Search

8 Manfaat QR Kode Untuk Pemasaran Bisnis di Sekitar Kita

Topcoinbm.com - 8 Manfaat QR Kode Untuk Pemasaran Bisnis di Sekitar KitaQR kode saat ini semakin meluas dalam penggunaannya. Dapat digunakan berbelanja dengan prakris dan dinamis, Sangat memdahkan dalam menjalankan bisnis, mempercepat untuk mendatangkan pelanggan. Karena semakin banyaknya aplikasi dompet digital yang digunakan sebagai media pembayaran, maka secara otomatis QR kode semakin ramai penggunanya.
8 Manfaat QR, Sumber : Pixabay
Sebenarnya apa sajakah manfaat QR kode yang kamu ketahui saat ini? Yuk kita simak 8 Manfaat QR Kode Untuk Pemasaran Bisnis di Sekitar Kita. 

Sebelumnya alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa sebenarnya QRIS atau QR kode tersebut? QRIS adalah Quick Response Code Indonesian Standard merupakan standar kode QR Nasional yang dapat digunaan untuk memfasilitasi pembayaran kode QR di Indonesia. Sejak tanggal 17 Agustus QR kode diluncurkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI).

Saat ini dengan adanya QR kode yang berstandar nasional para pengguna e-wallet dan aplikasi pembayaran lainnya semakin mudah melakukan berbagai macam transaksi. Tentunya trnsaksi yang admin maksudkan adalah transaksi offline yang membutuhkan jarak dekat. Sebuah transaksi yang tidak membutuhkan uang tunai, dan tanpa berlama-lama menanti uang kembalian.

Lalu, apa saja manfaat menggunakan QR kode atau QRIS ini? Langsung kita bahas yuk......

1. Mempermudah Transaksi

Sebagai manfaat QR kode yang paling utama tentunya untuk mempermudah dalam setiap melakukan transaksi yang sifatnya non tunai di toko yang kamu miliki. Kamu tidak perlu khawatir kekurangan uang kembalian karena saldo yang masuk dipastikan pas dengan jumlah tagihan. Sudah bukan saatnya menanti penjual untuk mencari uangreceh sebagai kembaliannya.

2. Memaksimalkan Pelayanan Konsumen

Saat toko sudah memaksimalkan penggunaan QRIS tentunya konsumen dapat menjadi lebih puas sebab transaksi mereka dapat terselesaikan dalam hitungan detik. Dengan pelayanan yang tidak memerlukan waktu yang lama sudah dapat dipastikan konsumen akan kembali lagi di lain hari saat akan berbelanja.

Konsumen pun tidak perlu repot-repot mengantre hanya sekedar menunggu uang kembalian, atau bingung mencari uang receh untuk nominal pembayaran yang tak genap jumlahnya (seperti Rp10.500 atau Rp5.980).

3. Menghindari Salah Perhitungan

QR code adalah alat pembayaran digital yang sangat canggih dan terhubung langsung ke sistem komputer. Sistem e-wallet yang terkoneksi ke barcode bisa memotong saldo pembeli dan menransfernya ke rekening Anda dalam jumlah yang tepat. 

Alhasil, seperti kesalahan nominal saat penjumlahan menggunakan mesin hitung manual tidak akan dijumpai lagi. Kesalahan-kesalahan kecil lain yang menimbulkan tidak nyamannya konsumen akan teratasi.

4. Menambah Transaksi

Setiap yang sudah menyediakan metode pembayaran dengan QR code saat ini terbukti lebih ramai dikunjungi ketimbang yang tidak. Khususnya bagi anak-anak muda milenial yang memiliki kebiasaan  menggunakan sistem pembayaran cashless.

5. Mudah Menagih Pelunasan Dimanapun Kapanpun

Manfaat QR code yang terakhir adalah mempermudah menagih pelunasan ke konsumen, baik secara online maupun offline. Bagaimana caranya?

Print dan tempel barcode QR Anda di posisi yang strategis pada kasir. Dengan begini, konsumen yang datang langsung ke toko dapat menscan barcode dan membayar di muka.

Sedangkan untuk konsumen online, Anda bisa memasang barcode toko di halaman check out website, atau mengirimkan barcode pembayaran melalui pesan chat. Selamat mencoba!

6.  Menambahkan Aspek Digital ke Iklan

Salah satu manfaat kode QR dalam pemasaran adalah, poster dan selebaran Anda hanya dapat menampung begitu banyak informasi. Namun, orang akan ingin tahu lebih banyak tentang bisnis Anda.

Ketika detail penting hilang, Anda dapat mengucapkan selamat tinggal kepada banyak calon pelanggan.

Untungnya, kode QR dapat menambahkan aspek digital ke materi cetak Anda. Daripada harus puas dengan apa yang hanya dapat Anda cetak, tambahkan kode QR yang dapat dipindai orang untuk diarahkan ke laman web tempat mereka dapat mempelajari lebih lanjut.  

Mereka dapat diperkenalkan ke foto, video, dan lebih banyak konten yang tidak mungkin dilakukan dengan media cetak. 

7.  Menghemat Biaya Anda

Manfaat lain menggunakan kode QR untuk pemasaran adalah, dengan menggunakan kode QR dinamis, Anda dapat membuat gambar yang memungkinkan data tertanam yang dapat diperbarui.

Jadi, saat Anda memasang poster kode QR, Anda tidak perlu melepasnya dan menggantinya saat sudah sesuai dengan tujuannya.

Sebagai gantinya, Anda bisa memperbarui kontennya. Ini menghemat tenaga kerja dan biaya pencetakan.

8.  Melibatkan Pelanggan

Salah satu manfaat kode QR bagi pelanggan adalah, kode QR memanusiakan pengalaman pelanggan bagi merek. 

Memberitahu orang tentang bisnis Anda biasanya tidak cukup. Poster Anda cenderung diabaikan dan selebaran Anda dibuang. Namun, kode QR bisa membuat mereka ketagihan dengan melibatkan mereka.

Ada berbagai jenis konten menarik yang dapat Anda tautkan ke kode QR.

Ini bisa berupa game online atau majalah digital, tetapi yang paling menonjol adalah game pemindaian kode QR.

Berikan diskon untuk pemindai pertama dan yang lainnya untuk yang lainnya. Melalui ini, Anda membuat orang mengantisipasi dan kembali lagi.


Demikian informasi seputar 8 Manfaat QR Kode Untuk Pemasaran Bisnis di Sekitar Kita, semoga dengan artikel ini kamu akan lebih familier dalam menggunakan QR kode atau QRIS saat berbelanja.

Tetap ikuti Blog Topcoinbm.com yang membahas seputar Asuransi dan Investasi juga seputar bisnis, keuangan. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada saudara kamu agar bermanfaat untuk semuanya.

Terimakasih, Salam sehat dan Sukses Selalu ....Topcoinbm

0 Comments