Search

Mengenal Lebih Dekat Daun Pepaya, Kandungan, Ciri-Ciri dan 13 Manfa'at Daun Pepaya

Topcoinbm.com - Mengenal Lebih Dekat Daun Pepaya, Kandungan, Ciri-Ciri dan 13 Manfa'at Daun PepayaPepaya adalah salah satu tanaman yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat sekita kita. Dapat dikatakan hampir mayoritas tanaman satu ini dimiliki oleh kita, baik sengaja di tanam ataupun tumbuh secara mandiri.
Manfa'at Daun Pepaya 
Dalam memanfaatkan hasil tanaman jenis ini banyak caranya, ada yang diambil buahnya sebagai sayur, di konsumsi buahnya, ada yang daunnya untuk lalapan juga sayur. 

Pengertian dan Ciri Tanaman Pepaya

Nama pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda, "papaja", yang pada gilirannya juga mengambil dari nama bahasa Arawak, "papaya". Dalam bahasa Jawa pepaya disebut "kat├Ęs" ada juga  yang memberi nama "Gandul" dan dalam bahasa Sunda "gedang".

Daun pepaya adalah daun yang berasal dari tumbuhan pepaya (Carica papaya). Daun pepaya muda kerap diolah menjadi sayuran di beberapa daerah di Indonesia. Disamping dapat diolah menjadi makanan, daun pepaya dapat pula dijadikan obat untuk beberapa jenis penyakit. 

Helaian daun pepaya berbentuk menyerupai tangan manusia. Apabila daun pepaya dilipat tepat di tengah, maka akan tampak bahwa daun pepaya berbentuk simetris.

Dalam pemanfaatannya bagi masyarakat di Indonesia ada beberapa macam, mulai dari buahnya yang masih muda untuk sayuran, saat sudah tua atau sudah masak di konsumsi sebagai buah segar juga koktail buah dan lotis.

Selain daging buah pepaya daunnya dapat digunakan sebagai sayuran dan pelunak daging. Daun pepaya muda dimakan sebagai lalapan (setelah dilayukan dengan air panas) atau dijadikan pembungkus buntil. Oleh orang Manado, bunga pepaya yang diurap menjadi sayuran yang biasa dimakan. Getah pepaya (dapat ditemukan di batang, daun, dan buah).

Kandungan Gizi

Daun pepaya memiliki kandungan gizi yang cukup beragam diantaranya adalah sebagai berikut: 
  • Vitamin A 18250 SI, 
  • Vitamin B1 0,15 miligram per 100 gram, 
  • Vitamin C 140 miligram per 100 gram daun pepaya, 
  • Kalori 79 kal per 100 gram, protein 8,0 gram per 100 gram, 
  • Lemak 2,0 gram per 100 gram, 
  • Hidrat arang/karbohidrat 11,9 gram per 100 gram, 
  • Kalsium 353 miligram per 100 gram, dan air 75,4 gram per 100 gram. 
  • Daun pepaya juga mengandung carposide yang dapat berfungsi sebagai obat cacing. 
  • Daun pepaya mengandung zat papain yang tinggi sehingga menjadikan rasanya pahit, namun zat ini justru bersifat stomakik yaitu dapat meningkatkan nafsu makan.

Ciri-Ciri Daun Pepaya

Ruas-ruas batang merupakan tempat melekatnya tangkai daun yang panjang, berbentuk bulat, dan berlubang. Daun pepaya bertulang menjari dengan warna permukaan atas hijau-tua, sedangkan warna permukaan bagian bawah hijau-muda.

Tulang daunya memiliki 5 Costa atau ibu tulang yang disertai dengan nervus lateralis atau yang disebut cabang tulang dan Urat daun atau yang disebut vena.

Manfaat Daun Pepaya

Selain daunnya yang dimanfaatkan sebagai sayuran dan lalapan seperti di sebutkan di atas,daun pepaya juga dapat dibuat dalam bentuk olahan daun pepaya, seperti teh, ekstrak, tablet, dan jus, sering digunakan untuk mengatasi penyakit dan meningkatkan kesehatan dengan berbagai cara.

Adapun manfaat daun pepaya untuk pengobatan penyakit, antara lain:

1. Obat Demam Berdarah

Demam berdarah adalah salah satu jenis penyakit yang masih ada di sekitar kita hingga saat ini. Salah satu jenis penyakit yang menjadimesin pembunuh yang cukup besar. Demam berdarah disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang banyak bersarang dilingkungan kita.

Manfaat daun pepaya untuk yang pertama adalah dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit dalam darah. Sebab, penyakit ini pemicu trombosit dalam darah dapat berkurang secara drastis.

Akibat dari menurunnya kadar trombosit dalam darah akan meningkatkan risiko perdarahan dan berpotensi fatal apabila kondisi ini tidak segera ditangani.

Ahli gizi yang berbasis di Bangalore, Dr. Sheela Krishnaswamy mengatakan, "Sebuah studi telah membuktikan bahwa jus daun pepaya berkontribusi secara signifikan dalam produksi trombosit dan meningkatkan jumlah trombosit."

2. Mengatasi Jerawat dan Bintik Hitam

Manfaat daun pepaya selanjutnya yaitu karena memiliki kandungan vitamin C dan A yang dapat meningkatkan kesehatan kulit, khususnya kulit wajah.

Kandungan senyawa antioksidan yangterdapat pada daun pepaya mampu menangkal radikal bebas pada kulit.

Mikro-organisme berlebih yang ada pada kulit adalah salah satu faktor sebagaipemicu tumbuhnya jerawat pada kulit wajah. Dengan adanya senyawa karparin yang terdapat pada daun pepaya ini akan mempu mencegah pertumbuhan mikro-organisme tersebut. 

Dengan secara rutin dan teratur mengonsumsi jus pepaya, ini akan memberikan perlindungan terhadap masalah kulit sepertii bintik-bintik hitam, jerawat aktif serta warna kulit tidak merata. Manfaat daun pepaya ini memberikan kulit yang lebih sehat dan bercahaya.

3. Menurunkan Gula Darah

Diabetes atau gula darah salah satu penyakit yang banyak diderita oeh masyarakat, daun pepaya dapat digunakan sebagai obat tradisional yang dapat mengantut kontrol gula darah dalam tubuh.

Telah diuji coba pada hewan yang terjangkit diabetes telah menemukan ekstrak daun pepaya memiliki efek antioksidan dan mampu menurunkan gula darah yang kuat.

Pepaya mengandung enzim papain dan chymonpapain. Manfaat daun pepaya pada enzim tersebut, telah terbukti membantu pencernaan, mencegah sembelit, dan membersihkan usus besar.

4. Pereda Nyeri Haid

Datang bulan atau menstruasi adalah salah satu proses alami seorang perempuan yaitu sebuah proses dekuamasi atau meluruhnya dinding rahim bagian dalam yang keluar melalui vagina. Menstruasi atau haid yang dialami oleh para wanita terkadang dibarengi dengan rasa nyeri.

Menurut sebuah penelitian dari Research Gate, telah menemukan manfaat dari daun pepaya yang bekerja sangat baik untuk memperlancar aliran darah haid dan dapat mengurangi rasa sakit.

Sifat antiradang yang terdapat pada daun pepaya terbukti manjur menyeimbangkan hormon dan mengatur siklus menstruasi. Para penderita ini tidak perlu kawatir, daun pepaya dapat mengurangi nyeri haid dengan cara diolah dibuat sebagai jus dan diminum.

Cara membuatnya ambil satu daun pepaya, sedikit garam dan asam jawa, campur semuanya dalam segelas air dan didihkan. Jus daun pepaya ini akan sangat membantu rasa sakit yang alami.

5. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Menurut studi yang diterbitkan dalam International Journal of Trichology, manfaat ekstrak daun pepaya yang lain yaitu dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, mencegah kebotakan, dan penipisan rambut.

Kandungan senyawa yang terdapat pada daun pepaya dapat digunakan sebagai sampo anti ketombe. Komponen alkaloid juga efektif menghilangkan kotoran dan minyak dari kulit kepala. Manfaat daun pepaya juga bisa berfungsi sebagai kondisioner alami dan mengembalikan kilau yang hilang pada rambut.

6. Mencegah Sel Kanker

Daun pepaya telah digunakan dalam praktek pengobatan tradisional untuk mencegah dan mengobati jenis kanker tertentu, namun penelitian modern masih dibutuhkan lebih banyak.

Dalam studi yang diterbitkan di Frontiers in Pharmacology, tak ada salahnya mencoba manfaat daun pepaya ini untuk menghambat pertumbuhan sel kanker prostat dan payudara.

Selain itu, perlu diimbangi dengan asupan makanan yang tinggi antioksidan dalam menangkal radikal bebas dan pertumbuhan sel kanker.

8. Menjaga Fungsi Liver

Tingkatkan fungsi hati dengan manfaat daun pepaya selanjutnya. Penyakit hati atau liver, ditandai dengan kulit atau mata menguning. Tak jarang, banyak orang mengalami perut terasa nyeri dan bengkak.

Manfaatnya dapat mencegah dan mengobati seseorang dari penyakit hati kronis, seperti ikterus, sirosis, dan kanker liver. Manfaat daun pepaya secara alami mendetoksifikasi hati, dan membersihkan racun dari hati.

9. Mengatasi Demam Malaria

Melansir Mayo Clinic, malaria adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit. Parasit tersebut menyebar ke manusia melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi. Orang yang menderita malaria biasanya merasa demam tinggi, nyeri di sekujur tubuh dan menggigil.

Manfaat daun pepaya tak hanya untuk demam berdarah, melainkan juga malaria. Sari pada daun pepaya memiliki senyawa acetegonin yang bekerja efektif untuk mengobati penyakit malaria. Hal tersebut dapat membantu mengatasi demam malaria, meski secara tidak langsung.

10. Menambah Nafsu Makan

Selain orang dewasa, daun pepaya juga bisa dikonsumsi anak-anak. Manfaat daun pepaya untuk anak-anak adalah dapat meningkatkan nafsu makannya. Sangat cocok untuk Si Kecil yang sulit makan. Pilihkah daun pepaya segar, lalu tambahkan sedikit garam dan setengah cangkir air hangat.

Campur lalu saring airnya. Meski terasa sedikit pahit, air rebusan ini dapat digunakan untuk menambah nafsu makan Si Kecil.

11. Menambah Stamina Tubuh

Salah satu manfaat daun pepaya yang tidak kalah penting adalah sumber energi dan stamina untuk tubuh. Pepaya adalah sumber serat makanan, vitamin C, vitamin A, vitamin E, dan asam folat yang sangat baik.

Khasiatnya sekaligus kaya akan antioksidan, flavonoid, dan karoten untuk meningkatkan imunitas. Manfaat daun pepaya juga mengandung enzim papain dan chymopapain, yang merupakan bahan penting untuk tubuh yang sehat.

Seluruh enzim dalam pepaya ini berperan aktif dalam mengontrol semua fungsi mental dan fisik manusia.

12. Menjaga Kesehatan Mata

Zeaxanthin, antioksidan yang ditemukan dalam manfaat daun pepaya, dapat menyaring sinar cahaya biru yang berbahaya. Cahaya biru adalah pancaran yang dihasilkan dari gadget atau peralatan elektronik.

Studi dalam Archives of Ophthalmology menemukan, manfaat daun pepaya memainkan peran pelindung dalam kesehatan mata, dan dapat menangkal degenerasi makula.

Ini adalah satu penyakit mata yang menyebabkan kehilangan penglihatan. Biasanya, perkembangan degenerasi makula ini dipicu dari faktor usia.

13. Meningkatkan Suplai ASI

Jika seorang ibu dalam masa menyusui Si Kecil? Perbanyak konsumsi daun pepaya mulai sekarang yuk. Studi yang diterbitkan dalam International Conference on Healthcare and Allied Sciences, manfaat daun pepaya selanjutnya adalah dapat meningkatkan suplai ASI pada ibu menyusui.

Daun pepaya merupakan salah satu sumber yang mengandung quercetin yang dapat mengaktifkan hormon prolaktin dan membantu meningkatkan produksi ASI.

Adapun manfaat lainnya dari daun pepaya ini masih banyak lagi, da;pat digunakan sebagai pakan ternak, seperti bebek yang dijadikan sebagai suplemen untuk kesehatan bebek kecil. Daun pepaya juga  dapat dimanfaatkan sebagai pakan untuk ikan bawal yang sedang dalam tahap pembesaran. 

Daun yang masih segar sebaiknya dilayukan terlebih dahulu sebelum diumpankan pada ikan untuk mengurangi kandungan air di dalamnya. Bahan aktif papain dalam daun pepaya dapat digunakan untuk membuat pestisida nabati, caranya 1 kg daun pepaya dirajang lalu direndam dalam 10 liter air yang dicampur dengan 2 sendok makan minyak tanah, dan 50 gram detergen selama semalam.


Demikian Mengenal Lebih Dekat Daun Pepaya, Kandungan, Ciri-Ciri dan 13 Manfa'at Daun Pepaya, Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sebagai penambah wawasan bagi kita semuanya.
Ingat, Tidak ada penyakit yang tidak dapat disembuhkan, kecuali malas berobat. Dan jangan lupa selain berusaha maka iringi dalam usaha tersebut dengan memanjatkan do'a, karena yang memberi kesebuhan hanyalah yang kuasa
Tetap ikuti Blog Topcoinbm.com yang membahas seputar Asuransi, Investasi, Kesehatan juga seputar bisnis, keuangan. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada saudara kamu agar bermanfaat untuk semuanya.

Terimakasih, Salam sehat dan Sukses Selalu ....Topcoinbm

0 Comments