Search

QR Code Belanja Praktis, Cepat Tanpa Ribet

 Topcoinbm.com - QR Code Belanja Praktis, Cepat Tanpa Ribet - QR Code (Quick Response Code) atau QR payment adalah sebuah kode rahasia yang unik pada sebuah aplikasi, sangat mudah untuk digunakan saat bertransaksi. Cukup dengan hanya mengeluarkan HP Android dan buka aplikasi E-wallet, transaksi sudah bisa dilaksanakan.
QR Code Belanja Cepat Tanpa Ribet
Namun bagaimana jadinya jika mau menenmukan QR Code saja kesulitan? atau tidak tahu? .....Masih penasaran bagaimana cara membuat QR code untuk masing-masing E-wallet, seperti DANA, ShopeePay, OVO, LinkAja, QRIS, Gopay dan lain-lain.

Nah, yuk simak tips yang lengkap membuat kode QR sendiri dan gratis yang sangat berguna memaksimalkan transaksi bisnis online kamu!

Dalam pemakaian QR code ini sebenarnya bukan sebuah hal yang baru, sudah banyak merchant-merchant juga toko-toko yang menyediakan pembayaran secara online dengan menggunakan QR code ini. 

Bahkan dalam penggunaannya QR code sudah merambah pada toko-toko tradisional yang berada di desa atau kampung. Jadi sudah selayaknya bagi kamu saat ini untuk menggunakan QR code ini dalam setiap transaksi pembayaran. 

Karena sangat mudah dalam pemakaian saat belanja, maka konsumen saat ini banyak yang menggunakan QR code. Oleh sebab yuk segera kita beralih menggunakan QR code di semua transaksi kita, lebih mudah, dan tentunya lebih praktis. QR Code Belanja Praktis, Cepat Tanpa Ribet
 
Kemudian, bagaimana cara membuat QR code tersebut? tentunya bagi yang belum pernah menggunakan QR code dalam transaksi belanja cara terasa rumit dan penuh pertanyaan. Untuk itu simak artikel kali ini .............

Berikut ini admin telah rangkum tutorial buat QR code free untuk berbagai platform cashless atau e-wallet kekinian:
  • DANA
  • ShopeePay
  • OVO
  • GoPay
  • QRIS
  • Bank


Cara Buat QR Code DANA

Agak tidak jauh dari OVO, cara buat kode QR gratis pada aplikasi DANA juga cukup simpel. Berikut tutorialnya:

Pastikan kamu sudah memiliki aplikasi DANA terlebih dahulu. Apabila belum mempunyai akun DANA kamu dapat berkunjung pada artikel Cara Mudah Daftar dan Membuat Akun DANA, Serta Upgrade Menjadi Premium.

Namun jika sudah memiliki akun DANA maka tinggal ikuti langkah di bawah ini, pastikan DANA kamu sudah diupgrade menkadi premium agar kamu memperoleh beberapa kemudahan dan menikmati bonus dari DANA.
  1. Buka aplikasi DANA login ke akun Anda.
  2. Klik menu “Request” di beranda utama app.
  3. Kode QR akan muncul secara otomatis.
  4. Klik tombol “Set Amount”, lalu masukkan nominal tagihan konsumen.
  5. Selesai. Tunjukkan kode QR pada pembeli agar bisa langsung di-scan.


Cara Buat QR Code ShopeePay

Nah, pada pembuatan QR code untuk shopeepay ada sedikit perbedaan dengan pembuatan QR code yang terdapat pada DANA. Apabila kamu bisa langsung mengakses menu kode QR pada e-wallet  DANA, maka di Shopee tidak demikian.

Aplikasi Shopee memberikan fasilitas semua kebutuhan mitra bisnisnya baik itu penjual/seller. Salah satu kemudahan yang diberikan oleh Shopee adalah dalam pembuatan code QR  secara gratis. Alhasil,     Kamu perlu mengajukan permintaan pembuatan QR code ke tim resmi Shopee.

Berikut caranya:
  1. Pastikan akun toko Shopee Anda sudah diverifikasi.
  2. Akun toko harus memenuhi syarat yakni tidak pernah mengajukan kode QR sebelumnya.
  3. Kontak laman tim customer service Shopee.
  4. Kamu akan diminta untuk melengkapi identitas penjual, seperti:
  5. Alamat jalan toko (Kota, Kabupaten, Provinsi, Kode Pos).
  6. Nomor telepon akun yang aktif.
  7. Username sesuai yang terdaftar di aplikasi.
  8. Keterangan ingin mengajukan kode QR.
  9. Kirim seluruh informasi tersebut pada tim customer service.
  10. Selesai. Kamu hanya perlu menunggu selama kurang lebih 19 hari kerja.
Tim Shopee akan memvalidasi, membuat dan mengirimkan code QR langsung kepada kamu. Apabila kode belum diterima hingga melebihi batas waktu, maka kamu bisa menghubungi kembali tim CS Shopee.

Kamu juga dapat mengajukan komplain jika kode yang didapat tidak sesuai (terhubung ke akun toko yang lain) atau rusak (tidak dapat berfungsi ketika di-scan).

Cara Buat QR Code Pembayaran OVO

Fitur yang terdapat pada dompet digital OVO sudah dilengkapi fitur khusus untuk membuat QR code free sesuai kebutuhan pengguna. Yang perlu dilakukan bagi pengguna hanyalah membuka aplikasi OVO dengan koneksi internet stabil saja. Para pengguna langsung dapat melakukan transaksi dengan menggunakan QR code tesebut.

Berikut ini cara membuat kode QR pada OVO:
  1. Login ke aplikasi OVO.
  2. Masuk ke beranda.
  3. Klik menu “Profile”.
  4. Gulir layar ke bawah > cari menu “QR Code”.
  5. Kode QR akun Anda akan muncul secara otomatis.
  6. Kode tersebut sudah siap untuk langsung di-scan pembeli. Anda dapat menunjukkan kode secara langsung, atau menyimpannya dalam bentuk screenshot dan dicetak.
Ada cara lain dalam menggunakkan QR code dompet digital OVO ini dapat dilihat pada artikel QRIS OVO Solusi Tepat Belanja Cepat.

Cara Buat QR Code GoPay

Dompet digital selanjutnya yang dapat digunakan untuk transaksi dengan menggunakan QR code adalah Gopay. Namun dalam menggunakan QR code ini masih banyak para pengguna yang masih bingung, dimana harus mendapatkannya QR codetersebut.

Secara garis besarnya, ada dua mekanisme membuat kode QR sendiri untuk GoPay, yakni memakai aplikasi GoJek atau GoBiz (aplikasi merchant resmi GoJek).

Berikut cara membuat QR code pada aplikasi Gopay:

1. Cara membuat QR Code GoPay dengan GoJek (Tanpa Daftar Merchant)

Jika GoJek sudah mengganti menu kode QR pembayaran menjadi barcode pembayaran. Begini cara membuat barcode GoPay dari aplikasi GoJek:
  1. Buka aplikasi GoJek kamu/
  2. Klik menu “Eksplor” 
  3. Klik “Request” (“Minta”).
  4. Barcode pembayaran akan muncul secara otomatis.
  5. Simpan barcode dengan cara screenshot dan print, atau langsung tunjukkan ke hadapan pembeli agar di-scan.
2. Cara membuat  QR Code GoPay dengan GoBiz (Daftar Merchant)

GoBiz adalah aplikasi khusus yang menampung semua mitra penjual GoJek. Kamu juga bisa membuat barcode pembayaran GoPay lewat aplikasi GoBiz. Simak caranya berikut:
  1. Buka aplikasi GoBiz.
  2. Klik menu “Transaksi”.
  3. Cari bagian pojok kanan atas layar > klik tombol “QR”.
  4. Barcode scan GoPay kamu akan muncul secara otomatis.
  5. Screenshot barcode dan print, atau langsung minta konsumen men-scan dari layar gadget yang kamu miliki.
Kamu juga dapat menggunakan QRIS pada aplikasi Gopay kamu di saat melakukan semua transaksi, hanya dengan syarat, mempunyai aplikasi dompet digital Gopay yang sudah di upgrade menjadi akun yang full servis, dan toko tempat kamu belanja menyediakan tempat untuk scan barcode.


Cara Membuat QR Code QRIS

Siapa yang tidak pernah mendengar QRIS? QRIS adalah layanan QR code paling populer di Indonesia. Kehebatan utama QRIS adalah bisa menerima pembayaran dari berbagai platform e-wallet atau bank.

Maka dari itu, banyak pebisnis mengandalkan QRIS sebagai alamat utama pembayaran non tunai mereka. Inilah cara buat QRIS code untuk bisnis:
  1. Buka website https://qris.id/ dari browser kamu.
  2. Klik menu “Register”.
  3. Siapkan dokumen bisnis yang kamu jalankan saat ini (KTP, akte perusahaan, NPWP, nomor KK, dan lain-lain).
  4. Isi formulir pendaftaran.
  5. Daftarkan formulir.
  6. Tunggu proses validasi pengajuan QRIS selama 2 – 4 minggu.
Apabila berkas Anda lolos validasi, tim akan mengirimkan NMID, username dan password akun QRIS baru yang kamu.


Cara Buat QR Code Bank

Membuat kode QR yang mewakili akun bank bisnis juga tak kalah penting. Sebab terkadang, pelanggan lebih nyaman melunasi tagihan dengan cara transfer ke rekening bank penjual.

Namun kamu tak perlu cemas, sebab membuat kode QR akun bank juga sama praktis dan gratis seperti e-wallet. Kamu bisa langsung mendapatkan barcode akun rekening pada aplikasi m-banking. Cara mengaksesnya adalah:
  1. Buka aplikasi m-banking Anda.
  2. Login ke akun rekening.
  3. Klik menu “Profile” > “QR Code” > kode akan muncul secara otomatis.
  4. Silahkan simpan kode atau tunjukkan langsung pada pembeli seperti biasa.
Perlu diperhatikan juga, ada sejumlah m-banking yang meletakkan fitur QR code mereka di menu QRIS. Cara mengaksesnya adalah:
  1. Buka aplikasi m-banking > login ke akun.
  2. Cari bagian tengah bawah di beranda aplikasi.
  3. Klik menu “QRIS”.
  4. Muncul 3 opsi menu: pindah QR (untuk scan), kode bayar dan terima dana.
  5. Pencet tombol “Terima Dana”, dan QR kode rekening kamu akan muncul otomatis.

Demkian informasi seputar QR Code Belanja Praktis, Cepat Tanpa Ribet, kamu akan menikmati sensasinya dengan kemudahan yang didapatkan transaksi dengan menggunakan QR Code, praktis, cepat tanpa ribet.

Tetap ikuti Blog Topcoinbm.com yang membahas seputar Asuransi dan Investasi juga seputar bisnis, keuangan. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada saudara kamu agar bermanfaat untuk semuanya.

Terimakasih, Salam sehat dan Sukses Selalu ....Topcoinbm

0 Comments