akan berbagi terkait dengan pentingnya kesehatan bagi kehidupan kita sehari-hari. Dalam situs Topcoinbm.com ini akan membahas seputar kesehatan dan pengobatan herbal.

Obat herbal saat ini menjadi rujukan bagi para penyandang sakit dengan berbagai macam penyakityang dideritanya. Mengingat semakin mahalnya pengobatan medis yang ada di Rumah Sakit juga obat-obatan yang dijual di apotik-apotik.

Namun sebelumnya alangkah baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu tentang sejarah pengobatan herbal yang ada di Indonesia.


Sejarah Obat Tradisional

Perlu kita ketahui bersama bahwa bumi kita Indonesia sangat menyimpan kekayaan hayati. Kekayaan hayati yang kita miliki dapat kita olah menjadi sebuah obat tradisional yang dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan segala macam penyakit.

Sudah terbukti nyata pengobatan menggunakan obat tradisional yang berasal dari kekayaan hayati lebih dikenal terlebih dahulu bagi para leluhur kita. Adanya pengobatan konvensional atau pengobatan medis ada setelah hadirnya pengobatan tradisional tersebut.

Namun, seiring perkembangan jaman dan kemajan teknologi pengobatan tradisional semakin tergerus dan tersingkir. Hanya tinggal beberapa orang saja yang masih menggunakan pengobatan tradisional.

Pengertian dari Obat Tradisional adalah bahan atau ramuan, bahan-bahan yang berasal dari berbagai  bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarian (galenik) atau campuran dari bahan tersebut, yang secara turun-temurun telah digunakan untuk pengobatan berdasarkan pengalaman (Peraturan Kepala BPOM RI No. HK.00.05.41.1384). 

Obat tradisional dikenal juga dengan istilah obat bahan alam (Peraturan Kepala BPOM RI No. HK.00.05.41.1384). Karena mayoritas bahan alam yang digunakan dalam obat tradisional berasal dari tanaman, maka obat ini disebut juga sebagai obat herbal. 

Obat Tradisional telah dikenal dan digunakan secara luas di berbagai belahan dunia, terutama di negara-negara sedang berkembang termasuk Indonesia. Di negara-negara maju, penggunaan obat tradisional juga semakin populer. 

Pemanfaatan obat tradisional di Indonesia telah dimulai sejak berabad-abad yang lalu. Hal tersebut dapat dibuktikan dari relief yang dapat ditemui di candi Borobudur. Pada relief Karmawibhangga digambarkan seorang laki-laki mendapat perawatan dari beberapa wanita dengan cara memijat kepalanya serta memegang tangan dan kakinya. 

Relief lain mengilustrasikan tanaman yang sampai sekarang masih digunakan sebagai komponen jamu, antara lain: nagasari, semanggen, cendana wangi, kecubung, dan lain-lain. Dari relief-relief tersebut dapat diidentifikasi lebih dari 50 jenis tanaman. Gambaran yang serupa juga ditemukan pada relief-relief di Candi Prambanan, Candi Penataran, Candi Sukuh, dan Candi Tegawangi. 

Demikian Pengertian dan Sejarah Obat Tradisional yang Perlu Kita Ketahui, Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sebagai penambah wawasan bagi kita semuanya.

Ingat, Tidak ada penyakit yang tidak dapat disembuhkan, kecuali malas berobat. Dan jangan lupa selain berusaha maka iringi dalam usaha tersebut dengan memanjatkan do'a, karena yang memberi kesebuhan hanyalah yang kuasa
Tetap ikuti Blog Topcoinbm.com yang membahas seputar Asuransi, Investasi, Kesehatan juga seputar bisnis, keuangan. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada saudara kamu agar bermanfaat untuk semuanya.

Terimakasih, Salam sehat dan Sukses Selalu ....Topcoinbm

0 Comments