Search

Buah Parijoto Serta 9 Manfaatnya

Topcoinbm.com - Buah Parijoto Serta 9 ManfaatnyaMengenal Lebih Dalam Buah Parijoto dan Manfaatnya - Buah Parijoto atau  “Mungkin buah parijoto tidak terdengar familiar pada beberapa orang. Namun,  nyatanya buah yang mirip dengan anggur ini sering digunakan sebagai pengobatan herbal. Buah yang tumbuh di Indonesia ini, biasanya digunakan untuk meningkatkan kesuburan wanita dalam program hamil yang dilakukan secara alami.”
Familiar dengan buah parijoto? Buah parijoto berukuran kecil dan berbentuk bulat, yang tumbuh secara berkelompok pada batang tebal dan berserat. Buah ini berwarna merah mudah dan keunguan saat matang,  serta memiliki kulit yang halus. Buah parijoto renyah dikunyah, lembut, dan sedikit terasa asam dan manis. 

Kandungan Buah Parijoto

Buah yang memiliki nama ilmiah Medinilla speciosa dan dikenal dengan anggur Asia ini mengandung beberapa senyawa fitokimia, seperti:
  1. Flavonoid,
  2. Tanin,
  3. Saponin,
  4. Terpenoid,
  5. Beta karoten,
  6. Alkaloid,
  7. Antibakteri,
  8. Antifungi, dan
  9. Antioksidan.

Beberapa Hal Terkait Parijoto

Buah Parijoto Tumbuh di Indonesia

Mungkin saat ini masih banyak yang asing dengan satu buah parijoto ini. Salah satu buah yang menyerupai anggur ini dapat dikonsumsi. Menurut sejarah, buah parijoto banyak tumbuh di daerah  yang mempunyai dataran tinggi, khususnya berada di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, juga banyak tumbuh di daerah-daerah yang lain.

Buah parijoto dapat tumbuh subur pada ketinggian 800 sampai 2.300 mdpl dan di wilayah hutan hujan tropis. Kamu bisa mudah menemukannya di Gunung Andong dan Gunung Muria, Indonesia. Buah parijoto kemudian menyebar sampai Kalimantan dan Filipina, hingga dikenal sebagai anggur Asia.

Manfaat Buah Parijoto Bagi Kesehatan

1. Bermanfaat Untuk Kesehatan Kulit

Buah parijoto disebut berpotensi sebagai bahan produk kecantikan. Ekstrak buah parijoto terdiri dari flavonoid, sebagai sumber antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak buah parijoto layak dijadikan bahan produksi hand and body lotion.

Buah ini juga secara alami bisa digunakan sebagai tabir surya. Sebuah penelitian juga menyebutkan buah parijoto berpotensi untuk dijadikan bahan baku pembuatan tabir surya. Manfaat ini berkat kandungan flavonoid, komponen yang mampu mencegah efek berbahaya akibat paparan sinar ultraviolet.

2. Meningkatkan Kesuburan Wanita

Salah satu manfaat yang paling terkenal dari buah parijoto ini adalah dapat meningkatkan kesuburan bagi wanita dewasa. Kandungan antioksidan alami, yang terdapat pada buah parijoto seperti tanin, flavonoid, dan saponin didalamnya yang memicu meningkatkan kesuburuan tersebut. Kandungan tersebut bisa menangkal efek radikal bebas. Tentu sangat baik untuk meningkatkan nutrisi bagi wanita yang sedang program hamil. Namun,  mungkin masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai hasilnya.

3. Bisa Digunakan Sebagai Obat Sariawan

Cara menggunakan buah parijoto sebagai obat sariawan, yaitu cukup mengambil buah parijoto sebanyak 4 atau 6 gram yang sudah dicuci bersih. Lalu tumbuk hingga halus, dan larutkan dalam 100 mililiter air mineral. Kemudian gunakan untuk berkumur sebanyak 2 kali sehari, hingga sariawan hilang. 

Cara mengonsumsi buah parijoto pun terbilang mudah, Anda hanya perlu mencuci bersih dan langsung memakannya.

Parijata atau parijoto memiliki komponen antibakteri yang dapat menekan perkembangbiakan bakteri penyebab sariawan. Buah ini bekerja seperti antiseptik alami yang membantu membersihkan luka di mulut akibat sariawan dan mencegahnya berkembang menjadi infeksi.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa menumbuk 1 buah parijoto yang telah dibersihkan dan melarutkannya ke dalam 100ml air. Selanjutnya, berkumurlah sekitar 2 kali sehari dan simpan sisanya untuk digunakan saat berkumur berikutnya.

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Banyak pengidap diabetes yang mencari pengobatan herbal. Saat ini sudah ada beberapa pilihan bahan alami untuk dijadikan obat diabetes alternatif. Salah satunya buah parijoto. Ternyata, kandungan flavonoid yang terkandung di dalamnya berpotensi menurunkan kadar gula darah. Namun, untuk memastikannya, masih diperlukan banyak penelitian, atau tanyakan pada dokter yang merawatmu. 


5. Mempertahankan Berat Badan

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan, ekstrak etanol dalam buah parijoto diketahui mampu menurunkan kadar trigliserida secara signifikan. Hal ini juga menyebabkan penurunan risiko kenaikan berat badan sebanyak hampir 35 persen. 

6. Meredakan Diare

Anda mungkin sering mendengar bahwa saat diare sebaiknya menunda konsumsi sayur dan buah-buahan. Hal ini tentu saja tidak sepenuhnya benar. Anda tetap dapat mengonsumsi buah-buahan dalam jumlah wajar.

Salah satu buah yang justru dapat membantu Anda mengatasi masalah diare ini adalah buah parijoto. Buah ini memiliki komponen antibakteri yang diduga membantu mempercepat penyembuhan. Kandungan airnya juga dapat mencegah Anda mengalami dehidrasi selama diare.

Meski demikian, konsumsi parijoto sebagai tidak bisa dijadikan sebagai pengobatan tunggal untuk diare.

Menurut Pharmacology And Clinical Pharmacy Research (2021), efektivitas antibakteri parijata terhadap diare yang disebabkan oleh Salmonella typhi dan Shigella dysentriae belum diketahui.

7. Bantu Tingkatkan Kesuburan Pria

Selain dapat meningkatkan kesuburan pada wanita, buah parijotojuga dipercaya dapat dijadikan sebagai penambah kesuburan bagi kaum pria. Sebenarnya, hal ini erat kaitannya dengan pemenuhan nutrisi selama mempersiapkan kehamilan hingga selama kehamilan berlangsung.

Menurut penelitian berjudul Potential of Parijoto Fruits and Leaves in Male Fertility (2018) menyebutkan potensi buah parijoto sebagai alternatif untuk mengatasi penurunan kesuburan pada hewan uji.

Memang belum diketahui secara pasti manfaat ini untuk manusia, tetapi Anda tetap bisa mengonsumsi buah ini untuk membantu memenuhi kebutuhan zat gizi.

Pasalnya, kesuburan pria dan kualitas sperma dapat dipengaruhi oleh nutrisi.

8. Menjaga Imunitas Ibu Hamil

Selain berpotensi meningkatkan kesuburan wanita juga pria, parijoto dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil.  Terdapat kandungan flavonoid dan saponin dalam buah ini bersifat antioksidan. 

Fungsi dari Flavonoid berperan penting dalam membangun imunitas tubuh sehingga ibu hamil jadi tidak gampang sakit. Selain itu, vitamin dan beta karoten pada parijata dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil.

Beta karoten sendiri, mengutip dari jurnal Nutrients (2017), diketahui dapat mencegah preeklamsia dan kelahiran prematur pada ibu hamil. Tak perlu khawatir, vitamin A yang didapat dari beta-karoten tidak memiliki menyebabkan keracunan pada janin, selama dikonsumsi dalam jumlah wajar.

9. Alternatif Body Lotion atau Tabir Surya

Buah parijoto juga diyakini memiliki potensi menjanjikan sebagai bahan dalam produk kecantikan, misalnya body lotion dan tabir surya. Menurut penelitian yang berjudul Application of Parijoto Extract as Body Lotion (2021), ekstrak buah parijoto layak digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan hand and body lotion.

Hal ini dikarenakan ekstrak parijata mengandung senyawa flavonoid, yaitu sumber antioksidan yang memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Selain sebagai body lotion, ekstrak buah ini dapat dimanfaatkan dalam pembuatan tabir surya atau sunscreen.

Komponen antioksidan parijata dapat membantu memperkuat lapisan pelindung kulit dan mencegah efek paparan sinar matahari.

Demikian Buah Parijoto Serta 9 Manfaatnya, Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sebagai penambah wawasan bagi kita semuanya.
Ingat, Tidak ada penyakit yang tidak dapat disembuhkan, kecuali malas berobat. Dan jangan lupa selain berusaha maka iringi dalam usaha tersebut dengan memanjatkan do'a, karena yang memberi kesebuhan hanyalah yang kuasa
Tetap ikuti Blog Topcoinbm.com yang membahas seputar Asuransi, Investasi, Kesehatan juga seputar bisnis, keuangan. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada saudara kamu agar bermanfaat untuk semuanya.

Terimakasih, Salam sehat dan Sukses Selalu ....Topcoinbm

0 Comments