Search

Mengenal Lebih Dekat Daun Bidara, Kandungan, Ciri-Ciri dan 13 Manfa'at Daun Bidara

Topcoinbm.com - Mengenal Lebih Dekat Daun Bidara, Kandungan, Ciri-Ciri dan 13 Manfa'at Daun BidaraBidara atau nama lain widara yang mempunyai nama latin Ziziphus mauritiana adalah salah satu jenis pohon kecil yang menghasilkan buah dan dapat tumbuh di daerah kering. Bidara ini memiliki berbagai macam nama, sabagaimana tanaman obat yang lainnya.

Tanaman Bidara di daerah Jawa dan Sunda dikenal dengan nama widara, di Madura mempunyai sebutan bukkol, Bidara di daerah Bali disebut dengan bĕkul, di daerah Alor namanya bĕdara, bidara Makassar, rangga daerah Bima, serta kalangga bagi daerah Sumba.

Sedangkan di negara-negara lain di antaranya: Malaysia bidara, jujub, epal siam, manzanitas Philipina, zee-pen Burma, putrea negara Kamboja, than negara Laos, phutsaa, ma tan negara Thailan, tao, tao nhuc sebutan dari negara Vietnam. 


Mengenal Lebih Dekat Daun Bidara

Mengenal Lebih Dekat Daun Bidara, Kandungan, Ciri-Ciri dan 13 Manfa'at Daun Bidara

Ciri-Ciri Bidara

Tanaman Bidara mempunyai perdu atau pohon kecil, biasanya bengkok, memiliki ketinggian hingga 15 m dan memiliki gemang batang hingga 40 cm. Cabang-cabang bidara menyebar dan seringkali  menjuntai, dengan ranting-ranting tumbuh simpang siur dan memiliki rambut pendek. Selalu hijau atau semi menggugurkan daun.

Dedaunan bidara penumpu berupa duri, sendirian dan lurus (5–7 mm), atau berbentuk pasangan dimorfis, di mana yang kedua lebih pendek dan melengkung, kadang-kadang tanpa duri.

Daun-daun tunggal terletak berseling. Helai daun bundar telur menjorong atau jorong lonjong, 2–9 cm x 1.5–5 cm; bertepi rata atau sedikit menginggit; gundul dan mengkilap di sisi atas, dan rapat berambut kempa keputihan di sisi bawahnya; dengan tiga tulang daun utama yang tampak jelas membujur sejajar; bertangkai pendek 8–15 mm.

Bidara mempunyai bunga yang berbentuk payung menggarpu tumbuh di ketiak daun, mempunyai panjang 1–2 cm, berisi 7–20 kuntum. Bunga-bunga bidara mempunyai ukuran kecil, bergaris tengah antara 2–3 mm, kekuningan, sedikit harum, bertangkai 3–8 mm; kelopak bertaju 5 bentuk delta (menyegitiga), berambut di luarnya dan gundul di sisi dalam; mahkota 5, agak seperti sudip, cekung dan melengkung.

Buah batu pada tanaman bidara berbentuk bulat hingga bulat telur, yang berukuran hingga 6 cm × 4 cm pada kultivar-kultivar yang dibudidayakan, tetapi kebanyakan berukuran jauh lebih kecil pada pohon-pohon yang meliar; berkulit halus atau kasar, mengkilap, tipis namun liat, kekuningan, kemerahan hingga kehitaman jika masak, daging buahnya putih, mengeripik, dengan banyak sari buah yang agak masam hingga manis rasanya, menjadi menepung pada buah yang matang penuh. 

Biji terlindung dalam tempurung yang berbingkul dan beralur tak teratur, berisi 1–2 inti biji yang coklat bentuk jorong.

Kandungan Daun Bidara

  • Nilai nutrisi per 100 g (3,5 oz)
  • Energi 2.476 kJ (592 kcal)
  • Karbohidrat 17 g
  • Gula 5.4-10.5 g
  • Serat pangan 0.60 g
  • Lemak 0.07 g
  • Protein 0.8 g
  • Vitamin Kuantitas%DV
  • Tiamina (B1) -2%0.02-0.024 mg
  • Riboflavin (B2) -3%0.02-0.038 mg
  • Niasin (B3) -5%0.7-0.873 mg
  • Mineral Kuantitas%DV
  • Kalsium 3%25.6 mg
  • Zat besi -13%0.76-1.8 mg
  • Fosfor 4%26.8 mg
  • Komponen lainnya Kuantitas
  • Air 81.6-83.0 g

Buah bidara kultivar unggul diperjual belikan sebagai buah segar, untuk dimakan langsung atau dijadikan minuman segar. Di beberapa tempat, buah ini juga dikeringkan, dijadikan manisan, atau disetup. Buah muda dimakan dengan garam atau dirujak. Buah dari pohon yang meliar kecil-kecil dan agak pahit rasanya. Buah bidara merupakan sumber karoten, vitamin A dan C, dan lemak.

Daun-daunnya yang muda dapat dijadikan sayuran. Daunnya yang tua untuk pakan ternak. Rebusan daunnya diminum sebagai jamu. Daun-daun ini membusa seperti sabun apabila diremas dengan air, dan digunakan untuk memandikan orang yang sakit demam. Di Jakarta, daun-daun bidara digunakan untuk memandikan mayat.

Daun bidara juga dipercaya memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan seperti menjaga kesehatan jantung, mempercepat penyembuhan luka, menurunkan kolesterol, memperbaiki sistem pencernaan, menurunkan risiko diabetes, mengatasi wasir, mengatasi jerawat, antibakteri, menurunkan berat badan, hingga merawat rambut. Manfaat daun bidara ini dilihat berdasarkan kandungan daun bidara dan masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitasnya.

Berikut 13 Manfaat Yang Tersimpan Pada Daun Bidara

1. Manfaat Daun Bidara Membantu Proses Peremajaan Kulit

Anda memiliki masalah jerawat atau kerutan pada wajah? Nah, daun bidara bisa Anda jadikan alternatif skin care tentunya dengan bahan yang alami. Caranya dengan menjadikan daun bidara sebagai masker. Daun bidara memiliki formula sebagai Pell-off Gel Mask karena terkandung polifenol dan flavonoid yang dapat menghasilkan antioksidan dan antibakteri.

2. Manfaat Daun Bidara Mengobati Tumor dan Kanker

Penderita tumor dan kanker semakin meningkat akhir-akhir ini. Jika tumor jinak tidak cepat-cepat diobati maka akan semakin parah sehingga terjadinya kanker. Senyawa antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat menghambat pembentukan sel-sel tumor dalam tubuh.


3. Manfaat Daun Bidara untuk Mencegah Diabetes

Diabetes menjadi penyakit yang dapat menyerang segala jenis usia. Diabetes memang tidak dapat sembuh tetapi dapat di kontrol. Daun bidara dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Jika Anda memiliki penyakit Diabetes, cobalah untuk mengkonsumsi daun bidara dengan cara direbus dan dikonsumsi secara teratur. Tetapi jangan lupa juga untuk selalu menjaga pola makan serta pola hidup agar kadar gula darah tetap stabil.

4. Manfaat Daun Bidara untuk Mengobati Pencernaan

Maag sangatlah mengganggu dan membuat perasaan menjadi tidak nyaman. Jika Anda sering mengalami maag, kram perut dan ingin mengobati dengan cara herbal, daun bidara ini dapat dijadikan sebagai rekomendasi. 

Ekstrak daun bidara dapat bekerja sebagai pelindung dinding lambung dari zat asam didalam lambung atau dari makanan yang masuk ke lambung dan untuk kram perut serta kandungan zat antipasmodik (anti kram) yang berfungsi untuk meringankan gejala sakit perut akibat kontraksi berlebih.

5. Manfaat Daun Bidara Sebagai Perawatan untuk Rambut Rontok

Memiliki rambut yang rontok adalah hal yang menyebalkan bagi semua orang, baik laki-laki maupun perempuan. Kerontokan dapat menyebabkan menipisnya rambut, membuat kebotakan hingga menurunnya kepercayaan diri. Daun Bidara dapat dijadikan sebagai tonik dengan cara merebus daunnya kemudian dioles pada rambut dan dipijat.

6. Manfaat Daun Bidara Bisa Meredakan Demam

Ketika Anda merasakan demam, daun bidara pun dapat dijadikan sebagai obat penurun demam karena dalam daun bidara terkandung senyawa flavonoid yang dapat menurunkan suhu tubuh panas akibat demam tersebut.

7. Manfaat Daun Bidara Bisa Membantu Menghilangkan Depresi

Penyakit mental seperti depresi banyak dialami oleh segala jenis usia, mulai dari yang muda hingga tua. Banyak faktor terjadinya depresi, mulai dari stress, kesepian hingga rasa cemas berlebih. Ternyata daun bidara memiliki zat sebagai anti depresan, yaitu agen antiansietas yang sama dengan benzodiazepin, tetapi tidak memberikan efek ketergantungan. Sebelum Anda mengkonsumsi daun bidara ini, alangkah baiknya jika Anda mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan para profesional seperti Psikiater atau 

8. Manfaat Daun Bidara Menyembuhkan Penyakit Wasir

Daun Bidara juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit wasir. Caranya, rebus daun bidara lalu mengkonsumsi air rebusannya secara rutin dan dapat pula mengaplikasikan daun bidara pada bagian anus yang membengkak secara langsung.


9. Manfaat Daun Bidara Membantu untuk Penyembuhan Luka

Manfaat lain dari daun bidara, yaitu membantu untuk penyembuhan luka seperti lecet karena jatuh atau terbakar. Karena dalam daun bidara terdapat zat saponin, tanin, dan flavonoid yang dapat menghentikan pendarahan dan menutup luka pada kulit.

10. Manfaat Daun Bidara untuk Menurunkan Kolesterol

Jika Anda merasa pundak berat setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi, Anda dapat mengkonsumsi rebusan air dari daun bidara yang dapat mengikat kolesterol jahat dan membuangnya melalui feses.

11. Manfaat Daun Bidara Meningkatkan Kesehatan Jantung

Empat dari lima penyebab kematian terbanyak di Indonesia saat ini adalah penyakit tidak menular dan salah satunya adalah penyakit jantung. Dalam Daun Bidara terdapat kandungan senyawa neolignan yang mempunyai efek baik bagi peredaran darah dan jantung. Selain mengkonsumsi Daun Bidara, Anda pun tetap harus menjaga pola makan serta pola hidup agar sehat selalu.

12. Manfaat Daun Bidara Sebagai Obat Anti Alergi

Daun Bidara dapat dijadikan sebagai obat anti alergi. Caranya dengan menghambat zat-zat penyebab alergi sehingga mencegah terjadinya kemerahan atau alergi pada kulit.


13. Manfaat Daun Bidara Sebagai Obat Cacing

Jika anak Anda menderita cacingan, Anda dapat menggunakan daun bidara sebagai alternatifnya karena daun bidara memiliki kemampuan sebagai antigen-helmin (cacing parasit) dalam tubuh.


Demikian Mengenal Lebih Dekat Daun Bidara, Kandungan, Ciri-Ciri dan 13 Manfa'at Daun Bidara, Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sebagai penambah wawasan bagi kita semuanya.
Ingat, Tidak ada penyakit yang tidak dapat disembuhkan, kecuali malas berobat. Dan jangan lupa selain berusaha maka iringi dalam usaha tersebut dengan memanjatkan do'a, karena yang memberi kesebuhan hanyalah yang kuasa
Tetap ikuti Blog Topcoinbm.com yang membahas seputar Asuransi, Investasi, Kesehatan juga seputar bisnis, keuangan. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada saudara kamu agar bermanfaat untuk semuanya.

Terimakasih, Salam sehat dan Sukses Selalu ....Topcoinbm

0 Comments