Search

Mengenal Lebih Jauh Daun Pegagan, Pengertian, Ciri, Kandungan, Serta Manfaat Daun Pegagan

Topcoinbm.com - Mengenal Lebih Jauh Daun Pegagan, Pengertian, Ciri, Kandungan, Serta Manfaat Daun PegaganDaun Pegagan atau Centella Asiatica adalah merupakan tanaman liar yang dapat tumbuh subur di negara-negara Asia, seperti Jepang, India, Tiongkok juga di Indonesia. Tumbuhan ini sudah ada sejak ribuan tahun lalu juga terkenal sebagai pengobatan alternatif berbagai macam penyakit.
Daun Pegagan
Seringkali kita dengar bahwa daun pegagan atau centella asiatica memiliki banyak kandungan yang digunakan sebagai produk kecantikan. Namun, nyatanya daun pegagan juga dikenal bermanfaat untuk mencegah bahkan mengobati berbagai macam kesehatan tubuh kita.

Nama dari daun pegagan ini di Indonesia sangat beragam, Di daerah Sumatera pegagan disebut dengan daun kaki kuda, daun aga, pegaga, dan ambun. Di daerah Jawa pegagan mempunyai sebutan sebagai Gagan-gagan, ganggagan, kerok batok, pantegowang, panigowang, dan rending. Antanan, antanan gede, dan calingan rambat khusus wilayah Sunda.

Sedangkan pada wilayah timur seperti Maluku pegagan disebut dengan Koloditi menoreh dan saaroeti, Bugis Cipubalawo, Kori-kori di Halmahera. Di Bugis pegagan dikenaldengan Tungke – tungke, Wisu – wisu, dan Cipubalawo. 

Ciri Daun Pegagan

Daun pegagan mempunyai ciri khusus mulai dari bentuk daun hingga cara budidayanya. Pegagandapat tumbuh di sekitar pekarangan rumah, perkebunan juga peladangan. 

Pegagan merupakan tumbuhan terna atau dapat tumbuh merayap menutupi tanah, tidak mempunyai batang, dengan ketinggian tanaman antara 10 – 50 cm. Daunnya berbentuk ginjal dengan pinggirannya berombak dan bergerigi. Bunga berbentuk payung yang mempunyai warna kemerahan dan buahnya berwarna kuning – cokelat.

Pegagan dapat ditanam sampai dengan 2500 dpl, namun ketinggian tempat optimum adalah 200 – 800 m dpl. Tanaman ini umumnya diperbanyak secara vegetatif dengan menggunakan stolon atau tunas anakan, tetapi dapat pula diperbanyak dengan biji (secara generatif ). 

Benih yang akan di tanam harus sudah berstolon dengan disertai minimal 2 calon tunas. Benih berasal dari induk yang telah berumur minimal setahun. Walaupun pegagan berbiji, perbanyakan dilakukan melalui bagian stolon (vegetatif ), yang disemaikan terlebih dahulu selama 2 – 3 minggu. 

Kandungan Daun Pegagan

Daun pegagan banyak digunakan sebagai tanaman herbal yang dapat mengatasi berbagai macam penyakit, karena daun pegagan megandung nutrisi yang sangat melimpah. Mengandung berbagai macam senyawa bioaktif yang mempunyai peran sebagai antioksidan, antimikroba, dan antivirus.

Berikut kandungan yang terdapat pada daun pegagan:
  • Asiaticoside
  • Thankuniside
  • Isothankuniside
  • Madecassoside
  • Brahmoside
  • Brahmic acid
  • Brahminoside
  • Madasiatic acid
  • Meso-inositol
  • Centelloside
  • Carotenoids
  • Hydrocotylin
  • Vellarine
  • Tanin
  • Kalium
  • Natrium
  • Magnesium
  • Kalsium 
  • Glikosida triterpenoida
  • Zat vellarine


Manfa'at Daun Pegagan Bagi Kesehatan

Kandungan nutrisi yang dimiliki oleh pegagan cukup banyak tentunya membuat pegagan ini mempunyai banyak manfa'atnya, baik untuk kesehatan fisik ataupun kesehatan mental. Berikut manfa'at dari daun pegagan, yang admin rangkum dalam sebuah artikel Mengenal Lebih Jauh Daun Pegagan, Pengertian, Ciri, Kandungan, Serta Manfaat Daun Pegagan.

Kandungan nutrisi yang banyak terdapat pada pegagan ini terbukti mengatasi berbagai macam penyakit yang ada, ekstrak daun pegagan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Penasaran dengan manfaatnya? Yuk, simak langsung manfa'at daun pegagan bagi kesehatan tubuh kita.

1. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka dan Bekas Luka

Manfa'at atau kasiat daun pegagan yang cukup terkenal adalah sebagai pembalut luka atau obat luka , daun pegagan mengandung senyawa antioksidan yang memiliki efek penyembuhan pada berbagai jenis luka.

Cara penggunaannya cukup oleskan salep yang mengandung ekstrak pegagan 1% ke daerah yang terkena luka seperti luka sayatan akibat benda tajam, robekan tidak teratur yang disebabkan oleh trauma benda tumpul, dan jaringan yang terinfeksi, beberapa kali sehari.

2. Mengurangi Kecemasan, Stres dan Depresi

Depresi dapat terjadi pada siapapun, tanpa memandang usia, namun sering terjangkit bagi orang yang berusia 17 tahun keatas. Stres dan depresi dapat hadir di saat tertimpa permasalahan yang cukup pelik, yang membuat aktifitas kerja otak semakin meningkat.

Daun pegagan mengandung asam asiatat yang dapat mengontrol aktivitas neurotransmiter yang disebut gamma-aminobutyric acid (GABA). Berfungsi dapat mengurangi stres dan depresi, cukup aman digunakannya untuk  mengatasi masalah stres dan depresi jika dibandingkan dengan obat kimia lainnya. 

3. Membantu Meringankan Insomnia

Insomia adalah salah satu penyakit yang menyebabkan penderitanya tidak bisa tidur atau sulit untuk tidur. Walaupun sebenarnya banyak waktu untuk melakukan tidur, namun penderita insomia akan sulit bahkan tidak dapat tidur. 

Penderita Insomia akan menyebabkan gangguan pada aktifitas keesokan harinya. Pada umumnya orang membutuhkan sedikitnya 8 jam dalam sehari, karena menderita insomia maka penderita akan mengalami kekurangan tidur. 

Dengan menggunakan daun pegagan ini penderita Insomia akan terobati, beberapa orang meyakini bahwa obat herbal yang berbahan dasar dari pegagan ini dapat dijadikan sebagai alternatif untuk menghilangkan insomia.

4. Membantu Meredakan Nyeri Sendi

Sifat anti-inflamasi yang dimiliki oleh pegagan berguna dan mampu dalam mengobati radang sendi. Mengonsumsi ekstrak pegagan ini dapat mengurangi peradangan sendi, erosi tulang rawan, dan erosi tulang. Efek antioksidannya juga berdampak positif pada sistem kekebalan tubuh.

5. Membantu Mengurangi Stretch Mark

Daun pegagan ini dipercayai juga dapat mengurangi munculnya stretch mark dan mencegah munculnya selulit baru pada kulit.

Zat Terpenoid yang ditemukan pada pegagan dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Hal ini dapat membantu mencegah terbentuknya stretch mark baru, serta membantu menyembuhkan selulit yang sudah ada.

6. Mengobati dan Mencegah Jerawat

Kandungan centella asiatica atau pegagan dapat mempercepat proses pemulihan sekaligus dapat membersihkan luka bekas jerawat, hingga tanpa meninggalkan bekas.

Karena daun pegagan dinilai efektif dalam meningkatkan produksi kolagen, daun pegagan ini juga mampu mencegah pembentukan luka bekas jerawat atau hiperpigmentasi.

7. Membantu Mengobati Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah salah satu penyakit otak yang menyebabkan penurunan daya ingat, menurunnya kemampuan dalam berpikir dan berbicara, hingga sampai perubahan perilaku. Penyakit sejenis ini dapat memburuk seiring waktu sehingga membuat penderitanya tidak mampu lagi melakukan pekerjaan sehari-hari.

Seiring berjalannya waktu penyakit alzheimer bisa berkembang dan dapa tmempengaruhi kinerja otak. Diawali dengan gejala yang ringan, mulai dari lupa nama benda, percakapan, atau bahkan peristiwa yang baru saja terjadi.

Ekstrak daun pegagan memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya ingat dan juga fungsi syaraf, yang memberikan potensi dalam mengobati penyakit Alzheimer.

Di dalam penelitian, terbukti ekstrak pegagan memiliki efek sederhana dalam melindungi sel-sel otak dari toksisitas. Ekstrak pegagan juga dapat melindungi sel dari pembentukan plak yang terkait dengan Alzheimer.

8. Membantu Meningkatkan Fungsi Kognitif

Sebuah studi kecil tahun 2016 membandingkan efek ekstrak pegagan dan asam folat dalam meningkatkan fungsi kognitif setelah stroke.

Studi ini menilai dampaknya pada tiga kelompok peserta; satu mengonsumsi 1.000 miligram (mg) pegagan per hari, satu mengonsumsi 750 mg pegagan per hari, dan satu mengonsumsi 3 mg asam folat per hari.

Meskipun pegagan dan asam folat sama-sama bermanfaat dalam meningkatkan kognisi secara keseluruhan, pegagan lebih efektif dalam meningkatkan domain memori.

9. Mengatasi Penuaan Dini

Semakin bertambahnya usia maka produksi kolagen alami di dalam tubuh juga akan semakin berkurang. Padahal, kolagen merupakan protein yang memiliki peranan penting dalam mengatasi penuaan dini karena kolagen dapat menjaga elastisitas kulit terutama pada kulit wajah dan leher.

Menurut penelitian, daun pegagan secara efektif mampu membantu dalam produksi kolagen alami di dalam tubuh sehingga menghambat penuaan pada kulit wajah dan leher.

10. Mengatasi Masalah Pencernaan

Diketahui memiliki kandungan antibakteri, daun pegagan dinilai efektif untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti diare. Sejumlah masalah pencernaan lainnya, seperti perut kembung dan asam lambung, juga dapat diatasi dengan mengonsumsi daun herbal ini.

11. Memperlancar Sirkulasi Darah dan Mengurangi Pembengkakan

Penelitian pada 2001 menemukan bahwa pegagan dapat mengurangi masalah retensi cairan dan pembengkakan pergelangan kaki.

Penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa pegagan dapat bermanfaat dalam mengobati varises. Ini mungkin karena pegagan memiliki efek metabolik positif pada jaringan ikat dinding pembuluh darah.


Tidak hanya sebagai ramuan obat herbal, daun pegagan juga bisa dijadikan sebagai menu masakan yang lezat. Salah satu cara untuk mengkonsumsi daun pegagan adalah dengan menumisnya.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menumis lada, bawang merah dan bawang putih hingga harum. Lalu masukkan daun pegagan yang sudah dicuci bersih secukupnya dan aduk hingga bumbu merata.

Tak lupa untuk menambahkan garam, gula, saus tiram, dan sedikit kecap manis sesuai selera. Selain rasanya yang lezat, tumisan ini bisa menjadi salah satu cara mudah untuk mendapatkan ragam manfaat dan khasiat dari daun pegagan.


Itulah manfaat dari daun pegagan bagi kesehatan tubuh. Walaupun sudah terbukti khasiatnya, beberapa masih perlu penelitian lebih lanjut. Bagi kamu yang tertarik untuk mengonsumsi obat herbal, jangan lupa konsultasi terlebih dahulu ke dokter ya, Toppers!

Aturan aman pemakaian daun pegagan


Daun pegagan tersedia dalam bentuk segar yang cocok untuk diolah menjadi salad, tumis sayuran, maupun campuran urap.

Lebih praktisnya, manfaat daun pegagan juga bisa Anda rasakan dalam bentuk suplemen oral, misalnya teh herbal, kapsul, atau tablet.

Ekstrak Centella asiatica sebagai produk perawatan kulit umumnya tersedia dalam bentuk krim, produk pelembap, serum, ampoule, dan masker.

Bahan aktif ini menembus ke dalam lapisan kulit Anda dan bekerja langsung pada tingkat sel untuk mengatasi masalah kulit.

Tidak ada aturan khusus untuk menggunakan produk skin care yang mengandung Centella asiatica. Hal utama yang perlu Anda lakukan adalah mengenali jenis kulit.

Jika Anda memiliki kulit berminyak, hindari produk krim yang berat untuk kulit. Pilihlah serum, face mist, atau masker yang mengandung ekstrak herbal ini.

Sementara itu, bila Anda memiliki kulit sensitif lebih baik menggunakan pelembap atau serum yang dapat menyerap lebih baik dibandingkan produk lain, seperti masker.


Mengenal Lebih Jauh Daun Pegagan, Pengertian, Ciri, Kandungan, Serta Manfaat Daun Pegagan

Efek samping daun pegagan

Secara umum daun pegagan aman untuk orang dewasa. Namun, anak-anak di bawah usia 18 tahun tidak dianjurkan untuk menggunakan tanaman herbal ini.

Pemakaian produk skin care yang mengandung Centella asiatica umumnya aman, asalkan tidak digunakan melebihi batas anjuran.

Paparan senyawa daun pegagan dalam jumlah besar pada kulit bisa menyebabkan sensasi terbakar hingga reaksi alergi kulit pada beberapa orang.

Sementara itu, minum suplemen daun pegagan dalam sebagian kasus dapat menyebabkan efek samping ringan, seperti pusing, sakit kepala, dan sakit perut.

Sebaiknya Anda tidak menggunakan ekstrak pegagan selama lebih dari enam minggu tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Hindari penggunaan pada orang dengan riwayat penyakit hati (liver) dan kanker kulit. Pasalnya, kandungan pada tanaman ini berbahaya untuk hati dalam jangka panjang.

Untuk merasakan manfaat daun pegagan, selalu ikuti anjuran pemakaian pada label kemasan produknya.


Demikian Mengenal Lebih Jauh Daun Pegagan, Pengertian, Ciri, Kandungan, Serta Manfaat Daun Pegagan, Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sebagai penambah wawasan bagi kita semuanya.
Ingat, Tidak ada penyakit yang tidak dapat disembuhkan, kecuali malas berobat. Dan jangan lupa selain berusaha maka iringi dalam usaha tersebut dengan memanjatkan do'a, karena yang memberi kesebuhan hanyalah yang kuasa
Tetap ikuti Blog Topcoinbm.com yang membahas seputar Asuransi, Investasi, Kesehatan juga seputar bisnis, keuangan. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada saudara kamu agar bermanfaat untuk semuanya.

Terimakasih, Salam sehat dan Sukses Selalu ....Topcoinbm

0 Comments