Search

7 E-Wallet atau Dompet Digital Yang Ternama di Indonesia, Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Topcoinbm.com - 7 E-Wallet atau Dompet Digital Yang Ternama di Indonesia, Beserta Kelebihan dan KekurangannyaKemajuan jaman sudah tidak dapat dipugkiri lagi, dari tahun ke tahun inovasi selalu berubah. Kemajuan jaman yang semakin maju yang diiringi pula dengan kemajuan teknologi. Saat ini semuanya serba canggih, serba digital, serba online. Belajar online, berbelanja online, transportasi online hingga kebutuhan sehari-hari saja juga online. 
E-Wallet Ternama di Indonesia
Bahkan transaksi pembayaran pun kini banyak dilakukan oleh masyarakat secara online, yaitu menggunakan dompet digital. Seperti halnya pembayaran tagihan, listrik, telephon, pembelian pulsa dan lain sebagainya semua dilakukan dengan dompet digital.

Dompet digital atau E-wallet saat ini sudah menjadi solusi dalam keseharian masyarakat kita. Mungkin masih saja ada yng belum memahami tentang dompet digital atau e-wallet ini. Apa sebenarnya e-wallet itu? Apa saja jenisnya? Apa kelemahan juga kelebihan dari e-wallet? Yuk kita simak uraian berikut ..... 


Apakah Itu Sebenarnya Dompet Digital atau E-Wallet?

Secara global, E-Wallet adalah Sebuah perangkat elektronik yang tersedia pada smartphone android yang dapat diinstall dengan cepat dan mudah tersedia di Play store. Sebuah aplikasi yang memanjakan penggunanya untuk melakukan berbagai macam transaksi secara online. Sangat cocok digunakan untuk membeli suatu barang ataupun jasa. 

E-Wallet atau Dompet digital adalah sebuah layanan elektronik yang mempunyai multi fungsi, sebagai tempat penyimpanan data, uang juga dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang canggih. Dompet digital dirilis oleh para penciptanya yang dapat digunakan sebagai alternatif sistem pembayaran yang  sangat mudah di dalam semua transaksi.

Dalam penggunaannya E-Wallet dapat untuk menyimpan uang secara digital dan dapat digunakan untuk bertransaksi secara online dan offline dengan menggunakan QR code. Pembayaran secara offline dapat untuk transaksi pada Indomaret, Alfamart terdekat.

Fungsi dari aplikasi digital ini sangat beragam, sebagaimana yang admin sampaikan tadi sebuah aplikai yang multifungsi. Bukan hanya sekedar sebagai alat pembayaran saja, namun E-Wallet dapat digunakan untuk memverifikasi sebuah aktifitas jual beli. Pembayaran angsuran pinjaman, token pulsa, membayar tagihan BPJS dan lain sebagainya.


Macam-Macam Dompet Digital atau E-Wallet

Kali ini admin akan membagikan beberapa contoh E-Wallet yang sangat familier di kalangan masyarakat di Indonesia.

1. Gojek atau Gopay

Gopay
Sebelumnya aplikasi Gopay ini dikenal dengan Gojek yang bergerak dalam bidang transportasi online. Saat ini sudah bertranformasi menjadi Gopay, aplikasi yang sangat populer sejak tahun 2019 lalu. Bergerak dalam bidang jasa, jasa transportasi Ojek online (Gojek), jasa transportasi roda emapat (Gocar), pengiriman barang (Gosend), pemesanan makan (Gofood) dan lain sebagainya.

E-Wallet satu ini sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan sudah mengantongi ijin dari Bank Indonesia.

Layanan yang dimiliki Gopay atau Gojek ini antara lain adalah Transportasi online (GoRide, GoCar,GoJek), pengisian pulsa baik pulsa data ataupun paket, pembayaran tagihan (BPJS, PDUM), pembayaran makanan (GoFood), Pembayaran belanja (GoShop, GoMall).

Untuk pengisian saldo Gopay ataupun Top Up sangat mudah sekali. Dapat menggunakan berbagai macam metode, seperti internet banking, mobile banking juga bisa dilakukan melalui kartu ATM.

Penggunaan aplikasi ini sangat simple dan mudah apabila kamu sudah upgrade menjadi full servis. Untuk cara upgrade Gopay atau Gojek ini sudah admin buatkan tutorialnya pada artikel yang lain atau dapat ikuti tautan di bawah ini.


2. OVO

E-Wallet OVO
Dompet Digital yang kedua yang sangat populer dikalangan masyarakat kita adalah OVO. Apilkai yang mempunyai layar dominan biru ini sangat digemari oleh masyarakat, baik kalangan menengah ataupun kalangan bawah. Pengguna aplikai OVO ini menguasai sampi 70% lebih pada pusat-pusat perbelajaan di Indonesia. Mulai dari Indomaret, Alfamart, cafe, bioskop hingga Supermarket.

Sebagaimana Gopay E-Wallet OVO mmpunyai fungsi yang hampir sama. Sebagai tempat penyimpanan uang secara digital juga dapat digunakan untuk pembayaran secara online. OVO juga dapat digunakan pembayaran secara offline dengan menggunakan qris yang sudah tersedia di berbagai tempat yang sudah bekerja sama dan menjadi mitra dengan OVO.

E-Wallet DANA
Aplikasi DANA sebagai E-Wallet yang ketiga dan sudah sangat dikenal kalangan masyarakat banyak. Dana dapat disebut sebagai dompet digital pendatang baru. Walaupun demikian, Aplikasi Dana hadir dengan tangguh. Aplikasi yang dirilis pada tahun 2018, DANA terbukti mampu bersaing dengan dompet digital lainnya bahkan mampu menembus peringkat tiga besar di antara penyedia E-Wallet lainnya.

Salah satu keunggulan aplikasi Dana ini ini berbeda dengan E-Wallet lainnya, selain sudah  mengantongi ijin dari Bank Indonesia, DANA juga memiliki keunggulan lain. Data pada pemilik aplikasi DANA ini sudah singkron pihak Kependudukan dan Cataatn Sipil (Dukcapil). Sehingga para pengguna aplikasi ini mempunyai kepercayaan penuh dalam penggunaannya.

Baca Juga: 

4. LinkAja

E-Wallet LinkAja
LinkAja adalah dompet digital keluaran Bank Mandiri. LinkAja salah satu produk E-Wallet yang merupakan produksi gabungan dari berbagai perusahaan di Indonesai. Perusahaan yang tergabung tersebut antara lain Pertamina, Telkomsel, juga termasuk Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA) seperti halnya Bank Mandiri, BRI, BTN, juga BNI.

Sesuai tahun rilisnya LinkAja pada tahun 2019, sudah mampu menduduki peringkat yang keempat, sebagai peyedia dompet digital atau E-Wallet dengan pengguna yang cukup tinggi.

Sebagaimana E-Wallet yang lainnya LinkAja mempunyai banyak fitur di dalamnya yang dapat memanjakan penggunanya. Mulai dari sekedar pembelian pulsa hingga pembayaran tagihan dan lain-lain.

Pada layanan LinkAja, Anda bisa menikmati berbagai macam jenis pembayaran dan layanan transaksi lainnya seperti:
  • Melakukan transaksi online atau offline di merchant-merchant yang bekerja sama dengan LinkAja.
  • Pembayaran tagihan listrik atau beli token listrik.
  • Pembayaran BPJS.
  • Pembayaran tagihan telepon dan TV berlangganan.
  • Pembelian pulsa data juga biasa.
  • Berbagi uang dengan sesama pengguna LinkAja.


5. Jenius

Aplikasi E-Walllet selanjutnya Jenius yang tidak mau kalah dengan dompet digital lainnya. Salah satu besutan Bank BTPN telah merilis E-Wallet Jenius, yang dapat digunakan sebagai cara baru mengatur Life Finance penggunanya. Pemegang akun Jenius dapat mempunyai kendali penuh dalam mengatur keuangan melalui smartphone dengan mudah dan aman.

Berbeda dengan E-Wallet yang lainnya Jenius hadir dan dilengkapi berbagai acam fitur unggulannya. Fitur-fitur yang ada di dalamnya anatara lain adalah seperti Save It, Send It, Pay Me, Split Bill, bahkan eCard. Pada aplikasi ini, kamu dapat memisahkan target keuanganmu hanya dalam satu aplikasi. 

Kalian juga dapat mempunyai lebih dari satu eCard yang dapat kalian gunakan untuk diberikan kepada orang lain seperti keluarga dengan kontrol penuh dari smartphone kamu.

6. iSaku

E-Wallet yang satu ini juga sering digunakan untuk melakukan transaksi, seperti membayar belanja di Merchant, tarik tunai, transfer, dan membayar tagihan.

Dompet digital iSaku adalah merupakan sebuah aplikasi dompet elektronik dari Indomaret yang telah disetujui Bank Indonesia.

7. Sakuku

Dompet digitaal terakhir adalah Sakuku yang merupakan jenis e-Wallet yang diterbitkan oleh Bank Central Asia (BCA). Hadirnya E-Wallet Sakuku karena banyaknya dukungan dari berbagai perusahaan yang cenderung dalam menggunakan Bank BCA dalam pembayaran gaji untuk karyawannya.

Ada sedikit perbedaan dengan dompet digital kainnya, yaitu mempunyai dua macam. Yaitu Sakuku biasa dan Sakuku Plus. Letak perbedaannya yaitu jika Sakuku batas maksimal penyimpanan hanya mencapai 2 juta rupiah.

Sedangkan Sakuku Plus mempunyai kemampuan untuk menyimpan saldo hingga 10 juta rupiah. Selain kemampuan dalam penyimpanan Sakuku Plus kelengkapan fitur yang berbeda pula. Seperti tarik tunai dan split bill.


7 E-Wallet atau Dompet Digital Yang Ternama di Indonesia, Beserta Kelebihan dan Kekurangannya


Kelebihan dan Kekurangan Dompet Digital Atau E-Wallet


Kelebihan E Wallet

Berikut ini akan admin bagikan beberapa Kelebihan juga Kekurangan Dompet Digital atau E-Wallet. Jika kamu adalah salah satu orang yang menggunakan e-Wallet dalam segala hal transaksimu.

1. Transaksi Lebih Cepat

Kelebihan yang pertama yaitu kecepatan dalam melaksanakan segala transaksi. Jika dibandingkan dengan penggunaan mata uang biasa seperti koin atau kertas, proses transaksi dengan menggunakan e-Wallet relatif menjadi lebih cepat. 

Kamu tidak perlu mengeluarkan dompet ataupun uang fisik dalam setiap transaksi, cukup dengan mengeluarkan android dan melakukan pemindaian pada barcode yang sudah tersedia.

2. Aman dan Terhindar Dari Uang Palsu

Maraknya peredaran uang palsu terkadang menghantui seseorang hingga menimbulkan keragu-raguan dalam aktivitas jual beli. Dengan menggunakan E-Wallet ini peredaran uang palsu akan banyak berkurang, bahkan tidak akan pernah menjumpai atau memiliki uang palsu tersebut.

Selain terbebas dari peredaan uang palsu pengguna tidak perlu repot-repot memikirkan uang kembalian, karena setiap transaksi pada dompet digital selalu sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.

3. Transaksi aman

Mungkin sebagai pembuka pada pembahasan kali ini mengapa E-Wallet bisa melakukan transaksi dengan aman? Jawabannya adalah setiap orang yang akan menjadi pengguna dompet digital ini harus melakukan tahapan verifikasi data dengan identitas yang benar-benar valid.

Seseudah memasukan data yang valid, pengguna dapat mengaktifkan beberapa fitur keamanan yang ada. Seperti Fingerprint atau sidik jari, kode PIN sampai dengan pemindaian wajah si pengguna.

Dengan adanya berbagai pengamanan yang tersedia tersebut maka pengguna E-Wallet akan merasa terkamin keamanannya. Bahkan jika sampai smartphone tempat aplikasi digital diinstall hilang dapat menggunakan dan login dengan smartphone yang baru.

4. Dapat Digunakan Sepanjang Waktu

Dengan adanya aplikasi dompet digital ini di smartphone kamu, maka kamu dapat melakukan segala  aktivitas transaksi online sepanjang waktu ataupun kapan saja dan di mana saja.

Saat tengah malam kehabisan pulsa data, pulsa telephon, pulsa listrik, dapat langsung melakukan transaksi pembelian. Digunakna untuk membayar berbagai tagihan, pembelian makanan dan minuman hingga jika menginginkan investasi sekalipun masih dapat dilakukan dengan dompet digital ini.

5. Riwayat Transaksi yang Jelas

Dalam penggunaan E-Wallet atau dompet digital ini juga mendapat kemudahan dalam melakukan pengecekan transaksi. 

Tinggal buka history pada dompet digital ini maka akan terlihat dengan jelas dan detail seluruh riwayat transakasi. Baik itu uang masuk ataupun uang keluar, semuanya tertulis dengan rapi beserta waktu,tanggal dan harinya.

6. Terdapat Banyak Promo Menarik

Diskon dalam bentuk poin, ataupun uang sekalipun sering muncul dalam dompet digital ini. Karena sudah bekerjasama dengan berbagai macam merchant maka secara otomatis diskon atau promo sering bermunculan.

Terlebih lagi sering melakukan transaksi maka diskon akan semakin bertambah banyak yang akan didapatkan oleh penggunanya. Tentunya, hal semacam ini sangat menarik bagi para pengguna atau pelanggan, hingga semakin banyak orang yang menggunakan E-Wallet ini.

Demikian kelebihan-kelebihan menggunakan dompet digital yang ada di Indonesia. Aplikasi dompet digital ini sengaja diciptakan untuk memanjakan para penggunya  dalam bertransaksi.

Namun dibalik adanya berbagai kelebihan dompet digital ini tentunya ada pula bebepa kekurangannya. Sudah barang tentu kita ketahui bersama ada kelebihan di karenakan adanya kekurangan. Apa saja kekurangan dompet digital ini? yuk kita lanjut.  

Kekurangan E Wallet

Seperti yang admin sampaikan tadi dibalik kelebihan tentunya ada kekurangan. Dalam penggunaan E-Wallet juga mempunyai beberapa kekurangan. Kekurangan seperti yang adin sampaikan di bawah ini baiknya dapat dipahami juga oleh para penggunya. 

Kekurangan dalam dompet digital atau E-Wallet ini sudah admin rangkum sesuai pengalaman yang admin jalani, kekurangannya antara lain adalah:

1. Biaya Transaksi

Sebagian E-Wallet memberikan beban administrasi setiap kali dalam transaksinya. Adapaun besaran administrasi tentunya berbeda-beda, namun nominalnya masih relatif kecil dan dalam batas kewajaran.

2. Menjadi Lebih Konsumtif

Jika hoby seorang suka berbelanja dana cash ataupun uang digital tidak ada bedanya. Walaupun tidak memegang secara cash uang yaang ada tetap saja yang namanya hoby pasti sulit untuk dikendalikan.

Di saat kamu memiliki dompet digital ini maka haruslah mampu menahan diri. Dengan saldo yang cukup fantastis dan berbagai macam kemudahan dalam bertransaksi, tentunya akan mempercepat kamu untuk membelanjakan uangmu. 

Apabila kamu tidak mampu mengatur dan menahan diri, dengan adanya e-Wallet ini membuat penggunanya menjadi lebih boros juga lebih sering berbelanja dari sebelumnya.

3. Saldo Tidak Bisa Dicairkan

Jika masih memiliki saldo yang cukup banyak dalam dompet digital ini maka sudah dipastikan tidak dapat diambil cash atau dicairkan. 

Karena ada beberapa macam E-Wallet belum menyediakan sebuah layanan yang berguna untuk mencairkan saldo digitalnya. Mungkin karena tujuan awal dari dompet digital ini agar dana yang sudah dimasukan hanya dapat digunakan untuk berbelanja.

Namun ada juga E-Wallet yang dapat dicairkan saldonya. Jika menginginkan mencairkan saldo dompet digital ini dapat dilakukan dengan cara di transfer ke rekening bank yang ada. 

4. Layanan Terbatas

Dalam penggunaan E-Wallet ini masih saja ada beberapa tempat yang belum dapat digunakan sebagai alat transaksi. Seperti pada warung-warung atau toko kecil yang berada di pedesaan, masih banyak yang belum memberikan layanan dompet digital. 

Intinya saat kamu memasuki daerah pedesaan yang sekiranya belum memadahi sarana untuk  mengakses dompet digital ini maka harus bersiap-siap dengan uang kontan ataupun cash. 
Upgrade E-Wallet kamu menjadi Full Servis agar mendapatkan layanan secara penuh

Kesimpulan

Berbagai macam aplikasi e-Wallet merupakan sebuah produk financial technology yang berupa dompet digital dengan sistem yang canggih dan sudah terhubung dengan internet, sehingga memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk melakukan berbagai macam transaksi.

Pada proses top up atau pengisian saldo dan penggunaannya yang mudah, menarik banyak minat konsumen untuk beralih menggunakan dompet digital ketimbang uang fisik.

Selain itu, jaminan keamanan yang diberikan oleh dompet digital ini juga memberikan pengaruh yang cukup kuat kepada konsumen untuk mengubah sistem transaksinya.

Namun, e-Wallet juga memiliki kelebihan serta kekurangan, yang alangkah baiknya jika dipertimbangkan sebelum akhirnya memutuskan untuk menggunakannya.

Dalam proses transaksinya secara offline, e-Wallet ini perlu dibantu dengan sistem yang sudah disediakan oleh merchant. Salah satunya, seperti aplikasi POS majoo. Fitur yang disediakan sangat memudahkan penggunanya. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot mengeluarkan uang cash untuk bertransaksi di sini. 

Bagi perusahaan yang menjalankan bisnis, juga tidak akan kesulitan untuk bisa menerima semua jenis transaksi di sini. Terlebih, sistem yang terintegrasi juga bisa membantu kamu merekap semua transaksi harian, bulanan, bahkan tahunan dari bisnis yang dijalani. 



Demikian informasi seputar 7 E-Wallet atau Dompet Digital Yang Ternama di Indonesia, Beserta Kelebihan dan Kekurangannya. Semoga informasi yang admin bagikan ini dapat membantu menambah wawasan kalian semuanya, dan dapat dijadikan referensi dalam memilih dompet digital sebelum kalian memilikinya.

Tetap ikuti Blog Topcoinbm.com yang membahas seputar Asuransi dan Investasi juga seputar bisnis, keuangan. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada saudara anda agar bermanfaat untuk semuanya.
Terimakasih, Wassalam ....Topcoinbm

0 Comments