Search

8 Aplikasi Pembayaran Yang Didukung Dengan QRIS

Topcoinbm.com - 8 Aplikasi Pembayaran Yang Didukung Dengan QRISKemajuan teknologi yang ada saat ini diiringi dengan majunya dalam sistem bertransaksi, sudah banyak jenis transaksi dilakukan dengan cara online bukan offline lagi. Bahkan dalam transaksi tersebut saat ini sudah banyak menggunakan aplikasi dompet digital tidak memerlukan uang tunai lagi.
QRIS, Sumber: Qris.id
Aplikasi dompet digital tersebut dikenal dengan E-Wallet, namun masih saja ada yang belum mengenal secara gamblang apa saja dompet digital tersebut. Untuk mengetahui lebih jelas terkait macam-macam dompet digital atau e-wallet yang terdapat di Indonesia silahkan kunjungi artikel sebelumnya dengan judul 7 E-Wallet atau Dompet Digital Yang Ternama di Indonesia.

Dalam penggunaan e-wallet saat ini para pengguna semakin dimanjakan oleh penyedia e-wallet itu sendiri, seperti halnya dengan QRIS. Sesuai dengan kebijakan dari Bank Indonesia (BI) sejak tahun 2020 bahwa pembayaran melalui dompet digital ini didukung dengan QRIS.

QRIS adalah Quick Response Code Indonesian Standard yaitu sebuah QR kode yang terdapat pada beberapa aplikasi dompet digital dan mobile banking. Sehingga para pengguna saat melakukan transaksi pembayaran cukup hanya menunjukkan QR kode tersebut.

Saat ini aplikasi dompet digital sudah banyak yang mendukung QRIS untuk melakukan transaksiyang sifatnya non tunai. Dengan demikian segala jenis pembayaran dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, karena hadirnya QRIS pada dompet digital yang telah kita miliki.

Pola pembayaran yang seperti ini memang sudah lazim digunakan bagi masyarakat dan menjadi sebuah tren baru yang lebih modern. Dengan adanya kemudahan yang seperti ini tentunya harapan pencipta aplikasi dompet digital semakin di gandrungi oleh masyarakat luas. 

Namun sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui jenis e-wallet atau bahkan mobile banking mana yang mendukung QRIS ini. Untuk lebih jelasnya, yuk, simak langsung uraian di bawah ini 8 Aplikasi Pembayaran Yang Didukung Dengan QRIS.  

1. DANA

QRIS DANA
E-wallet DANA adalah salah satu dompet digital yang saat ini banyak digunakan oleh mayarakat Indonesia. Kemudahan dan kelengkapan fitur yang terdapat pada aplikasi ini menjadi salah satu magnet bagi masyarakat untuk menggunakannya.

Terlebih lagi sejak 1 Januari 2020 aplikasi DANA sudah mendapatkan pengganti kode QR yang baru dari Bank Indonesia yaitu diganti dengan QRIS. Dengan menggunakan sistem pembayaran non tunai akan lebih mudah dilakukan jika hanya menggunakan QRIS.

Tentunya dengan adanya QRIS ini akan lebih mempermudah para merchant agar tidak perlu kerepotan lagi dalam mengatur QR code sendiri. Oleh sebab itu, adanya kebijakan tersebut membuat segala bentuk transaksi jadi lebih praktis sekaligus cepat. Secara garis besar, semua prosedurnya pun sama saja dan tidak ada perubahan sama sekali ketika memindai kode.

Berbagai macam transaksi lebih mudah, aman dan cepat, seperti pada artikel Cara Cepat Belanja Hemat Pakai QRIS PadaE-Wallet DANA. Cukup dengan satu dua sentuhan transaksi dapat dilakukan dengan cepat.

Cara penggunaan QRIS DANA sangat mudah, tinggal buka aplikasi e-walet DANA, lihat paling bawah pilih tanda QRIS yang bertuliskan PAY atau bayar. 

2. GoPay

QRIS Pada E-Wallet Gopay
Telah kita ketahui bersama, bahwa kehadiran QRIS sangat membantu dan memudahkan merchant dan konsumen dalam setiap transaksinya. Traksaksi tidak memerlukan uang cash lagi, tidak perlu nunggu lama-lama uang kembalian.

Terlebih lagi para konsumen tak perlu menyediakan aplikasi tambahan lainnya karena saat ini hampir seluruh penyedia jasa pembayaran telah menyediakan kode QRIS untuk dipindai saat konsumen hendak membayarkan pesanannya.

E-wallet GoPay atau  Gojek ini adalah salah satu dompet digital yang menyediakan kemudahan dalam transaksi tersebut, tanpa harus menambah aplikasi lainnya, karena dapat melakukan scan melalui dompet digital Gopay ini.

Selain daripada itu, pengguna mempunyai kesempatan untuk mendapatkan cashback dan voucher menarik jika melakukan transaksi dengan memindai kode QRIS pada merchant.

Cara menggunakan QRIS pada e-wallet Gopay terbilang mudah, buka aplikasi Gopay, klik bayar,lalu pilih kode yang terdapat di bawah dengan tulisan Bayar Pakai. Kemudian tinggal arahkan kamera ponsel ke QR kode yangterdapat pada merchant.

3. OVO

Aplikasi selanjutnya yang mendapat dukungan QRIS dalam setiap transksinya adalah OVO. Dompet digital OVO saat melakukan pembayaran sudah bisa menggunakan QR code nasional berdasarkan kebijakan resmi dari Bank Indonesia. 

Metode pembayarannya tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, hanya diganti dengan pemindaian QRIS OVO. Selain itu, pengguna idak dikenakan biaya tambahan saat melakukan pembayaran melalui pemindai karena sesuai kebijakannya, MDR (Merchant Discount Rate) adalah 0%.

Sama seperti pada jenis e-wallet lainnya, di OVO hanya bisa bertransaksi menggunakan satu jenis kode QR saja. Jadi, Anda hanya perlu mengirimkannya ke konsumen untuk melanjutkan pembayaran non tunai. Lalu, kode yang lama sudah tidak dapat dipakai lagi karena tidak berlaku. 

Untuk lebih jelasnya dalam penggunaan e-wallet QRIS yang terdapat pada OVO dapat kunjungi artikel QRIS OVO Solusi Tepat Belanja Cepat. 9 Aplikasi Pembayaran Didukung Dengan QRIS selanjutnya adalah Link Aja.

3. LinkAja

QRIS LinkAja

Saat ini dalam melakukan transaksi pembayaran di manapun dan kapanpun semakin mudah cukup hanya dengan memindai QR code yang terdapat pada dompet digital LinkAja, yaitu QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard. Hal ini karena QRIS sudah tersedia pada semua aplikasi penyedia jasa pembayaran, yakni menggunakan stiker kode QR nasional.

Dalam penggunaannya pun sangat mudah, cukup membuka aplikasi dompet digital LinkAja lalu klik pada tombol QRIS yang ada di bawah, kemdian scan kode QRIS pada toko atau merchant yang tersedia.

4. ShopeePay

ShopeePay adalah sebuah aplikasi belanja online yang sudah ternama di Indonesia, banyak kalangan yang menggunakannya. Mulai dari orang tua hingga kalangan remaja, di lingkungan perkotaan hingga pelasok pedesaan yang sudah tersedia jaringan internet.

Terlebih lagi layanan ShopeePay pada aplikasi Shopee saat ini sudah bisa menggunakan QRIS untuk melakukan segala transaksi secara lebih mudah. Adanya fitur mengunggah kode QR tersebut dari galeri smartphone, yang sudah menginstall aplikasi Shopee ini.

Dengan adanya kode Qris yang terdapat pada Shopee ini tentunya dapat mempermudah para merchant untuk membagikan kode QRIS kepada para pelanggannya yang hendak membayar pesanan secara virtual atau jarak jauh. Oleh karena itu, adanya kemudahan ini tidak ada ruginya jika diterapkan.

Penyedia Shopee terus berinovasi untuk memfasilitasi para penggunanya melakukan berbagai transaksi yang lebih cepat namun juga praktis. Kemudian dengan adanya QRIS, segala pembayaran pun menjadi semakin mudah.

5. Mobile Banking BRI

Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah salah satu bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang paling terkenal. Nasabahnya sudah berada di seluruh pelosok negeri, bahkan setiap kecamatan yang ada di Indonesia sudah dipastikan terdapat kantor unitnya.

Dalam memuaskan dan mempermudah nasabahnya dalam setiap transaksi bank BRI sudah lama merilis aplikasi Mobile Banking yang dapat di akses melalui smartphone bagi penggunanya. Berbagai macam fitur yang terdapat di dalam aplikasi Mobile Banking lebih memudahkan dalam bertransaksi.

Salah satu fitur yang ada ypada Mobile Banking BRI yaitu sudah mendukung QRIS yang berguna untuk melakukan pembayaran di berbagai merchant yang tersedia. Mobile Banking dapat digunakan secara praktis tanpa melakukan pengisian saldo terlebih dahulu.

Sebab sistem kerjanya adalah non tunai atau cashless, nasabah tidak perlu menyiapkan uang pas juga para pedagang tak perlu kerepotan pula untuk menyediakan uang kembalian. Konsumen cukup hanya perlu memindai kode yang sudah disediakan oleh merchant menggunakan mobile banking BRI untuk membayar produk.

Dengan adanya metode pembayaran QRIS tersebut yang terdapat pada mobile banking BRI tentunya memudahkan bagi pelanggan mengantri dengan cepat. Pengguna tidak memerlukan dan tidak perlu menginstall aplikasi tambahan agar dapat melakukan transaksi.

6. Mobile Banking BNI

Jenis bank selanjutnya yang mendukung adanya QRIS adalah bank BNI, cukup melakukan scan kode QRIS saat melakukan transaksi pembayaran akan lebih mudah dan cepat. Melalui mobile banking BNI semua proses transaksi dapat dilakukan dengan cepat, aman, juga praktis.

Pengguna mobile banking BNI tidak perlu meragukan lagi tentang kemampuan dan keamanan dalam transaksi pembayaran menggunakan QRIS ini, cukup dengan memindai kode, masukan nominal pembayaran, masukan password mobile banking maka transaksi selesai.
 
Transaksi menggunakan mobile banking BNI sangat aman dan cepat apabila menggunakan QRIS. Keuntungan lainnya adalah terdapat banyak sekali program menarik yang diadakan oleh pihak BNI kepada para konsumen maupun merchant.

7. Livin’ By Mandiri

Kemudahan transaksi di aplikasi Livin’ By Mandiri juga mendukung pembayaran melalui QRIS, di mana satu kode bisa dilakukan untuk semua pembayaran. Jadi, merchant pun tak perlu menyiapkan berbagai macam kode berbeda ketika ada pelanggan hendak membayar pesanannya. Di aplikasi Livin’ By Mandiri pun, segala transaksi menggunakan kode QR nasional juga sangat mudah, hanya tinggal memindainya kemudian transaksi berhasil.

Adanya keunggulan dari QRIS yang diterapkan pada mobile banking seperti Mandiri yaitu tidak perlu takut apabila tak membawa uang tunai. Sehingga pelanggan tetap bisa membayar tanpa kerepotan mencari uang pas dan merchant tak perlu kesusahan menyiapkan kembalian.

8. Mobile Banking BCA

Selain bank yang telah disebutkan di atas bank Bank Central Asia (BCA) juga sudah dilengkapi QRIS, Adanya QR code nasional tersebut memang sangat memudahkan sekaligus memberikan kenyamanan kepada para penggunanya ketika melakukan pembayaran non tunai untuk transportasi, toko, dan sebagainya yang telah ada logo QRIS.

Nasabah tidak perlu melakukan top up saldo sebelum membayar, sebab memindai kode QRIS bisa dilakukan melalui mobile banking BCA langsung dan menggunakan saldo rekening yang ada. Oleh karena itu, segala transaksi menjadi lebih nyaman dan tidak ribet karena tak perlu mengisi saldo terlebih dahulu.

Adanya aplikasi pembayaran yang mendukung QRIS sangat memudahkan konsumen dan merchant dalam melaksanakan macam-macam transaksi hanya dengan satu kode QR saja. Sehingga, tak perlu repot menyediakan uang tunai pas untuk membayar dan pedagang tak harus ribet menyediakan kembalian.


Demikian 8 Aplikasi Pembayaran Yang Didukung Dengan QRIS, semoga dengan adanya artikel ini semoga para pembaca lebih memehami, e-wallet dan mobile banking apa saja yang mendukung QRIS dalam setiap pembayaran

Tetap ikuti Situs kami Topcoinbm.com yang membahas seputar Asuransi dan Investasi juga seputar bisnis, keuangan. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada saudara kamu agar bermanfaat untuk semuanya.

Terimakasih, Salam sehat dan Sukses Selalu ....Topcoinbm

0 Comments