Search

Daun Sirsak, Perngertian, Ciri-Ciri, Kandungan Serta 10 Manfaat Bagi Kesehatan

Topcoinbm.com - Daun Sirsak, Perngertian, Ciri-Ciri, Kandungan Serta 10 Manfaat Bagi Kesehatan - Daun Sirsak adalah salah satu dedaunan yang banyak dan sering kita jumpai di sekeliling kita. Dapat tumbuh dengan subur walaupun di daerah yang kurang subur. Mempunyai corak daun yang berwarna hijau tua. Manafaat dari daun sirsak sangat banyak sekali bagi keshatan kita.
Daun Sirsak, Sumber : Pixabay
Sebelum panjang lebar kita bahas tentang manfaat dan lain-lain tentang daun sirsak alangkah baiknya kita bahas secara mendetail dari asal usul, dan hal-hal yang berkaitan dengan tanaman sirsak ini.


Pengertian Tanaman Sirsak

Tanaman sirsak mempunyai banyak nama, nagka Belanda, durian Belanda, khusus bagi orang Indonesia Sirsak mendapat nama yang berbeda-beda sesuai daerah masing-masing. Nangka sebrang atau nangka landa (Jawa), nangka walanda (Sunda), nangka buris atau nangkelan, nangka englan (Madura), Sirkaya (Bali), Boh lona (Aceh), Durio ulondro (Nias), durian Betawi (Minangkabau), jambu landa (Lampung).

Mempunyai nama latin Annona Muricata salah satu jenis tumbuhan yang berbunga berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Bagi orang Indonesia menyebut sirsak dengan berbagai macam nama, namun yang menjadi khasnya adalah nama negara Belanda yang tidak luput dari sebutan masing-masing daerah tersebut.

Sebagai bukti sirsak yang tumbuh di Indonesia pada mulanya berasal dari kolonial Belanda pada abad ke-19. Menurut bahasa Belanda Sirsak adalah Zuurzak yang mempunyai arti "Kantung asam".

Tanaman jenis ini sering ditanam dan di komersialkan yang diambil daging buahnya. Tumbuhan Sirsak dapat tumbuh di sembarang tempat, namun untuk pertumbuhan yang terbaik adalah di tempat yang mengandung banyak air.

Ciri-Ciri Pohon, Daun dan Buah Sirsak

Pohon sirsak ini mempunyai ciri yang sangat khas memiliki model troll, dengan ketinggian mencapai 8-10 meter. Dapat tumbuh dengan baik di wilayah Indonesia dengan ketinggian 1.000 m permukaan laut. Jika dilihat dari buahnya sirsak termasuk tanaman tahunan.
Buah Sirsak, Smuber: Pixabay
Daun sirsak memiliki warna hijau tua dan hijau muda dengan panjang kira-kira 6-18 cm dengan lebar  daun 3-7 cm. Selain dari itu, daun sirsak mempunyai tekstur daun yang kasar dan memiliki bentuk bulat telur dengan ujung yang lancip pendek, serta mengkilap pada bagian atasnya. Bau daun sirsak sangat menyengat dengan memiliki tangkai yang berukuran pendek hanya 3-10 mm.

Adapun buah sirsak mempunyai ukuran yang cukup besar hingga 20–30 cm dengan berat satu buah dapat mencapai 2,5 kg. Daging buah sirsak berwarna putih yang memiliki biji warna hitam. Disebut dengan "buah" sesungguhnya adalah kumpulan buah-buah (buah agregat) dengan biji tunggal yang saling berhimpitan dan kehilangan batas antar buah. 

Kandungan Buah dan Daun Sirsak

Buah sirsak banyak mengandung karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya yang terdapat pada buah sirsak adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak. Sedangkan biji buah sirsak beracun, dapat digunakan sebagai insektisida alami, sebagaimana biji srikaya. 

Manfaat buah sirsak dapat membunuh parasit, membersihkan pencernaan, meredakan saluran pernapasan, menghilangkan stres, kesehatan kulit, meningkatkan kekebalan tubuh.

Beberapa kandungan yang terdapat pada daun sirsak antara lain adalah: acetogenius, annacatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, ananol, caclourine, gentisicacid, gigantetronin, linoleicacid, muricapentocid.

Dari berbagai macam kandungan yang terdapat pada daun sirsak dapat dijadikan sebagai obat herbal alami. Untuk menjaga kondisi tubuh, sebagai obat penyakit, dapat digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, selengkapnya ada pada penjelasan di bawah ini.

Kandungan-kandungan yang terdapat pada daun sirsak tersebut, merupakan senyawa aktif yang banyak sekali manfaatnya bagi tubuh, bisa sebagai obat penyakit atau untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Daun Sirsak, Perngertian, Ciri-Ciri, Kandungan Serta 10 Manfaat Bagi Kesehatan


Manfa'at dan Fungsi Daun Sirsak Bagi Kesehatan

Dengan adanya kandungan yang terdapat pada daun sirsak ini, sudah jelas mempunyai banyak manfa'at bagi kesehatan kita. Adapun manfa'at dari daun sirsak adalah sebagai berikut:

1. Menurunkan Kadar Kolesterol 

Manfaat dari rebusan daun sirsak yakni dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Antioksidan yang terdapat pada daun sirsak mampu mengkontrol kolesterol jahat. Selain menurunkan kadar kolesterol, daun sirsak bisa mencegah kolesterol. Kamu dapat minum air rebusan daun sirsak setiap hari untuk menjaga kadar kolesterol agar tetap normal. 


2. Mengobati Penyakit Kanker 

Manfaat selanjutnya dari daun sirsak adalah dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Kandungan acetogenin yang terdapat pada daun sirsak ternyata memiliki sifat anti kanker yang kuat. Bahkan diketahui juga cara kerja dari daun sirsak ini hampir sama dengan pengobatan kemoterapi yang menghambat pembelahan DNA sel kanker. 

Apabila pembelahan sel dapat dihambat, berarti penyakit kanker bisa dicegah bahkan bisa di sembuhkan. Untuk mengkonsumsinya, Anda bisa merebus ke dalam air kemudian minum setiap hari. 


3. Obat Sariawan 

Sariawan adalah salah satu penyakit yang menyerang bagian mulut, walau tidak seberapa namun sariawan juga menyakitkan dan sangat mengganggu aktifitas. Solusi awal untuk menanggulangi sariawan dapat menggunakan daun sirsak untuk obat. Cara mengobatinya cukup mudah tumbuk daun sirsak kemudian rebus, lalu minum air rebusannya. 


4. Menurunkan Risiko Hipertensi 

Hipertensi adalah tekanan darah tinggi merupakan suatu kondisi apabila kadar darah di dalam tubuh meningkat. Keadaan yang seperti ini bisa saja menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti penyakit jantung. Kemampuan yang dimiliki oleh daun sirsak ini dapat melancarkan peredaran karena mengandung antioksidan yang mampu melenturkan pembuluh darah. 


5. Mengatasi Anemia 

Aanemia atau kurang darah adalah sebuah kondisi di saat tubuh kita kekurangan sel darah merah yang sehat atau berkurangnya fungsi dari sel darah merah dengan baik. Hingga mengakibatkan organ tubuh tidak mendapat cukup oksigen sehingga membuat penderita anemia pucat dan mudah lelah.

Dengan adanya keluhan yang dirasakan pada seseorang yang mempunyai penyakit anemia ini dapat diberi pengobatan herbaldari daun sirsak.

Zat besi yang terkandung pada daun sirsak sangat tinggi hingga mampu mngatasi permasalahan  dengan anemia. Senyawa baik atau zat besi inilah yang mampu meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh, sehingga risiko anemia bisa diminimalisir. 


6. Obat Asam Urat 

Gout atau yang lebih kita kenal dengan penyakit asam urat adalah salah satu penyakit jenis radang sendi yang terjadi dikarenakan adanya penumpukan kristal asam urat. Kondisi yang seperti ini dapat terjadi pada sendi mana pun, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di jempol kaki.

Pada kondisi yang normal asam urat biasanya akan larut dalam darah, kemudian dikeluarkan bersama urine. Namun, pada kondisi tertentu, asam urat dapat menumpuk akibat tubuh menghasilkan asam urat dalam jumlah yang berlebihan atau mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat.

Penyakit asam urat merupakan salah satu jenis penyakit yang sering dirasakan banyak orang, terutama usia 50 ke atas. Untuk mengobati penyakit asam urat ini dapat menggunakan bahan alami yang ada di sekitar kita, yaitu rebusan daun sirsak, kamu dapat merebus daun sirsak secukupnya lalu minum air rebusan tersebut. 


7. Meningkatkan Imun Tubuh 

Setiap orang mempunyai imun tubuh yang berbeda-beda, jika imun tubuh kita bagus dan kuat maka penyakit akan sulit kita derita, namun sebaliknya jika imun tubuh kita rendah, maka hampir setiap penyakit akan mudah menyerang kita.

Karena sistem imun tubuh merupakan kumpulan dari jaringan, sel, organ dan protein yang mempunyai tugas untuk melindungi dari antigen, yaitu bakteri, jamur, virus atau benda asing lainnya yang mempunyai potensi untuk menjadi bibit penyakit di tubuh kita.
 
Kandungan berbagai senyawa antioksidan yang terdapat pada daun sirsak seperti, asam linoleat, annocatalin, annohexocin, dan anomurine ternyata memiliki fungsi untuk melawan berbagai macam penyakit. Selain itu juga, senyawa baik lainnya juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan adanya imun yang kuat, maka secara otomatis akan terhindar dari penyakit. 


8. Mengatasi Insomnia 

Insomnia adalah sebuah gangguan yang menyebabkan penderitanya sulit tidur atau tidak cukup tidur, meski terdapat cukup waktu untuk melakukannya. Penyakit jenis ini tidak boleh dianggap remeh  oleh penderitanya. 

Gangguan ini mempunyai dampak pada aktivitas penderita keesokan harinya. Waktu tidur dan kepuasan seseorang setelah tidur memengaruhi kualitas hidup seseorang secara keseluruhanya. Biasanya orang membutuhkan 8 jam untuk istirahat atau tidur, agar keadaan tubuh tetap terjaga dan fit.

Cara mengatasinya dapat dengan konsumsi bahan alami, seperti rutin mengkonsumsi daun sirsak. Kandungan yang ada pada daun sirsak yaitu, tryptophan dapat memberikan efek rasa mengantuk yang akan membuat penderita insomia bisa lebih cepat tertidur. 

Dengan mengonsumsi daun sirsak sesuai aturan, maka insomnia bisa teratasi. Badan akan terasa segar kembali karena mendapatkan waktu istirahat yang sesuai dengan kebutuhan.


9. Menurunkan Kadar Gula Darah 

Kadar gula di dalam darah yang tidak stabil dapat mengakibatkan penyakit diabetes. Penyakit yang satu ini banyak diderita orang tanpa mengenal usia. Untuk mencegah terjangkitnya penyakit diabetes maka kadar gula di dalam darah harus dikontrol secara berkala. 

Bagi penderita diabetes atau memilii kadar gula darah yang cukup tinggi, untuk mengatasinya agar tidak semakin parah guna usaha untuk menurunkan gula darah. 

Manfaat daun sirsak dipercaya dapat mengurangi dan mengkontrol gula di dalam darah. Namun ketahuilah daun sirsak bukanlah satu-satunya obat. Makan yang teratur, pola makan yang selalu dikontrol dan dengan menjaga pola hidup sehat juga harus dilakukan untuk menurunkan kadar gula darah. 


10. Menyembuhkan Infeksi 

Manfaat daun sirsak yang terakhir yaitu untuk kesehatan lainnya yakni bisa menyembuhkan infeksi. Karena kandungan flavonoid, saponin, alkaloid, dan tanin yang terdapat pada daun sirsak mampu berperan sebagai anti bakteri. Senyawa aktif tersebut juga bisa melindungi paru-paru dari infeksi virus. 

Bagi para penderita 10 macam penyakit di atas yang sedang mengkonsumsi obat dari dokter, sangat dianjurkan untuk konsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi obat herbal dari daun sirsak ini. 

Pastikan penyakit yang kita derita, periksa dan konsultasikan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi daun sirsak.


Daun Sirsak, Perngertian, Ciri-Ciri, Kandungan Serta 10 Manfaat Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Sirsak Untuk Wanita 

Selain dari 10 macam penyakit yang dapat di atasi dengan daun sirsak, ternyata ada manfa'at lain yang terkandung di dalam daun sirsak ini, yaitu bagi kaum Hawa, daun sirsak mempunyai beberapa manfa'at bagi para wanita.

Bukan hanya sekedar untuk menjaga kesehatan, ternyata daun sirsak bermanfa'at juga untuk kecantikan, apoa sajakah manfaat daun sirsak bagi para wanita? yuk, lanjut uraian dari admin.


1. Mengobati Kista pada Ovarium 

Manfaat yang paling utama dari daun sirsakbagiwanita adalah untuk mengobati kista pada ovarium. Kista merupakan sebuah penyakit tumor jinak yang harus diobati. Jika tidak segera mendapatkan perawatan, tumor ini bisa berubah menjadi kanker. 

Daun sirsak dipercaya bisa mengatasi tumor jinak. Dalam penggunaan daun sirsak untuk pengobatan kista ini baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar tidak terjadi kesalahan dalam penanganan penyakit berbahaya ini. 


2. Menurunkan Berat Badan 

Penampilan yang menarik bagi seorang wanita menjadi perioritas, untuk tetap mempunyai berat badan yang ideal. Bahkan tidak sedikit dari wanita yang berani merogoh kocek yang cukup banyak demi penampilan yang menarik atau memiliki berat badan yang ideal ini.

Berbagai macam perawatan yang dilakukan guna untuk mendapatkan berat badan ideal, mulai dari olah raga hingga mengatur pola konsumsi makanan, bahkan sampai melakukan diet yang menyakitkan.

Daun sirsak dipercaya dapat menurunkan berat badan karena melancarkan pencernaan. Daun sirsak ini bisa melancarkan pembuangan air besar sehingga berat badan lebih mudah terkontrol. 


3. Baik Untuk Kesuburan 

Manfa'at terakhir dari daun sirsak untuk kesehatan wanita adalah untuk meningkatkan kesuburan. Karena daun herbal satu ini mempunyai kemampuan untuk memperkuat rahim. Kandungan yang subur sangat didambakan bagi kaum Hawa yang sudah lama menikah namun belujuga mendapat keturunan.

Namun manfaat daun sirsak ini butuh penelitian lebih lanjut, sehingga jika kaum wanita ingin konsumsi obat herbal ini sebagai peningkat kesuburan baiknya harus konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan agar tidak terjadi kesalahan yang menimbulkan efek samping berbahaya. 


Demikian Daun Sirsak, Perngertian, Ciri-Ciri, Kandungan Serta 10 Manfaat Bagi Kesehatan, Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sebagai penambah wawasan bagi kita semuanya.
Ingat, Tidak ada penyakit yang tidak dapat disembuhkan, kecuali malas berobat. Dan jangan lupa selain berusaha maka iringi dalam usaha tersebut dengan memanjatkan do'a, karena yang memberi kesebuhan hanyalah yang kuasa
Tetap ikuti Blog Topcoinbm.com yang membahas seputar Asuransi, Investasi, Kesehatan juga seputar bisnis, keuangan. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada saudara kamu agar bermanfaat untuk semuanya.

Terimakasih, Salam sehat dan Sukses Selalu ....Topcoinbm

0 Comments