Search

11 Ide Bisnis Yang Menguntunkan dan Layak Dicoba di Desa

 Topcoinbm.com11 Ide Bisnis Yang Menguntunkan dan Layak Dicoba di DesaMenemukan ide bisnis terkadang memang sulit, jika masih dalam tahap pemula. Terlebih lagi masih dalam bentuk angan-angan, karena awal dari ide tersebut adalah sebuah langkah pertama yang menentukan kesuksesan di hari kemudian.
11 Ide Bisnis Menguntungkan
Lalu bagaimana cara menemukan ide bisnis tersebut, tentunya yang sesuai dengan skill kemampuan kita? Kemudian bagaimana bisa memulainya jika ide bisnis saja belum terbesit di benak hati kita? 

Nah, untuk itu kali ini admin akan berbagi kembali terkait beberapa ide bisnis yang memungkin cocok dengan skill dan kemampuan yang kamu miliki. Juga sesuai dengan daerah kamu yang mungkin jauh dari keraimain.

Jika pada artikel yang telah lalu admin juga telah membagikan terkait dengan ide bisnis dengan sebuah judul 9 Peluang Usaha di Desa Namun Penghasilan Rasa di Kota, Apakah Itu, Layak dicoba.

Ada beberapa jenis usaha yang patut untuk kamu coba, apabila kamu memiliki modal yang masih minim, juga tempat yang terpencil atau sebuah pedesaan. Simak saja artikel ini hingga akhir, bisa jadi dengan membaca dan memahami beberapa ide bisnis ini akan membuat kehidupan kamu menjadi lebih mapan.

11 Ide Bisnis Yang Menguntunkan dan Layak Dicoba di Desa

1. Penjualan Aneka Bibit Tanaman 


Kondisi lingkungan pedesaan yang sangat mendukung dapat dijadikan sebagai tempat usaha yang menjanjikan, yaitu menjual bibit tanaman. Suhu udara yang masih jauh dari berbagai polusi termasuk pendukung utama bagi salah satu usaha ini. 

Sumber mata air yang cukup, dan suburnya tanah pedesaan dapat dijadikan sebagai modal awal dalam usaha ini. Peluang usaha di desa ini mempunyai pasar yang luas, terlebih lagi semenjak hadirnya  berbagai macam marketplace yang sangat memungkinkan bagi kita untuk memasarkan produk secara daring.  

Berbagai jenis bibit tanaman akan membantu kita memudahkan dalam memilih dan memperbanyak koleksi pembibitan kita. Mulai dari bibit buah-buahan, bibit tanaman hias, sayur mayur, dan jenis tanaman yang lainnya. Beberapa hal tersebut yang menjadikan jualan bibit menjadi usaha di desa yang menjanjikan. 

Untuk pasar sendiri bagi jenis tanaman ini tidak hanya di desa saja, melainkan bisa merangsek ke wilayah perkotaan. Penjualan bibit juga dapat menjadi usaha produktif di desa karena naiknya tren menanam di masyarakat perkotaan semenjak pandemi dan tren ini kemungkinan akan terus berlanjut.   

2. Usaha Penjualan Tanaman Hias 


Jika peluang usaha yang pertama tadi penjualan bibit aneka tanaman, maka untuk yang kedua ini lebih spesifik lagi, yaitu penjualan tanaman hias. Tanaman hias ini berbagai macam contohnya. Mulai dari jenis-jenis bunga yang saat ini menjadi trend.

Peminat tanaman hias saat ini mengalami lonjakan yang cukup signifikan. Terbukti di saat akhir pekan warga kota banyak yang rela mencari tanaman hias yang didambakan, walau hingga masuk ke berbagai pelosok desa.

Oleh sebab itu, budidaya tanaman hias ini termasuk jenis usaha di desa yang menjanjikan saat ini. Kondisi pedesaan yang masih asri menjadi modal awal pada budidaya ini. Salah satu usaha produktif di desa karena dapat dibudidayakan dengan mudah. 

Pemasarannya juga tidak terlalu sulit, gunakan marketplace untuk membantu bisnis di desa ini yang berguna untuk mendapatkan pasar yang lebih luas, bahkan sampai lintas provinsi. Hal tersebut juga didukung dengan semakin berkembangnya berbagai layanan pengiriman barang yang telah men-cover pengiriman tanaman.

3. Pembuatan Pot Tanaman 


Apabila usaha tanaman hias merupakan sebuah usaha yang menjanjikan maka jenis usaha lainnya yang masih berkaitan dengan bisnis tadi yaitu pembuatan pot tanaman. Khususnya bagi tanaman hias atau bunga, sudah dapat dipastikan membutuhkan sebuah media untuk penanamannya.

Oleh sebab itu usaha pembuatan pot tanaman hias termasuk salah satu jenis usaha yang menjanjikan dan layak untuk dicoba. Buatlah model-model pot tanaman hias yang estetis juga dengan motif-motif yang menggoda hingga para pemburu tanaman hias dapat tertarik untuk membelinya.

Sangat cocok dijalankan di daerah pedesaan karena kita tidak akan kesulitan untuk mendapatkan bahan bakunya. Struktur tanah liat yang mudah diolah menjadi berbagai macam pot bunga akan didapatkan. Jika dirasa kurang menarik bahan baku tanah liat ini maka dapat kamu coba dengan bahan lainnya, seperti palstik, kayu, atau bahkan dengan porselen.

4. Kerajinan Tangan Asli Pedesaan


Dari berbagai desa mempunyai hasilkerajinan tangan yang khas dan apabila dikelola dengan manajemen yang bagus maka tentunya akan menjadi sebuah peluang bisnis di desa yang cukup menjanjikan.

Berbagai macam bentuk dan model yang dapat dihasilkan dari kerajinan tangan ini tentunya dapat menarik minat bagi para wisatawan lokal bahkan mancanegara. Contoh dari berbagai bentuk kerajinan tersebut dapat berupa keranjang, gelang, ukiran kayu, kerajinan kain, topi, dan berbagai produk lainnya. 

Meskipun sebagai bisnis yang dijalankan di perkampungan, namun berbagai kerajinan tangan ini mempunyai pasar yang luas sampai ke mancanegara. Tergantung bagaimana memanfaatkan perkembangan teknologi untuk dapat memasarkan berbagai kerajinan tersebut.

Bahan yang digunakan dalam kerajinan tangan ini sangat mudah didapatkan di daerah pedesaan. Hingga sangat mendukung dan dapat dijadikan sebagai salah satu bisnis yang layak dijalankan.

5. SPBU Mini 

Apabila membuat Stasiun Pengisian Bahan Bakar tentunya memerlukan biaya yang sangat besar, beda halnya dengan pom bensin mini atau Pertashop yang bekerjasama dengan Pertamina. Pertashop dapat menjadi bisnis di desa yang menguntungkan karena memiliki pasokan rutin dari pertamina dan harga yang sama dengan yang dijual pertamina.  

Melihat jumlah SPBU yang kurang seimbang dengan luasnya wilayah juga banyaknya kendaraan yang ada, usaha SPBU mini di daerah pedesaan ini menjadi sebuah ajang bisnis yang menguntungkan. Pertashop merupakan bisnis di daerah pedesaan yang cukup potensial. Sehingga kehadiran Pertashop  atau SPBU mini sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Pemilik kendaraan bermotor khususnya roda dua saat ini hampir dikatakan 99% masyarakat memilikinya, termasuk salah satu pasar yang jelas untuk usaha Pertamini atau SPBU mini ini.

6. Menjadi Sub Agen Elpiji 3Kg 

Gas Elpiji saat ini menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat desa, karena saat ini para penduduk desa hampir mayoritas menggunakan gas elpiji, khusunya 3 kg. Menjadi penyalur atau agen elpiji dapat dijadikan sebuah peluang usaha untuk dijalankan.

Keuntungan yang akan diraih sudah dapat diprediksi sejak awal kita membuka usaha jenis ini. Tidak memerlukan skill atau keahlian yang khusus dalam melakukan usaha menjadi sub agen elpiji 3kg. 

Hanya mungkin membutuhkan beberapa administrasi sebagai pelengkap untuk pengajuan  permohonan ijin menjadi 
agen penyalur gas yang resmi. Jika surat ijin sudah dikantongi maka tinggal menjalankan usahanya, dan tentunya lumayan menguntungkan. Karena tidak banyak menanggung kerugian.

7. Budidya dan Jual Beli Ikan Hias 

Hampir mirip dengan usaha tanaman hias, usaha satu ini membutuhkan keuletan dan sabar juga teliti. Usaha budidaya dan jual beli ikan hias dapat dijadikan sebuah ajang bisnis yang menjanjikan di desa. Untuk modal usaha ini tidak memerlukan biaya yang banyak, lahan yang luas, cukup hanya beberapa meter di sekeliling rumah kita.

Banyak jenis ikan hias yang lumayan laku di pasaran, misalnya ikan Cupang, ikan Mas Koki, ikan Koi,ikan Molly dan jenis-jenis ikan hias lainnya. Pemasarannya pun tidak sulit mulai dari kalangan anak-anak hingga para penggemar ikan hias.

Makanya usaha budidaya dan jual beli ikan hias ini sangat cocok untuk dijalankan di desa. Modal kecil untung yang di dapat bisa besar, tergantung seberepa banyak ikan hias yang kita budidayakan, juga seberapa banyak jenis ikan hias yang kita punya.

8. Lobster Air Tawar 


Lobster air tawar memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dan kolesterol yang lebih rendah jika dibandingkan dengan Lobster air laut. Oleh karena itu budidaya lobster air tawar dapat dijadikan sebagai usaha di desa yang dapat menuju kesuksesan.

Sama halnya usaha ikan hias, budidaya lobster dapat dijalankan walaupun anda tidak memiliki lahan yang luas. Pasar ekspor untuk komoditas ini juga masih sangat besar seperti ke negara Korea, Jepang, dan Singapura adalah tujuan ekspor utama.


9. Budidaya Ikan Gabus


Kebutuhan akan ikan gabus dipasar sangat besar sekali, sedangkan barang yang ada hanya sedikit. Hal ini dapat dijadikan sebuah peluang usaha di desa yang patut untuk dijalankan. Harga pasar juga sangat fantastis, jika dibandingkan dengan ikan konsumsi lainnya, cukup lumayan mahal.

Ikan Gabus sangat dibutuhkan bagi seorang ibu yang seusai melakukan caesar, karena ikan gabus mengandung banyak nutrisi yang tinggi. Sangat terkenal sebagai penyembuh luka, maka jangan heran apabila ikan gabus sangat mahal dan diburu oleh para ibu sehabis melahirkan.

Selain bermanfaat untuk ibu, ikan gabus juga baik untuk anak, karena ikan gabus mengandung beberapa nutrisi penting bagi tubuh, antara lain omega-3, zat besi, kalsium, fosfor, protein, vitamin A, vitamin B1, dan air.

Dengan bermodalkan lahan yang sempit usaha ini dapat dijalankan dengan mudah, sedikit panduan dan referensi dari berbagai media sosial, seperti youtube dan lain-lain. Tips dan trik budidaya ikan gabus oni banyak kamu jumpai untuk dijadikan sarana belajar budidaya ikan gabus.

Budidaya ikan gabus juga lumayan menjanjikan apabila dapat dijalankan di desa. Bibit ikan gabus saat ini juga mudah untuk didapatkan dengan harga yang cukup murah. Oleh karena itu budidaya ikan gabus ini dapat kamu jadikan sebuah peluang usaha di daerahmu.

10. Budidaya Jamur


Saat ini menu makanan yanhg berbahan dasar jamur sudah menjadi trending dimana-mana, bukan hanya sekedar rumah makan kelas biasa, namun sudah masuk menu favorit pada restoran-restoran di kota. Dengan banyaknya njenis olahan dari jamur ini menjadi salah satu peluang bisnis yang menguntungkan.

Pasar untuk jamur sudah jelas namun produsen atau para petani jamur masih sangat jauh dari kata cukup. Maka sangat mungkin sekali menjalankan budidaya jamur ini di daerah pedesaan. Lokasi yang dibutuhkan dalam usaha ini sangat relatif, bisa hanya lahan yang sempit juga bisa lahan yang lebar.

Jenis dari jamur sendiri banyak macamnya, dan dari kesemua jenis tersebut sangat diminati oleh seluruh masyarakat baik desa maupun kota. Jenis-jenis jamur yang daoat dijadikan budidaya yaitu, Jamur Tiram, Jamur Kuping, Jamur Merang dan masih banyak lagi jenis jamur yang layak di budidayakan.

Semua jenis jamur dapat dijadikan berbagai macam olahan, baik itu sop jamur, jamur cripsy, kripik jamur dan lain sebagainya. Nah, tentunya dengan modal yang tidak terlalu mahal kamu dapat menjalankan bisnis budidaya jamur ini.

11. Penjualan Token Listrik


PLN sudah melakukan transformasi dalam sistem pelayanannya, dari pascabayar berubah menjadi pascabayar. Hal ini menjadi sebuah peluang bisnis baru yang dapat kamu jalankan. Dengan modal yang sedikit kamu sudah dapat jalankan, cukup dengan Smartphone yang kamu miliki ditambah beberapa aplikasi sudah dapat berjalan.

Cukup gunakan berbagai macam E-Wallet seprti DANA, OVO, Gopay, LinkAja kamu sudah dapat memulai usaha penjualan token listrik. Untuk cara membeli token PLN via E-Wallet dapat kamu lihat pada artikel Topcoinbm, atau klik nama-nama E-Wallet yang telah admin sebutkan di atas.


Demikian informasi seputar 11 Ide Bisnis Yang Menguntunkan dan Layak Dicoba di Desa,  Semoga dengan adanya artikel ini kamu tidak akan kebingungan lagi dalam menentukan usaha mana yang akan kamu jalankan.

Jika sudah dapat memilih jenis usaha yang akan dijalankan, jangan lupa untuk komitmen dan konsekwen dalam menggeluti usaha yang dijalankan tersebut. Berusaha dan berdo'a juga suatu hal tidak dapat dipisahkan, agar usaha yang dijalankan dapat berjalan lancar dan sukses.
Perlu diingat, Tidak ada orang yang sukses tanpa menjalankan usaha yang gigih untuk mempertahankannya.
Tetap ikuti Blog Topcoinbm.com yang membahas seputar Asuransi dan Investasi juga seputar bisnis, keuangan. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada saudara kamu agar bermanfaat untuk semuanya.

Terimakasih, Salam sehat dan Sukses Selalu ....Topcoinbm 

0 Comments