Search

Memahami Daun Cincau, Kandungan, Jenis Hingga 11 Manfaatnya

Topcoinbm.com - Memahami Daun Cincau, Kandungan, Jenis Hingga 11 Manfaatnya -  Cincau dengan nama latin Cyclea Barbara adalah salah satu tanaman yang mudah untuk ditanam di daerah Indonesia. Baik daratan rendah maupun dataran tinggi, daun cincau banyak dijumpai di pasar-pasar modern terlebih pada pasar-pasar tradisional.
https://www.topcoinbm.com/2023/03/memahami-daun-cincau-kandunagan-jenis.html
Es Cincau
Tumbuhan ini merupakan salah satu spesies dari genus cyclea. Daun cincau dapat dibuat minuman yang menyegarkan dengan cara diperas dan dibekukan sejenak. Dapat dicampur dengan es cendol atau sejenisnya.

Di Indonesia tanaman cincau dikenal dengan berbagai sebutan nama masing-masing daerah, camcau (Jawa), Juju, kepleng,, krotok, tarawalu, tahulu (Melayu), camcauh (Sunda).

Tanaman cincau berasal dari Asia Tenggara ini, merupakan tanaman rambat dari famili siwar-siwaran (Menispermae), tanaman ini sering ditemukan tumbuh secara liar. Cincau hijau akan tumbuh dengan ideal di kondisi tanah yang memiliki pH 5,5-6,5 dan didukung dengan lingkungan yang teduh, lembap, dan berair dangkal.

Tanaman ini berkembang dengan baik di dataran pada ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan laut. Cara pengembangbiakan tanaman ini dapat dilakukan dengan generatif melalui pertumbuhan biji atau dengan cara vegetatif dengan melalui stek batang maupun dengan pertumbuhan tunas akarnya.

Kandungan Nutrisi Cincau Hijau 

Cincau hijau adalah minuman yang terbuat dari daun cincau hijau yang secara botani bernama Cyclea barbata L. Miers. Tanaman rambat ini biasanya tumbuh di Asia Tenggara dan digunakan untuk membuat agar-agar seperti jelly yang disebut cincau hijau di Indonesia. 

Daun ini mengandung tanin yang bagus untuk membantu mengatasi masalah pencernaan. Selain itu, daun cincau juga mengandung nutrisi lain yang tak kalah berkhasiat. Berikut ini kandungan lainnya dari nutrisi cincau hijau: 
  • Alkaloid. 
  • Kalsium. 
  • Cardioplegicum. 
  • Fosfor. 
  • Flavonoid. 
  • Fenol. 
  • Polifenol. 
  • Protein. 
  • Karbohidrat. 
  • Saponin. 
  • Tentradin. 
  • Vitamin A dan B. 
  • Bisbenzilsokuinolin klorofil. 

Jenis-Jenis Cincau

1. Cuwing

Cincau Cuwing
Cuwing atau cuing adalah jenis daun cincau bernama ilmiah Tiliacora triandara. Selain di Indonesia, tanaman ini banyak ditemui di Thailand dan Laos dengan nama Bai Yanang. Cuwing memiliki daun berwarna hijau tua, sedangkan bunganya berwarna kuning. Tanaman ini tumbuh dengan cara merambat dan hanya dapat bertahan di iklim sedang.

2. Cincau Hijau Cina

Cincau Hijau Cina
Cincau hijau cina atau bernama ilmiah Cocculus orbiculatus adalah jenis cincau yang tumbuh dengan cara merambat seperti Cylea berbata. Tanaman ini memiliki daun berbentuk hati dengan permukaan licin. Bunganya berwarna kekuningan dan tumbuh berkelompok berukuran kecil-kecil. Sementara buahnya tumbuh bergerombol seperti anggur.

3. Cincau Hijau

Cincau Hijau
Jenis daun cincau selanjutnya adalah cincau hijau atau bernama latin Cylea berbata. Daun cincau hijau berbentuk hati berwarna hijau tua dengan permukaan daun yang berbulu halus. Tanaman ini tumbuh merambat dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Cincau hijau dapat menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Tak mengherankan kalau cincau hijau banyak dimanfaatkan sebagai bahan minuman kesehatan.

4. Cincau Perdu

Cincau Perdu
Jenis daun cincau yang dapat ditanam di pekarang selanjutnya adalah cincau perdu. Tanaman bernama ilmiah Premna oblongifolia ini mudah ditemukan di Indonesia dan Kepulauan Solomon. Perdunya berbatang agak tebal, sedangkan daunnya berwarna hijau tua berbentuk lonjong, lebar, agak keras, dan memiliki permukaan halus.

5. Sumpet Kendi

Cincau Sumpet Kendi
Sumpet Kendi adalah daun cincau dengan nama ilmiahnya Stephania capitata (Blume) Spreng. Namun di Indonesia, tanaman ini dikenal juga dengan nama sumpet kendi atau sumbat kendi. Pohonnya memiliki batang yang ramping dan berdaun tipis seperti kertas berbentuk lonjong dengan ujung yang runcing.

6. Cincau Hitam

Cincau Hitam
Cincau hitam berasal dari daun tanaman Mesona palustris atau disebut daun janggelan. Berbeda dengan daun cincau hijau, daun janggelan bentuknya lonjong serta berujung runcing.

Pada tepi daun, terdapat bulu dan bentuk daunnya bergerigi. Daun yang menghasilkan cincau ini kaya akan serat sehingga baik untuk kelancaran pencernaan dan membuat rasa kenyang lebih lama.

Manfaat Cincau Hijau untuk Kesehatan 

Cincau hijau adalah minuman yang cocok untuk cuaca panas dan kering karena sangat menyegarkan. Tidak hanya melepaskan dahaga, ada banyak manfaat kesehatan dari cincau hijau. Berikut ini daftar manfaat cincau hijau bagi kesehatan: 

1. Mengatasi Sakit Perut dan Diare 

Cincau hijau memiliki manfaat untuk menjaga pencernaan agar tetap bekerja dengan baik. Kandungan senyawa gula dalam minuman ini mampu mengatasi sakit perut. Daun cincau mengandung senyawa alkaloid dengan manfaat vitamin B dan vitamin C. Ini dapat mengatasi diare dengan mengonsumsinya tiga kali sehari secara rutin. 

2. Mengobati Sembelit dan Mulas 

Kandungan serat dalam cincau juga dapat membersihkan organ pencernaan secara keseluruhan. Dengan begitu, masalah pencernaan seperti sembelit dan mulas dapat teratasi dengan mengonsumsi cincau. Selain itu, manfaat cincau hijau dapat membantu meningkatkan penyerapan sari makanan dalam tubuh. 

3. Mengatasi Maag 

Manfaat cincau hijau untuk lambung dipercaya dapat mengatasi maag. Hal itu berkat kandungan vitamin C dan antioksidan yang mampu memperkuat otot perut. Kandungan ini dapat membantu untuk membunuh bakteri penyebab penyakit maag dan peningkatan asam lambung. 

4. Mempercepat Gerakan Usus 

Mengonsumsi minuman cincau setiap malam dapat membantu mempercepat buang air besar (BAB). Ini karena cincau mengandung serat yang tinggi dan kalori yang rendah. Meminumnya setiap malam karena memberikan waktu pada usus untuk bekerja secara efektif dalam tubuh. 

5. Mengobati Demam 

Minuman cincau mengandung senyawa seperti karbohidrat, lemak, polifenol, saponin, flavonoid, alkaloid, cardioplegicum, tentradin, kalsium, fosfor, vitamin A dan B. Senyawa ini dapat memberikan efek efek antidemam, darah dan antitoksin. Cara membuatnya, remas beberapa daun cincau, lalu campurkan dengan air, dan biarkan hingga mengeras. Kemudian bisa langsung Anda konsumsi. 

6. Antimalaria 

Berdasarkan hasil penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa rebusan dari akar cincau berkhasiat sebagai obat malaria. Akar cincau mengandung senyawa golongan alkoit yang bersifat antimalaria. Ramuan dari akar cincau bisa Anda pertimbangan untuk menjadi obat malaria alternatif yang bermanfaat sebagai pencegahan. 

7. Sebagai Antibiotik 

Klorofil yang terkandung dalam cincau bisa menjadi antibiotik alami. Dengan begitu, cincau hijau juga dapat digunakan sebagai obat antibiotik yang bermanfaat, termasuk membunuh berbagai jenis bakteri dan virus, bahan makanan, dan obat-obatan. Hilangnya beberapa zat berbahaya ini dapat mengurangi penyumbatan yang terjadi pada pembuluh darah. 

8. Meningkatkan Kekebalan 

Tubuh Menurut sebuah penelitian, manfaat daun cincau hijau telah terbukti dapat meningkatkan imunitas atau imunomodulator untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa cincau hijau memiliki berbagai senyawa metabolit sekunder, termasuk terpenoid, fenolik, flavonoid, dan tanin yang berfungsi sebagai imunomodulator dan antioksidan alami yang dapat meningkatkan imunitas. 

Senyawa tersebut membuat sel-sel makrofag tubuh lebih aktif dalam menelan patogen, serta aktif menghambat radikal bebas masuk ke dalam tubuh. 

9. Menjaga Berat Badan Ideal dan Sehat 

Mengonsumsi minuman berserat tinggi seperti cincau hijau saat menjalani diet dapat membantu menurunkan berat badan secara keseluruhan. Asupan serat yang tinggi juga akan membantu mengurangi timbunan lemak di tubuh daripada seseorang yang tidak mengonsumsi serat. Oleh karena itu, mengonsumsi cincau hijau setiap hari menjadi cara yang efektif untuk menjaga berat badan agar tetap ideal dan menyehatkan tubuh. 

10. Bagus untuk Diet 

Manfaat cincau hijau untuk diet karena kandungan di dalamnya, seperti karbohidrat, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C, tinggi air, tinggi serat rumput, dan rendah kalori. Beragam kandungan ini yang sangat cocok untuk membantu penurunan berat badan yang bagus. Kandungan protein yang tidak terlalu tinggi dalam cincau juga sangat baik untuk menjaga berat badan. 

11. Mengatasi Diabetes 

Daun cincau memiliki senyawa klorofil dan senyawa lain bernama bisbenzilsokuinolin. Kedua senyawa ini yang menjadikan cincau bagus untuk mengatasi diabetes. Hal ini karena kedua kandungan tersebut mampu membantu mengontrol kadar gula darah tinggi pada penderita diabetes. 

Demikian Memahami Daun Cincau, Kandungan, Jenis Hingga 11 Manfaatnya, Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sebagai penambah wawasan bagi kita semuanya.
Ingat, Tidak ada penyakit yang tidak dapat disembuhkan, kecuali malas berobat. Dan jangan lupa selain berusaha maka iringi dalam usaha tersebut dengan memanjatkan do'a, karena yang memberi kesebuhan hanyalah yang kuasa
Tetap ikuti Blog Topcoinbm.com yang membahas seputar Asuransi, Investasi, Kesehatan juga seputar bisnis, keuangan. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada saudara kamu agar bermanfaat untuk semuanya.

Terimakasih, Salam sehat dan Sukses Selalu ....Topcoinbm

0 Comments