Search

Daun Sirsak, Manfa'at Serta Efek Sampingnya Bagi Kecantikan Kaum Hawa

 Topcoinbm.com - Daun Sirsak, Manfa'at Serta Efek Sampingnya Bagi Kecantikan Kaum Hawa - Herbal Santri kini akan berbagi kembali terkait obat herbal untuk kesehatan. Kesehatan adalah hal yang pokok yang wajib harus dijaga dengan segala macam cara. Sebagaimana dengan penampilan kaum Hawa, penampilan seolah wajib dijaga dan dirawat dengan semaksimal mungkin.
Daun Sirsak, Sumber Pixabay
Nah, Jika pada postingan yang lalu admin berbagi terkait Daun Sirsak, Perngertian, Ciri-Ciri, Kandungan Serta 10 Manfaat Bagi Kesehatan. Maka untuk kali ini admin akan berbagi manfaat daun sirsak bagi Kecantikan kaum Hawa.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa daun sirsak memiliki berbagai macam kandungan senyawa baik, yang sangat bagus bagi kesehatan tubuh kita. Selain berfungsi untuk menjaga kesehatan ternyata senyawa yang terkandung padadaun sirsak juga mampu dan dapat digunakan  untuk merawat kecantikan bagi kaum Hawa.

Lalu, apa saja manfa'at daun sirsak untuk kecantikan para wanita? Yuk, kita simak uraian yang akan admin bagikan kali ini Daun Sirsak dan Manfa'atnya Bagi Kecantikan Kaum Hawa. Sebagaimana tertulis di awal kesehatan dan kecantikan bagi kaum Hawa seolah kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan.

Untuk menjaga agar tampilan tetap ideal sesuai dengan harapan maka tidak ada salahnya jika para kaum Hawa mencoba beberapa alternatif pengobatan herbal yang admin bagikan, dan tentunya sedikit dengan resiko gangguan kesehatan lainnya. 


Manfa'at Daun Sirsak Bagi Kaum Hawa

Langsung saja kita ulas tentang Daun Sirsak, Manfa'at Serta Efek Sampingnya Bagi Kecantikan Kaum Hawa berikut ini: 


1. Mengatasi Masalah Jerawat 

Jerawat adalah salah satu gangguan yang ada pada kulit. Keadaan yang seperti ini berhubungan dengan produksi minyak (sebum) yang jumlahnya berlebihan. Minyak berlebih dapat mengakibatkan penyumbatan pada pori-pori kulit. 

Perlu diketahui bahwasannya pada setiap pori-pori kulit, terdapat folikel yang terdiri dari kelenjar minyak dan rambut. Jerawat akan tumbuh di saat folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. 

Oleh sebab itu maka terjadilah penyumbatan dan peradangan yang terdapat pada pori-pori kulit yang mengakibatkan tubuhnya jerawat. Peradangan ini biasanya di tandai dengan adanya benjolan pada kulit. 

Benjolan kulit tersebut akhirnya membesar dan berisi nanah dan darah pada permukaan kulit, biasanya tumbuh pada bagian tubuh yang mempunyai kandungan minyak yang banyak, seperti wajah, leher, punggung dan sekitar dada. Benjolan-benjolan tersebut adalah jerawat.

Pada kasus ini jerawat tidak saja tumbuh dan timbul pada kaum Hawa saja namun dapat terjadi bagi kaum laki-laki juga yang memiliki kandungan minyak yang berlebihan.  Untuk mengatasi permasalahan jerawat ini dapat menggunakan obat herbal daun sirsak.

Ternyata manfaat dari daun sirsak bukan hanya untuk kesehatan, namun juga bermanfaat untuk kecantikan. Daun sirsak ini dipercaya bisa mengatasi masalah jerawat. Kandungan baik yang berada pada daun sirsak bagus untuk membuat bahan obat herbal alami, salah satunya bisa mengatasi jerawat. 

Adapun kandungan baik tersebut antara lain adalah sebagai berikut:


A. Antioksidan 

Senyawa alami yang dimiliki olehdaun sirsak ini memiliki kemampuan untuk mengatasi peradangan dan dapat membunuh bakteri. Salah satu sebab timbulnya jerawat bisa disebabkan oleh adanya infeksi bakteri, selain dari sebab itu jerawat juga bisa disebabkan adanya peradangan pada kulit. 

Antioksidan juga mampu mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah. Produksi minyak berlebihan inilah yang dapat memicu jerawat tumbuh di wajah. 


B. Sifat Anti Radang 

Telah disebutkan pada Journal of Medicinal Food (2014), yang menjelaskan bahwa manfaat daun sirsak mampu meredakan peradangan. Tumbuhnya jerawat ini bisa dikarenakan adanya peradangan pada kulit yang di awali dngan tanda dengan warna kemerahan dan adanya benjolan kecil. Ekstrak daun sirsak dipercaya bisa mengatasi masalah tersebut. 


C. Sifat Antibakteri 

Pada tahun 2010 ada sebuah study penelitian yang pernah dilakukan di Brazil, diketahui bahwa daun sirsak memiliki kandungan anti bakteri. Sifat inilah yang ternyata mampu menekan pertumbuhan bakteri Staphylococcus yang bisa memicu jerawat. 

2. Menunda Penuaan Dini 

Manfa'at kedua dari daun sirsak ini yakni dapat menunda penuaan dini, dilansir dari laman sehatq.com dijelasakan bahwa daun sirsak bisa mencegah penuaan dini. 

Hal ini dikarenakan adanya beberapa kandungan senyawa yang baik seperti vitamin C dan asam askorbat yang baik untuk mencegah radikal bebas penyebab penuaan. Vitamin C berperan penting dalam mengatasi keriput pada kulit, garis halus, serta perubahan warna yang menjadi ciri penuaan dini. 

Dalam penggunaannya biasanya daun sirsak dibuat dan dimanfaatkan dalam bentuk pasta, hingga memudahkan dalam pemakaiannya 


3. Mengatasi Masalah Pada Rambut 

Berbagai masalah yang timbul pada rambut sangat beragam,tergantung kita pandai-pandai menjaganya. Masalah pada rambut tersbut seperti adanya ketombe, rambut bercabang, rambut frontok, dan berbagai masalah lainnya.

Daun sirsak juga dipercaya bisa mengatasi permasalahan yang ada pada rambut sebagaimana yangtelah disebuttadi. Pasta daun sirsak dan teh daun sirsak memiliki manfa'at untuk mengatasi masalah ini. 

Selain dari beberapa manfa'at daun sirsak untuk kecantikan yang admin sebutkan di atas tadi, perlu diketahui juga bahwa dibalik manfa'at yang cukup menguntungkan tersebut ada beberapa efek sampingnya.

Lalu, apa saja efek samping dari daun sirsak bagi kesehatan dan kecantikan kaun Hawa ini? yuk langsung kita lanjut bahas, efek samping dari daun sirsak.

Ternyata daun sirsak ini bisa memberikan efek samping seperti alergi dan iritasi pada kulit. Sehingga penggunaan daun sirsak untuk mengobati jerawat harus dilakukan dengan hati-hati. 

Jika sampai terjadi jerawat bertambah parah setelah menggunakan bahan alami ini, alangkah baiknya untuk menghentikan penggunaan dan segeralah berobat ke dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat. 

Efek Samping Daun Sirsak 

Meskipun manfaat daun sirsak sangat banyak namun tidak membuat bahan alami ini aman 100%, sebab ternyata ada beberapa efek samping daun sirsak yang perlu kita waspadai. 

Beberapa efek samping tersebut antara lain adalah dapat menyebabkan toksisitas pada hati, gangguan pada ginjal, kerusakan di bagian saraf, kelainan pada gerah hingga Myeloneuropathy dengan gejala seperti tremor atau kaku pada otot. 

Dalam penggunaannya harus berhati-hati, karena ada saat yang tidak diperbolehkan mengonsumsi atau menggunkan obat herbal ini. Bagi penderita tekanan darah tinggi yang masih rutin minumobat dari dokter maka tidak diperkenankan untuk mengunakan obat herbal ini.

Selain itu, orang yang mempunyai penyakit hati, gangguan ginjal, memiliki trombosit yang sangat rendah termasuk tidak diperbolehkan mengonsumsi obt herbaldaun sirsak.

Kemudian, bagaimana cara untuk mengatasi efek samping dari daun sirsak tersebut? Ada beberapa cara dan langkah tepat untuk mencegah efek samping seperti: 

Berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum konsumsi daun sirsak. Apabila kamu tidak memiliki cukup waktu untuk konsultasi langsung, kamu dapat berkonsultasi melalui aplikasi telemedicine yang saat ini sudah banyak pilihannya. 

Di saat sedang mengkonsumsi obat untuk menurunkan tekanan darah dan gula darah sebaiknya jangan konsumsi obat herbal dari daun sirsak ini. 

Konsumsi air rebusan daun sirsak dalam jumlah yang wajar. Apabila muncul gejala masalah kesehatan setelah konsumsi obat herbal ini, maka harus segera hentikan. 

Tidak berlebihan dan selalu berhati-hati dalam mengkonsumsi obat herbal merupakan kunci agar bisa mendapatkan manfaat secara optimal. Jangan sungkan untuk bertanya dan konsultasi langsung dengan ahli jika memang merasakan ada gangguan setelah konsumsi obat herbal dari daun sirsak ini.

Demikian Daun Sirsak, Manfa'at Serta Efek Sampingnya Bagi Kecantikan Kaum Hawa, Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sebagai penambah wawasan bagi kita semuanya.
Ingat, Tidak ada penyakit yang tidak dapat disembuhkan, kecuali malas berobat. Dan jangan lupa selain berusaha maka iringi dalam usaha tersebut dengan memanjatkan do'a, karena yang memberi kesebuhan hanyalah yang kuasa
Tetap ikuti Blog Topcoinbm.com yang membahas seputar Asuransi, Investasi, Kesehatan juga seputar bisnis, keuangan. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada saudara kamu agar bermanfaat untuk semuanya.

Terimakasih, Salam sehat dan Sukses Selalu ....Topcoinbm

0 Comments