Search

Memahami, Ciri-Ciri, Kandungan, Jenis, Serta 17 Manfaat Binahong Bagi Kesehatan

Topcoinbm.com - Memahami, Ciri-Ciri, Kandungan, Jenis, Serta 17 Manfaat Binahong Bagi Kesehatan - Hidup sehat memang menjadi dambaan bagi setiap insan, sehat dapat diraih dengan berbagai macam cara. Rutin berolahraga, menjaga pola makan yang teratur, istirahat yang cukup dan masih banyak lagi cara untuk menjaga agar tubuh kita tetap sehat.
Selain dari yang admin sebutkan di atas kesehatan tubuh dapat kita peroleh dengan mengonsumsi ekstrak dari bebagai jenis tanaman yang ada di sekeliling kita. Banyak jenis tanaman yang dapat kita jadikan sebagai pengobatan alternatif, seperti daun Sirih, daun sirsak, daun kelor dan masih banyak yang lainnya.

Nah, untuk kali ini admin Topcoinbm akan memberikan informasi salah satu tanaman yang dapat kita jadikan sebagai alternatif sebuah pengobatan. Sebuah tanaman yang dapat dengan mudah untuk di budidayakan di kebun kita. 

Binahong atau piahong dengan nama latin Anredera cordifolia. dalam bahasa inggris Heartleaf maderavine madevine adalah salah satu tanaman obat yang berasal dari cina dengan nama Dheng San Chi. Jenis tanaman yang dapat tumbuh dengan mudah di dataran rendah maupun dataran tinggi dan mempunyai banyak khasiat dalam meyembuhkan berbagai macam penyakit ringan maupun berat.


Ciri-Ciri Tanaman Binahong

Tanaman yang merambat dan menjalar, dengan batang lunak, mempunyai daun tunggal, bunga majemuk, berbiji kecil

1. Daun

Tanaman binahong mempunyai daun tunggal dengan tangkai yang masuk kategori pendek atau subssile. Adapun bentuk tulang daunnya menyirip dan letak antara daun yangsatu dengan lainnya tersusun berselang-seling. Daun tanaman ini seperti jantung atau cordata dengan warna hijau muda yang memiliki ukuran sekitar 5-10 cm dan lebar 3-7 cm.

Pada setiap helai daun binahong memiliki bentuk tipis dan lemas, pangkalnya berbelah, sedangkan bagian ujung daunnya meruncing. Tepian daun binahong cukup rata, walaupun ada juga yang bergelombang dengan permukaan halus dan licin.

2. Rhizoma

Batang dan daun yang biasanya terdapat di dalam tanah disebut dengan rhizome. Nah, untuk binahong adalah salah satu jenis tanaman dengan rhizome yang tumbuh mendatar dan bercabang-cabang.

Biasanya, tunas binahong tumbuh dari ujung rhizoma. Meski demikian, rhizome bukanlah akar, tetapi bagian dari batang yang berfungsi sebagai tempat cadangan makanan dan alat untuk berkembang biak.

Secara umum, rhizoma memiliki ruas atau buku-buku yang berdaun. Namun, daun tersebut bisa juga berubah menjadi semacam sisik. Di samping itu juga, rhizoma pada binahong memiliki kuncup yang diketahui tumbuhnya tidak mengarah ke pusat bumi ataupun air. Kuncup ini justru tumbuh ke atas, menyembul dari permukaan tanah.


3. Bunga

Binahong mempunyai bunga majemuk berbentuk tandan ataupun malai yang cukup panjang. Bunga yang muncul di ketiak daun ini bertangkai panjang dengan mahkota berwarna putih ataupun krem.

Mahkota bunga binahong terdiri dari lima helai yang tidak saling melekat. Sementara panjang mahkotanya sendiri berkisar antara 0,5-1 cm dengan aroma yang sangat wangi.


4. Buah

Tanaman binahong ini juga termasuk salah satu tumbuhan yang memiliki buah dan biji. Berawal dari bunga yang kemudian menjadi buah atau biji. Biji binahong memiliki tekstur yang keras digunakan untuk perkembangbiakan binahong selain perkembangbiakan melalui akar atau umbi binahong. 

Biji binahong berukuran bulat dengan diameter 4-7 mm saja. Saat masih muda biji binahong berwarna hijau, dan kemudian akan berubah warna menjadi keunguan dan ungu tua bahkan hitam jika bijinya sudah tua.


3. Akar

Akar binahong berjenis akar tunggang dengan tekstur lunak berwarna cokelat tua. Selain menggunakan buah atau biji akar binahong dapat digunakan sebagai perkembangiakan. 

Tanaman binahong ini sangat mudah untuk dikembangbiakkan di sekeliling pekaranagan kita. Dengan cara menanam biji dari binahong maka akan dapat tumbuh cepat dengan subur dan rindang. Pada pertumbuhannya binahong lebih baik lagi jika dibuatkan anjang-anjang sebagai sandaran untuk merambat saat hidup.

Sebenarnya tanaman binahong ini sudah lama berada di Indonesia namun masih belum banyak yang mengetahui kandungan dan manfaat yang ada di dalamnya. Dapat dijadikan sebagai pengobatan alternatif dan obat alami untuk menyembuhkan atau mengurangi beberapa penyakit ringan maupun berat.

Tanaman ini dikenal juga di kalangan masyarakat Cina dengan nama Dheng San Chi dan telah ribuan tahun dikonsumsi oleh bangsa Tiongkok, Korea, Taiwan, dan lain sebagainya. Adapun bagian utama yang sering dijadikan sebagai obat adalah terdapat pada bagian daun.


Kandungan Binahong

Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli sehingga manfaat daun binahong sangat kaya dengan berbagai manfaat karena daun binahong mengandung banyak nutiris seperti Glucan c, Karoten, Asam Organik, L-Arabinosa mucoplysacharida, D – Galaktosa, Asam Aldonat, dan Vitamin (A, B, dan C). 

Karena kandungan nutrisi yang beragam sehingga binahong mampu mengobati berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit kulit hingga penyakit yang tergolong penyakit kronis dapat disembuhkan dengan daun yang asalnya dari China ini.
  
Untuk manfaatnya sendiri daun binahong ini tidak perlu diragukan lagi. Tanaman yang memiliki nama latin Anredera cordifolia ini merupakan salah satu tanaman berkhasiat tinggi yang dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit kronis. Bahkan, hampir seluruh bagian tumbuhan binahong bisa dimanfaatkan dalam terapi herbal.


Jenis Binahong

Dari jenisnya binahong ini mempunyai dua macam, binahong hijau dan binahong merah. Adapun manfaat dari keduanya dapat dikatakan hampir tidak ada perbedaan yang khusus. Karena kandungan yang terdapat pada dua jenis binahong ini juga sama.  

Memahami, Ciri-Ciri, Kandungan, Jenis, Serta 17 Manfaat Binahong Bagi Kesehatan

Kita ketahui bersama bahwa daun binahong, mempunyai sifat antiinflamasi, antioksidan, antibakteri, dan antinyeri yang berguna untuk kesehatan tubuh. Khasiat ini didukung oleh berbagai kandungan senyawa alami di dalam daun binahong, seperti flavonoid, saponin, dan tanin.

Karena adanya nutrisi dan kandungan sifat-sifat yang dimiliki binahong, maka daun binahong sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ......manfaat daun binahong bagi kesehatan:

1. Mempercepat Penyembuhan Luka Bakar

Manfaat yang sangat terkenal pada daun binahong ini adalah dapat mempercepat penyembuhan luka, terlebih luka yang diakibatkan oleh api atau luka bakar, kandungan flavonoid, saponin dan taninnya yang terdapat pada daun binahong diyakini sebagai penembuh luka bakar ini.

Saponin dapat berperan sebagai antiseptik, sehingga dapat mencegah infeksi bakteri yang dapat memperlambat penyembuhan luka. Selain itu, senyawa ini juga dapat mempercepat pembentukan kolagen.

Flavonoid dalam daun binahong juga terbukti efektif mengurangi peradangan pada luka. Sementara itu, tanin dapat membantu mengecilkan pori-pori pada kulit yang luka, serta menghentikan produksi nanah dan perdarahan ringan, sehingga luka menjadi lebih cepat tertutup.

2. Mencegah Diabetes

Manfaat daun binahong selanjutnya adalah sebagai obat diabetes. Penelitian menunjukkan manfaat daun binahong dalam menurunkan kadar gula darah serta mencegah kerusakan sel beta di pankreas yang terjadi akibat diabetes.

Semua itu berkat senyawa aktif flavonoid di dalam daun binahong. Senyawa ini bekerja dengan menghambat pemecahan dan penyerapan gula di usus serta meningkatkan produksi dan fungsi hormon insulin.

3. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Kolestrol tinggi merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung. Penderita kolestrol tinggi memiliki endapan lemak dalam pembuluh darahnya. Endapan lemak ini bisa menghambat peredaran darah, serta pecah secara tiba-tiba dan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Daun binahong telah digunakan sebagai obat herbal dalam pengobatan penyakit jantung dan stroke. Menurut penelitian, flavonoid dalam binahong bermanfaat dalam menurunkan kolestrol. Caranya adalah dengan menyingkirkan timbunan kolestrol pada dinding pembuluh darah.

4. Meningkatkan Fungsi Ginjal

Tingginya level serum kreatinin dan urea dalam tubuh bisa menandakan melemahnya fungsi ginjal. Ekstrak daun binahong diduga berkhasiat dalam meningkatkan fungsi ginjal dengan cara menurunkan level serum kreatinin

Sayangnya, penelitian mengenai manfaat daun binahong ini baru dilakukan terhadap hewan percobaan. Penelitian lebih lanjut kepada manusia masih perlu dilakukan untuk memastikan efektivitas dan keamanan daun binahong dalam meningkatkan fungsi ginjal.

5. Mengobati Asam Urat

Manfaat daun binahong sebagai obat asam urat telah didukung oleh banyak penelitian. Khasiat ini diduga berasal dari kandungan flavonoid yang dapat menghambat pembentukan asam urat, sehingga dapat mencegah dan mengurangi risiko serangan asam urat.

Kini, Anda sudah mengetahui apa saja manfaat daun binahong bagi kesehatan tubuh. Meski diyakini dapat mencegah atau mengobati berbagai penyakit, sebagian besar manfaat daun binahong tersebut masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Meski secara umum dianggap alami, bukan berarti obat herbal seperti daun binahong sepenuhnya aman. Reaksi efek samping atau alergi mungkin saja terjadi setelah mengonsumsi tanaman ini.

Oleh karena itu, jika Anda ingin memanfaatkan daun binahong untuk kesehatan, pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini penting, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau sedang rutin mengonsumsi obat medis.

6. Mengobati Hipertensi dan Cegah Penyakit Jantung

Tidak hanya efektif menurunkan risiko diabetes, manfaat daun binahong lainnya adalah menjadi obat hipertensi dan juga mencegah serangan jantung. Kandungan pada ekstrak daun binahong pun mempunyai efek mengontrol detak jantung serta mendorong produksi urine. Kedua hal tersebut memberikan efek yang setara dengan mengonsumsi obat hipertensi diuretik dan penghambat beta.

Dalam kata lain, ekstrak dari daun binahong diyakini mampu bermanfaat bagi penderita hipertensi. Ekstrak tanaman tersebut juga andal menurunkan tingkat kolesterol jahat serta lemak di dalam darah. Gabungan dari efek penurun kolesterol dan anti hipertensi tersebut amat penting guna mencegah serangan jantung maupun gagal jantung. 


7. Meredakan Sakit Maag

Maag adalah jenis penyakit yang bisa menyerang siapa pun tanpa memandang usia maupun jenis kelamin. Akibat gaya hidup dan pola konsumsi yang kurang tepat, siapa saja bisa menderita masalah kesehatan ini.

Saat kambuh dan merasa gejala tidak nyaman dari sakit maag, kamu bisa mengobatinya dengan mengonsumsi daun binahong. Sebagai alternatif alami, gejala sakit maag bisa diredakan dengan merebus daun binahong sekitar 10 lembar menggunakan segelas air. Setelah itu, kamu tinggal meminum air rebusan tersebut 3 kali sehari agar bisa merasakan manfaat daun binahong. 

Memahami, Ciri-Ciri, Kandungan, Jenis, Serta 17 Manfaat Binahong Bagi Kesehatan


8. Menjadi Obat Alami Masalah Darah Rendah

Jika kamu termasuk sebagai pengidap penyakit darah rendah, daun binahong dapat menjadi obat herbal untuk menanganinya. Menurut beberapa sumber, daun binahong memiliki manfaat untuk menjaga tekanan darah tubuh sehingga efektif menangani masalah darah rendah agar gejala yang ditimbulkannya tidak sering kambuh. 

9. Cegah Munculnya Sel Kanker

Sebagai tanaman obat yang terkenal dengan kandungan antioksidan yang kaya, daun binahong mampu menurunkan risiko seseorang terkena sel kanker. Agar bisa mendapatkan manfaat ini, kamu hanya perlu meminum air rebusan dari daun binahong yang sudah dikeringkan sebanyak sekali sehari dengan rutin. 

10. Ampuh Tangani Sariawan Kronis

Bagi kebanyakan orang, sariawan mungkin bukanlah masalah kesehatan yang perlu dikhawatirkan. Hanya saja, saat mengalami sariawan, penderitanya sering kali merasa tidak nyaman dan nyeri yang cukup mengganggu. Untuk mengatasinya, kamu bisa menjadikan daun binahong sebagai salah satu alternatif pengobatan dengan cara meminum air rebusannya yang telah didinginkan.

11. Dapat Memberantas Jerawat

Bagi kebanyakan orang, memiliki jerawat terasa seperti mimpi buruk. Umumnya terjadi pada wajah, kemunculan jerawat sering kali memengaruhi penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Karenanya, saat memiliki jerawat, tak sedikit orang langsung panik dan mencari cara untuk segera menyembuhkannya.

Nah, jika kamu adalah salah satunya, daun binahong ini bisa menjadi alternatif alami yang ampuh untuk dipilih. Daun binahong dipercaya efektif untuk menjadi obat mengatasi masalah jerawat. Caranya cukup mudah, bubuhkan daun binahong yang telah dihaluskan pada permukaan wajah, serta meminum air rebusannya dengan ditambahkan sedikit madu. 

12. Sembuhkan Batuk dan Sesak Napas

Manfaat daun binahong lain yang tak kalah menariknya adalah menyembuhkan batuk dan sesak napas. Khasiat tersebut bisa menjadi solusi buat kamu yang merasa enggan untuk meminum obat berbahan kimia. Seperti kebanyakan manfaat daun binahong lainnya, kamu hanya perlu meminum air rebusan dari tanaman ini secara rutin untuk bisa merasakan khasiat yang satu ini.

13. Melancarkan Haid

Ada pula manfaat daun binahong untuk kaum hawa, yaitu melancarkan haid dan meredakan rasa tidak nyaman yang ditimbulkannya. Untuk bisa mendapatkan manfaat ini, kamu hanya perlu meminum air rebusan dari daun binahong dengan rutin. 

14. Mengatasi Masalah Lemah Syahwat

Khusus untuk kaum pria, lemah syahwat bisa menjadi masalah serius yang bisa mengganggu keharmonisan rumah tangga. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satunya adalah dengan membuat racikan herbal menggunakan daun binahong.

Tidak sulit, kamu hanya perlu merebus sekitar 3 sampai 10 lembar daun tersebut dengan dua gelas air. Setelah mendidih dan hanya tersisa sekitar 1 gelas air rebusan, kamu bisa langsung meminum racikan tersebut selagi hangat dengan rutin agar masalah lemah syahwat bisa teratasi. 

15. Tingkatkan Stamina dan Daya Tahan Tubuh

Cuaca tidak menentu, gaya hidup yang tak terjaga, dan beban pikiran sering kali membuat stamina dan daya tahan tubuh menurun. Nah, agar kondisi tubuh kembali optimal, kamu mungkin perlu mendapatkan manfaat dari daun binahongc, yaitu dengan cara meminum air rebusannya secara rutin, paling tidak sehari sekali. 

16. Meredakan Inflamasi

Manfaat lainnya dari daun satu ini adalah dapat meredakan inflamasi. Seperti disebutkan sebelumnya, daun ini mempunyai kandungan anti inflamasi yang mampu mengatasi masalah peradangan pada tubuh.

Kandungan ini diperoleh dari senyawa flavonoid yang tidak hanya mempunyai sifat anti peradangan tetapi juga anti bakteri dan antioksidan.

Kandungan ini dapat bekerja menghambat bakteri E.coli dan S.aereus yang dapat menjadi pemicu berbagai penyakit, salah satunya Infeksi Saluran Kemih (ISK).

17. Pengobat Gatal

Binahong memiliki kandungan flavonoid dan saponin yang sudah disebutkan di atas, kandungan yang mempunyai sifat anti jamur.

Sementara jamur bisa menjadi salah satu penyebab dari adanya iritasi kulit. Maka, daun ini bisa digunakan sebagai obat gatal-gatal pada kulit. Untuk penggunaanya dapat dilakukan dengan cara merebus beberapa helai daun binahong lalu untuk mandi, juga dapat diminum sebagai penangkal dari dalam tubuh.

 
Demikian Memahami, Ciri-Ciri, Kandungan, Jenis, Serta 17 Manfaat Binahong Bagi Kesehatan, Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sebagai penambah wawasan bagi kita semuanya.
Ingat, Tidak ada penyakit yang tidak dapat disembuhkan, kecuali malas berobat. Dan jangan lupa selain berusaha maka iringi dalam usaha tersebut dengan memanjatkan do'a, karena yang memberi kesebuhan hanyalah yang kuasa
Tetap ikuti Blog Topcoinbm.com yang membahas seputar Asuransi, Investasi, Kesehatan juga seputar bisnis, keuangan. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada saudara kamu agar bermanfaat untuk semuanya.

Terimakasih, Salam sehat dan Sukses Selalu ....Topcoinbm

0 Comments