Search

Pengertian Asuransi, Fungsi atau Manfaat dan Jenis Asuransi Bagi Kehidupan

Topcoinbm.comPengertian Asuransi, Fungsi atau Manfaat dan Jenis Asuransi Bagi Kehidupan  -  Sepertinya jika kita mendengar kata asuransi, sudah tidak asing lagi bagi telinga kita. Namun apabila mendengar kalimat yang berkaitan dengan asuransi seolah mempunyai kesan yang negative. Terlebih lagi terdengar dengan sebutan agen asuransi, maka kita segera menghindarinya.
Pengertian, Manfaat dan Jenis Asuransi

Hal tersebut dikarenakan beberapa sebab banyaknya kasus pengelola atau perusahaan asuransi yang sulit bagi para nasabah saat mengajukan klaim. Tidak terpenuhinya hak nasabah saat klaim, sulitnya proses klaim dan masih banyak lagi kasus dalam asuransi. 

Hal itu menjadi salah satu darii sebab utama alergi jika ada tawaran terkait asuransi. Hingga cenderung menutup diri saat adanya tawaran untuk ikut program asuransi, baik itu oleh agen asuransi ataupun perusahaan yang besar sekalipun.

Kemudian apakah sebenarnya Asuransi itu? Apakah benar-benar merugikan bagi para nasabahnya? 

Untuk lebih jelasnya yuk kita simak, Pengertian, Fungsi, juga contoh-contoh asuransi pada artikel ini, agar kita tidak gagal paham dengan kata Asuransi ini.

Pengertian Asuransi

Asuransi adalah sebuah bentuk perjanjian diantara kedua belah pihak, yaitu Tertanggung (nasabah) dan Penanggung (Pengelola), dengan ketentuan Tertanggung membayar sebuah iuran kepada Penanggung demi mendapatkan bentuk ganti rugi atas risiko finansial yang bisa saja terjadi pada waktu yang tidak terduga.

Dalam konteks dunia yang sudah modern, Penanggung berarti perusahaan asuransi yang ada, sementara pengertian dari Tertanggung adalah nasabahnya. 

Pengertian Asuransi Menurut Para Ahli

Sesuai UU Republik Indonesia No. 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian:
“Asuransi adalah perjanjian antara dua pihak, yaitu perusahaan asuransi dan pemegang polis, yang menjadi dasar bagi penerimaan premi oleh perusahaan asuransi sebagai imbalan"

Ketentuan asuransi sesuai dengan UU RI No. 40 Tahun 2014, mempunyai fungsi-fungsi antara lain adalah sebagai berikut: 

  1. Memberikan penggantian kepada tertanggung atau pemegang polis karena berbagai macam kerugian, kerusakan, biaya yang timbul, kehilangan keuntungan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin diderita tertanggung atau pemegang polis karena terjadinya suatu peristiwa yang tidak pasti; atau
  2. Memberikan pembayaran yang didasarkan pada meninggalnya tertanggung atau pembayaran yang didasarkan pada hidupnya tertanggung dengan manfaat yang besarnya telah ditetapkan dan/atau didasarkan pada hasil pengelolaan dana.”
Jika kita lihat pengertian Asuransi sesuai dengan KBBI:
“(Asuransi, sebagai kata kerja, adalah) pertanggungan (perjanjian antara dua pihak, pihak yang satu berkewajiban membayar iuran dan pihak yang lain berkewajiban memberikan jaminan sepenuhnya kepada pembayar iuran apabila terjadi sesuatu yang menimpa pihak pertama atau barang miliknya sesuai dengan perjanjian yang dibuat)”

Apa Sajakah Unsur Asuransi?

Di dalam permasalahan Asuransi ini memiliki 3 unsur utama, yaitu premi asuransi, polis asuransi, dan klaim asuransi
  1. Premi Asuransi adalah iuran biaya yang harus dibayarkan oleh nasabah selama jangka waktu dan jumlah yang sudah disepakati. Sudah menjadi kebiasaan premi bisa dibayarkan secara bulanan, semesteran, hingga tahunan.
  2. Polis Asuransi adalah sebuah dokumen sah yang mengatur tentang perjanjian asuransi. Mulai dari nilai manfaat, besaran premi, risiko yang ditanggung, hingga pengecualian (risiko yang tidak ditanggung oleh asuransi). Polis asuransi bersifat legal dan mengikat secara hukum. Jika ada pihak yang menyalahi aturan polis, maka pihak lainnya berhak untuk menghentikan kerja sama atau bahkan menggugat pihak tersebut.
  3. Klaim Asuransi adalah proses pengajuan resmi kepada pihak perusahaan asuransi ketika nasabah mengalami risiko yang ditanggung dalam polis asuransi. Jika klaim asuransi yang dibuat sesuai dengan ketentuan tertera dalam polis, maka perusahaan asuransi akan memberikan sejumlah uang sebagai ganti rugi atas risiko finansial yang dialami nasabah.

Fungsi dan Manfaat Asuransi

Adapun fungsi utama dari asuransi adalah untuk membantu para nasabah untuk mengatasi risiko tak terduga dalam hidup. Asuransi memang tidak menjamin bahwa risiko tersebut akan hilang, tapi setidaknya nasabah mampu meminimalisir kerugian finansial yang dialami akibat risiko tersebut.

Dari sekian banyak manfaat dari asuransi setidaknya, disini admin akan sampaikan lima manfaat Asuransi yang bisa diperoleh bagi nasabah, yaitu:
  1. Melindungi pendapatan dari risiko yang datang tiba-tiba.
  2. Melindungi uang yang disimpan untuk mewujudkan rencana masa depan.
  3. Melindungi masa depan keluarga ketika kematian datang.
  4. Melindungi kesehatan fisik dan mental ketika terjadi risiko kecelakaan.
  5. Memberikan perlindungan masa depan dari investasi.
Kamu perlu mengingat bahwa fungsi asuransi bukanlah sebagai suatu kepastian bahwa uang kita akan kembali dan dalam jumlah lebih besar. Peran utama dari asuransi bukanlah untuk mendapatkan uang lebih banyak, seperti investasi, tetapi berfokus pada perlindungan atas risiko yang kita tidak bisa prediksi. 

Dengan arti yang lain, asuransi adalah merupakan cara kita untuk expect the unexpected (mempersiapkan hal yang tidak bisa kita persiapkan). Mulai dari risiko kecelakaan, risiko jatuh sakit, hingga risiko kehilangan pencari nafkah utama di keluarga. Semuanya ini risiko yang dicover oleh asuransi. 

Pengertian Asuransi, Fungsi atau Manfaat dan Jenis Asuransi Bagi Kehidupan

Mengenal Jenis-Jenis Asuransi

Jika kita berbicara tentang jenis asuransi, tentunya sudah banyak yang pernah kita dengar. Mulai dari asuransi yang bersifat pribadi juga kekeluargaan. Risiko yang dilindungi setiap asuransi pun berbeda-beda. Namun, pada dasarnya berikut beberapa jenis asuransi yang paling umum dimiliki orang.

Jenis asuransi tersebut antara lain sebagai berikut:

Asuransi Jiwa

Asuransi Jiwa biasanya dipakai untuk melindungi risiko meninggal dunia bagi pencari nafkah utama di dalam keluarga. Atau diakibatkan sakit yang tiba-tiba, menderita cacat total yang permanen akibat sakit ataupun kecelakaan. Asuransi jiwa ini adalah salah satu asuransi yang lumayan banyak dimiliki masyarakat kita.

Pahami terlebih dahulu jika ingin memiliki asuransi jiwa ini, ada yang memberikan klaim setelah kematian ada juga yang memperbolehkan nasabah mengajukan klaim sebelum kematian.

Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan adalah sebuah asuransi yang sangat familier di kalangan masyarakat kita. Dengan risiko penyakit yang bisa terjadi pada siapapun dan kapapun penyakit itu datang. Asuransi kesehatan ini banyak diminati sebab biaya kesehatan yang meningkatkan, maka kita tidak heran jika jenis asuransi yang satu ini sangat populer karena di dalam asuransi kesehatan terdapat asuransi rawat jalan dan asuransi rawat inap, serta asuransi kesehatan dengan santunan harian.

Asuransi Pendidikan

Biaya pendidikan yang kian meroket semakin sulit untuk dijangkau bagi kalangan masyarakat biasa, oleh sebab itu tidak ada salahnya jika kamu memulai menabung sejak dini untuk asuransi pendidikan bagi anak-anak kita.

Asuransi pendidikan ini biasanya ada dua jenis yang ditawarkan, yaitu Asuransi dwiguna dan Asuransi unit link. Asuransi dwiguna, adalah produk gabungan antara proteksi jiwa yang dikombinasikan dengan instrumen pasar seperti deposito. Asuransi jenis ini akan melindungi biaya pendidikan anak bila orang tua mendadak meninggal atau cacat total hingga sampai tidak mampu lagi mencari nafkah dan biaya pendidikan.

Sedangkan Asuransi pendidikan unit link, adalah merupakan kombinasi antara Asuransi jiwa dan investasi. Keuntungan dari komponen investasi dibagi sesuai dengan jenjang pendidikan anak yang akan ditempuh.

Asuransi Rumah

Sudah kita ketahui semua bahwa rumah adalah salah satu kebutuhan primer kita. Tidak hanya jiwa saja, namun harta benda kita, barang yang kita punya pun bisa mengalami risiko. Untuk itu, asuransi rumah menjamin kerusakan dadakan pada rumah kamu, seperti halnya adanya kebakaran, pencurian, dan lainnya.

Asuransi Kendaraan

Sama persis dengan asuransi rumah, kendaraan yang kita miliki juga sangat rentan untuk mengalami kerusakan yang tak terduga, suatu misal terjadinya kecelakaan atau kehilangan yang disebabkan pencurian.

Selain untuk menjamin dari kecelakaan, kehilangan juga bermanfaat untuk meningkatkan harga jual kendaran yang kita miliki. Jika kendaraan kita asuiransikan kita akan merasa lebih tenang dari rasa kerusakan yang mendadak.

Asuransi Kecelakaan

Asuransi yang satu ini jarang diminati dikalangan para pekerja, dengan alasan sudah mempunyai asuransi di dalam perusahaan tempat kerja. Padahal kita tidak mengetahui kapan dan dimana saja bisa terjadi sebuah kecelakaan yang sama sekali tidak kita inginkan.

Asuransi Penyakit Kritis

Asuransi penyakit kritis ini hampir sama dengan asuransi kesehatan. Kenapa asuransi penyakit kritis ini juga wajib kita miliki. Meskipun kita hidup mencoba untuk sesehat mungkin, setiap orang pastinya mempunyai risiko untuk terjangkit penyakit kritis. Seperti stroke, kanker, hingga penyakit jantung, dan semua penyakit kritis yang sifatnya tak terduga. Bahkan biaya untuk membayar tagihan rumah sakitnya pun sangat mahal, oleh karena itu membutuhkan asuransi.

Asuransi Perjalanan

Sudah menjadi kebiasaan di saat kita bepergian menggunakan kendaraan seperti kapal, pesawat juga kereta api, tiket yang kita beli itu harganya sudah termasuk asuransi perjalanan. Semuanya mempunyai pilihan asuransi perjalanan masing-masing, yang sangat berguna untuk proteksi delay ataupun kerusakan bagasi.

Dari kesemua jenis asuransi yang dipilih pun tentunya akan berbeda untuk setiap orang. Hal ini di sebabkan karena adanya beberapa jenis asuransi yang lebih dibutuhkan, seperti halnya asuransi kesehatan dan asuransi jiwa, namun juga ada yang bersifat sekunder, seperti pendidikan atau kendaraan. 


Setelah kita mengetahui Pengertian Asuransi, Fungsi atau Manfaat dan Jenis Asuransi Bagi Kehidupan, Semua tergantung dari pribadi kita masing-masing, mau memilih asuransi yang mana, primer atau sekunder, atau bahkan keduanya yang dianggap penting demi kehidupan kita.

Terimakasih, Wassalam......

0 Comments